Turis Belanda Suka ke Air Terjun Batu Betiang

sumsel

Rombongan wartawan dari Jakarta yang meliput International Musi Triboatton 2016 berhasil mencapai Air Terjun Batu Betiang di Empat Lawang (Ist)

Sumatera Selatan (Sumsel) rupanya tak bisa dipungkiri kaya akan pesona wisata alam, seperti air terjun dan Sungai Musi.

Adapun Air Terjun Batu Betiang di Desa Ulakdabuk Kabupaten Empat Lawang, Sumsel kini menjadi destinasi wisata yang mulai diminati wisatawan. Untuk mencapai ke destinasi tersebut, traveler harus berjuang melewati sejumlah tantangan, seperti lintasan yang terjal sebelum ‘terbayar’ bisa melihat keindahan kucuran air Air Terjun Batu Betiang.

Mendaki naik dan turun menjadi hal yang wajib dilakukan wisatawan. Kendati demikian, wisatawan boleh saja sekadar berhenti sejenak untuk menghela napas. Namun, gemericik air terjun akan menjadi penyemangat di ujung jalan.

Suka cita pun meluap ketika tiba di Air Terjun Batu Betiang. Pengunjung dengan penuh kegembiraan bisa berfoto bersama untuk mengabadikan perjuangan yang terbayar dengan kesegaran air dan udara sekitar.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga, Sungai Musi sudah dikenal wisatawan, baik traveler dalam negeri maupun wisatawan mancanegara. “Sumsel juga dikenal sebagai destinasi wisata alam karena air terjun yang bagus,” katanya kepada wartawan disela-sela pembukaan Etape I International Musi Triboatton 2016 di Tanjung Raya, Kabupaten Empat Lawang, Sumsel, Rabu (11/5/2016).

Betdasarkan pengamatan patainanews.com, di Kota LubukLinggau ada Air Terjun Temam dan di Empat Lawang juga ada Air Terjun Batu Betiang. Pendapat senada disampaikan Cindy Nathania, Wakil I Putri Sriwijaya 2015 di Jembatan Kuning, Tebing Tinggi, Empat Lawang.

“Sumsel disukai wisatawan asing juga sebagai destinasi air terjun,” katanya. Cindy mengungkapkan, rencana Agustus mendatang wisatawan dari Brunei Darussalam mengunjungi Sumsel. “Saya akan ajak wisatawan dari Brunei Darussalam melihat wisata air terjun yang ada di Sumsel,” ucapnya.

Cindy menambahkan, masih ada air terjun di Sumsel, yakni di Pagaralam. Sementara Kasmir, Kepala Desa Ulakdabuk kepada pers, Rabu (11/5/2016) menjelaskan, wisatawan asal Negeri Kincir Angin, Belanda tahun lalu pernah berkunjung ke Air Terjun Batu Betiang.

Tak hanya itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Musi Rawas Jemain kepada patainanews.com menuturkan bahwa di Musi Rawas juga ada Air Terjun Curug Tinggi. “Dengan adanya International Musi Triboatton 2016 diharapkan bisa membawa dampak positif kepada kunjungan wisatawan ke Musi Rawas,” katanya di sela-sela pembukaan Etape II di Muara Kelingi, Musi Rawas, Kamis (12/5/2016). (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tourism

Lombok Kembangkan Agro Wisata

Menteri ATR/Kepala BPN Ferry Mursyidan Baldan didampingi LA Hadi Faishal (baju batik) ketika menanam buah (Ist) Pariwisata di Lombok diperkirakan akan semakin bergairah sejak Menteri Agraria Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan

Hotel

10 Kuliner Khas Indonesia yang Enak

Ilustrasi Rendang (Ist) Indonesia memang dikenal kaya akan potensi pariwisata. Tak hanya destinasi wisata yang beragam yang tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini, Indonesia juga

Tourism

Budaya Indonesia Pemikat Wisatawan Mancanegara

Batik Lindy Ann tampil percaya diri di Sahid J Walk di Yogyakarta Batik Lindy Ann tampil memukau dalam pembukaan fesyen show Sahid Jogja Walk atau yang biasa disebut Sahid J

World Heritage

Masuk Pasar Dunia Butuh Dukungan Pemerintah

Batik yang merupakan warisan wastra Nusantara memang digemari wisatawan asing dan telah menjadi kebanggaan warga dunia lantaran sudah diterima pasar internasional. Kendati demikian, pemerintah dinilai tetap tak bisa lepas tangan

Nature

Hari Batik Nasional, Ayo Pakai Batik!

Hari Batik Nasional 2 Oktober (Ist) Batik, kain tradisional khas Nusantara yang merupakan salah satu bentuk kebudayaan keluarga raja-raja Indonesia pada masa lalu dan sudah mulai dikenal sejak kerajaan Majapahit.

Slideshow

Cinta Wastra Nusantara, PRibuMI Lahir

Karya di PRibuMI… (Ist) Empat tahun yang lalu kehidupan saya memasuki babak baru. Memasuki area yang selama ini jauh dari apa yang pernah saya mimpikan, yaitu menjadi seorang women entrepreneur.