Turis Tiongkok Semakin Banyak ke Indonesia

Tempat Wisata Bali - Danau Beratan

Pulau Dewata, Bali menjadi tujuan utama wisatawan mancanegara ke Indonesia (Ist)

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan bahwa wisatawan mancanegara (wisman) yang mengunjungi destinasi Wonderful Indonesia mencapai 1,14 juta wisatawan. Itu sama dengan peningkatan 7,09% ketimbang periode bulan sebelumnya.

Dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, kenaikannya tercatat hingga 26,75%. “Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang melancong ke Indonesia sepanjang April 2017 masih didominasi oleh wisatawan asal China, dengan persentase 15,8%,” ujar Kepala BPS Suhariyanto di Jakarta, Jumat (2/6/2017).

Setelah Tiongkok, negara kedua asal turis asing yang paling banyak mengunjungi Indonesia pada April 2017 ialah Singapura, yakni 127,1 ribu orang (12,71 persen). Kemudian, turis asal Malaysia sebanyak 118 ribu orang (11,8 persen), Australia sejumlah 95,7 ribu orang (9,57 persen) dan India sebanyak 39 ribu orang (3,91 persen).

Perluasan pemasaran destinasi wisata Indonesia pun diharapkan terus dilakukan oleh pemerintah untuk menarik minat kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) dari negara lain. “Kami harapkan, wisatawan mancanegara meningkat karena pariwisata bisa menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi,” jelas Kecuk, sapaan akrab Suhariyanto dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Data BPS mencatat Bandara Ngurah Rai, Bali menjadi pintu masuk utama wisman sepanjang April mencapai 474,6 ribu kunjungan. Sementara Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta dan Batam, menyusul di posisi selanjutnya, dengan masing-masing sebanyak 211 ribu dan 134 ribu kunjungan.

Selain itu, terjadi kenaikan yang cukup signifikan atas kunjungan wisman di Bandara Sam Ratulangi, Sulawesi Utara, dengan persentase sebesar 312 secara year on year jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kenaikan ini karena adanya penerbangan langsung ke China.

Selain di Manado, peningkatan jumlah wisatawan mancanegara signifikan juga terjadi di Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kalau di Bandara Lombok, kenaikannya 127 persen. Karena ada pengembangan bandara, penerbangan dari Malaysia dan Brunei Darussalam juga meningkat.

“Ini memudahkan pariwisatawan menjangkau. Ongkos lebih murah, efisien, tidak perlu transit. Seperti saya bilang, kenaikannya lumayan besar. Direct Flight di beberapa destinasi perlu dipikirkan,” kata Kecuk. Data BPS memaparkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara periode Januari-April 2017tercatat 4,2 juta atau naik 19,34 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2016, yakni 3,52 juta kunjungan.

Jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia pun mayoritas masih masuk dari 19 pintu utama. Besarannya mencapai 994,13 ribu kunjungan. Sementara para wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonsia dari luar 19 pintu utama, ada 148,05 ribu kunjungan.

Wisatawan mancanegara paling banyak masuk ke Indonesia pada April 2017 melalui Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Jumlahnya 474.610 kunjungan. Sedangkan untuk Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, dan Bandara Hang Nadim, Batam, masing-masingnya sebanyak 474.610 dan 134.218 kunjungan.

Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, mengatakan, peningkatan kunjungan wisman pada April 2017 ini semakin menguatkan keyakinan akan tercapainya target 15 juta wisman sampai akhir tahun ini. “Tiap bulan mengalami peningkatan yang signifikan. Ini semakin memantapkan keyakinan target 15 juta wisman tahun ini dan 20 juta wisman 2019 akan tercapai,” ujar Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, upaya untuk meningkatkan kunjungan wisman sejak awal tahun antara lain dengan memperbanyak acara-acara menarik, khususnya di tiga pintu utama (great), yaitu Bali, Jakarta dan Batam, serta 10 destinasi prioritas Bali Baru. Selain itu, Kemenpar juga menggenjot event-event di perbatasan (cross border).

“Kita ini average sudah di angka 1 juta lebih per bulan. Ini modal yang bagus bagi pariwisata kita untuk mengejar target wisatawan tahun 2017 mencapai 15 juta itu,” kata dia. (Gabriel Bobby)





About author



You might also like

SightSeeing

Wisata Bahari Ala TNI AL Meriahkan HPN 2016

KRI Soeharso (Ist) Persiapan Hari Pers Nasional (HPN) 2016 yang akan berlangsung di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 6-9 Februari 2016 mendatang terus dilakukan, baik Panitia Pusat HPN 2016

Cuisine

Pesona Semarang Great Sale 2017, Wisatawan Dimanjakan Belanja

Launching Pesona Semarang Great Sale 2017 di Jakarta (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Walikota Semarang Handrar Prihadi meluncurkan Pesona Semarang Great Sale 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung

Slideshow

Wajah Menawan di Balik Tumpukan Barang Bekas

Berita Foto: Perempuan muda ini terlihat lagi sibuk. Ia tampak tak segan mengulurkan tangan membantu sesama. Terlihat dirinya yang berparas menawan, wanita ini dengan sigap menolong orang lain yang membutuhkan.

SightSeeing

Kuliner Indonesia Dipromosikan di Paris

Kuliner Indonesia (Ist) Festival Gastronomi Indonesia yang pertama pada 2017 di Paris merupakan inisiatif dari VITO Perancis kolaborasi dengan AGI (Akademi Gastronomi Indonesia). Adapun tujuannya untuk memperkenalkan dan mempromosikan kekayaan

Heritage

Sambut HPN, Sumbar Gelar Minangkabau Run 2018 

HPN 2018 (Ist) Sumatera Barat semakin getol menebarkan pesonanya. Kali ini pesona tersebut bakal kembali membius wisatawan lewat Minangkabau Run 2018. Yang ingin sehat sambil berwisata, silakan langkahkan kaki ke Kota

Cuisine

Pariwisata untuk Perdamaian

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) bersama Wakil Ketua PHRI NTB LA Hadi Faishal (Ist) Pariwisata rupanya selama ini tak sekadar hanya menjadi kepentingan bisnis semata lantaran pariwisata juga bisa membawa