Universitas Ciputra Angkat Pamor Batik Banyuwangi

tari gandrung banyuwangi

Tari Gandrung Banyuwangi (Ist)

Kesuksesan Kampoeng Batik Laweyan hingga Kampoeng Batik Kauman di Solo menginspirasi Universitas Ciputra (UC) Surabaya untuk mengembangkan kampung wisata batik di Banyuwangi.

Dalam lima bulan ke depan, UC Surabaya akan membuat konsep kampung wisata batik di Banyuwangi. Tahapan selanjutnya yakni persiapan lahan yang diprediksi selama tujuh bulan.

Kemudian perencanaan bisnis pembangunan kampung wisata batik.

Dosen Universitas Ciputra Juliuska Sahertian dan Kepala Laboratorium Fashion Department Fabio Ricardo Toreh mengaku telah bertemu dan menyampaikan hal tersebut kepada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Inisiatif itu disampaikan Universitas Ciputra mengingat batik merupakan warisan leluhur yang sudah mendunia dan mendapat pengakuan UNESCO sejak 2 Oktober 2009 silam.

Di sisi lain, pariwisata Banyuwangi naik sangat pesat. Pendapatan per kapita Banyuwangi naik dari Rp21 juta tahun 2010 menjadi Rp39 juta pada tahun 2015 karena pariwisata.

“Kalau dua kekuatan ini digabungkan menjadi sebuah kampung wisata batik, hasilnya bisa dahsyat,” kata Juliuska dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Senin (13/6/2016).

Alasan lain memilih Banyuwangi lantaran perkembangan batik di daerah ini cukup signifikan. Industri kreatif berbasis fashion di Banyuwangi dinilai cocok dipadukan dengan pengembangan pariwisata.

Apalagi, daerah itu juga memiliki infrastruktur transportasi yang memadai dan dekat dengan Bali sebagai jantung utama pariwisata Indonesia.

Kampung wisata batik ini akan menjadi pusat pembelajaran, pengembangan, dan pemasaran batik. “Kampung wisata batik di Banyuwangi nantinya akan menjadi etalase semua jenis batik ramah lingkungan yang ada di Indonesia. Lengkap dengan ceritanya,” katanya.

Lebih lanjut, kampung wisata batik didesain sebagai bagian dari Program Wisata Inti Rakyat (PIR) yang untuk menghidupkan pariwisata pedesaan.

Pelaku usaha lokal akan diedukasi soal pembuatan batik ramah lingkungan hingga desain skema fesyen. Bupati Banyuwangi Azwar Anas merespons positif gagasan tersebut.

Menurutnya, adanya kampung wisata batik Banyuwangi bakal mampu mendorong tumbuhnya industri batik dan pariwisata di kabupaten berjuluk Sunrise of Java itu.

Namun, dia menekankan pengembangan industri batik di Banyuwangi harus tetap menempatkan UMKM lokal sebagai pilar utama melalui pendekatan pembukaan lapangan pekerjaan.

“Dengan dukungan Pemprov Jatim, tahun ini mulai dirintis Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan batik di Banyuwangi. Lalu, Oktober mendatang, Kementerian Perindustrian mengumpulkan pewarna alam se-Indonesia untuk ditampilkan di Banyuwangi. Kalau ditambah kampung wisata batik, Kreativitas pembatik lokal, mulai dari pengembangan motif hingga desain fashion, pasti akan tumbuh. Sekarang para perajin batik giat berproduksi karena laris seiring banyaknya wisatawan,” kata Anas.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi hal tersebut sebagai Pentahelix, gabungan lima unsur yang harus bersatu dan bergerak bersama-sama. Kelimanya yakni akademisi, business, community, government, dan media.

“Ketiga lima unsur ini bersatu, dan memiliki visi pariwisata, maka saya jamin sektor ini akan semakin kuat mengakar dan bisa diandalkan,” katanya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tour Package

Pemprov Sumsel Siap Gelar ASIAN GAMES 2018

Logo ASIAN GAMES 2018 (Ist) Pemerintah provinsi Sumatera Selatan menyatakan siap menggelar event olahraga prestisius yang diadakan di Indonesia, ASIAN GAMES 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang. Hal tersebut

World Heritage

Dilan 1991 Diharapkan Promosikan Kota Bandung sebagai Destinasi Wisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Ist) Film garapan sutradara Fajar Bustomy berjudul Dilan 1991 yang mengambil latar belakang Kota Bandung diharapkan mampu untuk turut serta

Nature

Perpaduan Budaya Bisa Mengundang Wisatawan

Anak TK memainkan angklung dalam acara bernuansa Imlek gabungan antara TK Santa Cicilia dan TK Emanuel di Jakarta belum lama ini  Perayaan Imlek dan Cap Go Meh memang identik dengan

Festival

Sumsel Siap Gelar International Musi Triboatton 2016

Jembatan Ampera di Palembang (Ist) Ajang sport tourism Internasional Musi Triboatton 2016 akan digelar pertengahan Mei mendatang, yakni 11 hingga 15 Mei 2016. Ajang ini akan diikuti 20 tim dari

SightSeeing

Kerja Sama antara Kementerian Pariwisata dengan Emirates

Berita Foto: Menteri Pariwisata Arief Yahya menyaksikan penandatangan MoU Kerja Sama antara Kementerian Pariwisata dengan Emirates di sela kegiatan Arabian Travel Market 2016, Dubai, Uni Emirat Arab. Pihak Kementerian Pariwisata

Indonesia itu Bagus

Menuju Indonesia Emas 2045

Ary Ginanjar Agustian (tengah) Negeri ini diketahui tengah menuju Indonesia Emas 2045. Karenanya negeri ini harus memiliki karakter yang kuat. “Masyarakat Indonesia bisa sejahtera,” ucap Founder ESQ Leadership Center Ary Ginanjar