Universitas Ciputra Angkat Pamor Batik Banyuwangi

tari gandrung banyuwangi

Tari Gandrung Banyuwangi (Ist)

Kesuksesan Kampoeng Batik Laweyan hingga Kampoeng Batik Kauman di Solo menginspirasi Universitas Ciputra (UC) Surabaya untuk mengembangkan kampung wisata batik di Banyuwangi.

Dalam lima bulan ke depan, UC Surabaya akan membuat konsep kampung wisata batik di Banyuwangi. Tahapan selanjutnya yakni persiapan lahan yang diprediksi selama tujuh bulan.

Kemudian perencanaan bisnis pembangunan kampung wisata batik.

Dosen Universitas Ciputra Juliuska Sahertian dan Kepala Laboratorium Fashion Department Fabio Ricardo Toreh mengaku telah bertemu dan menyampaikan hal tersebut kepada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Inisiatif itu disampaikan Universitas Ciputra mengingat batik merupakan warisan leluhur yang sudah mendunia dan mendapat pengakuan UNESCO sejak 2 Oktober 2009 silam.

Di sisi lain, pariwisata Banyuwangi naik sangat pesat. Pendapatan per kapita Banyuwangi naik dari Rp21 juta tahun 2010 menjadi Rp39 juta pada tahun 2015 karena pariwisata.

“Kalau dua kekuatan ini digabungkan menjadi sebuah kampung wisata batik, hasilnya bisa dahsyat,” kata Juliuska dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Senin (13/6/2016).

Alasan lain memilih Banyuwangi lantaran perkembangan batik di daerah ini cukup signifikan. Industri kreatif berbasis fashion di Banyuwangi dinilai cocok dipadukan dengan pengembangan pariwisata.

Apalagi, daerah itu juga memiliki infrastruktur transportasi yang memadai dan dekat dengan Bali sebagai jantung utama pariwisata Indonesia.

Kampung wisata batik ini akan menjadi pusat pembelajaran, pengembangan, dan pemasaran batik. “Kampung wisata batik di Banyuwangi nantinya akan menjadi etalase semua jenis batik ramah lingkungan yang ada di Indonesia. Lengkap dengan ceritanya,” katanya.

Lebih lanjut, kampung wisata batik didesain sebagai bagian dari Program Wisata Inti Rakyat (PIR) yang untuk menghidupkan pariwisata pedesaan.

Pelaku usaha lokal akan diedukasi soal pembuatan batik ramah lingkungan hingga desain skema fesyen. Bupati Banyuwangi Azwar Anas merespons positif gagasan tersebut.

Menurutnya, adanya kampung wisata batik Banyuwangi bakal mampu mendorong tumbuhnya industri batik dan pariwisata di kabupaten berjuluk Sunrise of Java itu.

Namun, dia menekankan pengembangan industri batik di Banyuwangi harus tetap menempatkan UMKM lokal sebagai pilar utama melalui pendekatan pembukaan lapangan pekerjaan.

“Dengan dukungan Pemprov Jatim, tahun ini mulai dirintis Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan batik di Banyuwangi. Lalu, Oktober mendatang, Kementerian Perindustrian mengumpulkan pewarna alam se-Indonesia untuk ditampilkan di Banyuwangi. Kalau ditambah kampung wisata batik, Kreativitas pembatik lokal, mulai dari pengembangan motif hingga desain fashion, pasti akan tumbuh. Sekarang para perajin batik giat berproduksi karena laris seiring banyaknya wisatawan,” kata Anas.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi hal tersebut sebagai Pentahelix, gabungan lima unsur yang harus bersatu dan bergerak bersama-sama. Kelimanya yakni akademisi, business, community, government, dan media.

“Ketiga lima unsur ini bersatu, dan memiliki visi pariwisata, maka saya jamin sektor ini akan semakin kuat mengakar dan bisa diandalkan,” katanya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tourism

JAS Bidik Asian Games 2018

Raja Salman (Ist) Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud akhirnya meninggalkan Pulau Bali. Tugas JAS Airport Services, sebagai perusahaan nasional yang ditunjuk maskapai Saudi Arabian (SV) untuk menangani ground dan

Culture

Mengenal Lebih Dekat Kota Kinabalu, Destinasi Wisata Terkini di Negeri Jiran

Kota Kinabalu (Ist) Kota Kinabalu adalah kota kecil yang terletak di wilayah Malaysia Kalimantan yang menjadi ibu kota dari negara bagian Sabah. Belakangan, kota ini menjadi salah satu destinasi wisata

Heritage

HUT RI ke-73, Pelni Ajak Anak Indonesia Cinta Bahari

Pengibaran Bendera Merah Putih di.KM Kelud di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara merayakan HUT RI ke-73 Sebagai upaya ikut memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-73, PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT

Slideshow

Pelindo III Paparkan Dunia Kemaritiman di Unpad

PT Pelindo III di Universitas Padjajaran (Unpad) (Ist) PT Pelabuhan Indonesia III melibatkan institusi pendidikan guna mengenalkan dunia kepelabuhanan dan maritim kepada generasi penerus bangsa.  BUMN kepelabuhanan tersebut memilih perguruan

Travel Operator

Lagi, Promosi Pariwisata Indonesia di Rusia

KBRI Moskow bersama Direktorat Eropa III Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Jumat (23/2/2018) menggelar rapat persiapan Festival Indonesia (F() ketiga di Moskow, Rusia pada 3 hingga 5 Agustus 2018 (Ist) KBRI

Hotel

Menanti PATA Travel Mart 2016

  Chairman PATA Indonesia Chapter SD Darmono Indonesia tahun depan mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah pameran pariwisata dan kegiatan perdagangan bertaraf internasional yang diselenggarakan oleh Pacific Asia Travel Association (PATA).