Vegan Culinary Jadi Daya Tarik Pariwisata Indonesia

WhatsApp Image 2018-03-06 at 21.29.47

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana Brahmananda tengah menjelaskan vegan culinary (Ist)

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana Brahmananda mengatakan bahwa vegan culinary menjadi salah satu pilihan dan sebagai daya tarik bagi wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia.

“Pola masyarakat tidak mengkonsumsi produk hemani dan turunannya (vegan culinary) sebagai salah satu pilihan. wisatawan vegetarian dan vegan akan merasa nyaman bila di suatu kota atau negara yang dikunjungi memiliki restoran vegan atau vegetarian,” kata I Gde Pitana dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Selasa (6/3/2018). 

I Gde Pitana mengatakan, event 168 Vegan Culinary Festival yang diselenggarakan Indonesia Vegetarian Society (IVS) menjadi media yang efektif untuk mengenalkan dan mempromosikan Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia kepada para pengunjung pameran dan peserta kegiatan Vegan Festival Indonesia yang datang dari dalam negeri maupun mancanegara.

Menurut Susianto, Sekjen IVS sekaligus Sekjen World Vegan Organization dan sebagai President Yayasan Tempe Internasional, event 168 Vegan Culinary Festival sebagai bagian dari rangkaian acara ‘Vegan Festival Indonesia 2018’ yang akan dihadiri sekitar 10.000 pengunjung, termasuk para pembicara dan pengamat dari 10 negara antara lain Amerika Serikat, Inggris, India, Taiwan, Malaysia, Singapura, Jepang, dan Australia.

“Pada penyelenggaran Vegan Festival Indonesia tahun 2010 yang lalu jumlah pengunjung mencapai 10 ribu orang, sedangkan pada tahun ini diperkirakan akan naik siginifikan,” ungkap Susianto. Ia menjelaskan, masyarakat vegetarian dan vegan di Indonesia cukup besar, sekitar 2 juta orang atau terbanyak di seluruh dunia sehingga menjadi salah satu pendorong tumbuhnya kuliner vegan di Tanah Air.

“Saat ini tercatat ada lebih dari 1000-an rumah makan vegetarian dan vegan, baik yang berskala besar (restoran) hingga warung kaki lima tersebar di 34 provinsi Indonesia. Bahkan banyak rumah makan yang non-vegetarian/vegan kini juga menyediakan menu khusus vegetarian termasuk hotel-hotel, tempat wisata, maskapai penerbangan, rumah sakit, hingga kantin sekolah sehingga saat ini sudah cukup akomodatif bagi kaum vegetarian dan vegan.” tambah Susianto.

Adapun kegiatan Vegan Festival Indoensia 2018 dengan acara ‘Earth Day Vegan Festival 2018’ akan berlangsung di Tribeca Park, Central Park Mall Jakarta Barat pada 23 hingga 25 Maret 2018. Sedangkan ‘The Indonesia International Vegan Festival & Forum 2018’ di Neo SOHO Mal Podomoro City, Jakarta Barat pada 13 hingga 15 April 2018.

Kegiatan ini akan dimeriahkan dengan berbagai acara menarik, antara lain Green Speech Competition, Fashion Show dengan material dasar barang bekas, Parenting & Vegan Talk Show, Flash Mob oleh INLA (International Nature Loving Association), serta Art Performance & Entertainment. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Cuisine

Raja Ampat Destinasi Snorkeling Terbaik di Dunia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist) Raja Ampat di Papua Barat dan Taman Nasional Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) dinobatkan sebagai destinasi snorkeling terbaik dunia atau Worlds Best

Culture

Pasar Digital Puri Bambu Bandung Diminta Inovatif dan Berkelanjutan

Menteri Pariwisata Arief Yahya hadir dalam peresmian destinasi digital Pasar Puri Bambu (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meminta destinasi digital Pasar Puri Bambu di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, memiliki

Indonesiaku

Membangun Indonesia dengan Semangat Pancasila

Konferensi Studi Nasional (KSN) Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) yang mengusung tema ‘Radikalisme dan Kesenjangan Sosial dalam Dimensi Pembangunan Nasional’, Sabtu, (30/9/2017) di aula hotel Clarion Makassar, Sulawesi Selatan

SightSeeing

ASITA Jakarta Menuju Era Digital

Foto bersama dalam Rakerda I ASITA DKI Jakarta (Ist) Perkembangan zaman semakin memudahkan banyak orang untuk melakukan beragam aktivitas, termasuk ketika wisatawan memutuskan untuk berlibur. Tekonologi yang canggih kini bisa

Indonesiaku

Ibanez Flying Fingers 2018

Ibanez Flying Fingers 2018 (Ist) Kompetisi gitar online ter-prestige di Indonesia hadir kembali. Ibanez Flying Fingers adalah kompetisi gitar online yang diciptakan untuk memfasilitasi bakat-bakat para gitaris di seluruh pelosok

Destinations

Kejayaan Kerajaan Masa Lampau Inspirasi Festival Sriwijaya 2019

Keindahan Jembatan Ampera di atas Sungai Musi di Palembang, Sumatera Selatan di malam hari (Ist) Kejayaan Kerajaan Sriwijaya kuno pada masa lampau menjadi inspirasi penyelengaraan Festival Sriwijaya yang berlangsung mulai