Waisak di Borobudur dan Ragam Festival Lampion di Asia

Lampion di Candi Borobudur (Ist)

Umat Buddha Indonesia memperingati Hari Raya Waisak, Selasa, 29 Mei 2018 yang juga ditetapkan sebagai hari libur nasional di negeri ini.

Waisak adalah peringatan tahap kehidupan sang Buddha (Siddharta Gautama) yang melingkupi kelahiran, pencerahan dan kematian. Yang paling dinanti dalam perayaan Waisak di Borobudur ini adalah tradisi pelepasan lampion kertas ke udara yang pastinya sebuah momen indah yang pantas diabadikan lewat jepretan kamera buat semua yang menghadiri atau berada di area sekitar Borobudur.

Festival lampion selalu menyedot perhatian massa bukan hanya karena keindahannya namun juga suasananya yang seakan menyatukan semua orang dalam suatu peristiwa yang damai dan khusyuk. Agoda memberikan informasi perayaan serupa festival lampion Borobudur di beberapa destinasi populer di Asia untuk dikunjungi, yakni Festival Hoi An, Vietnam.

Festival lampion di Vietnam diadakan setiap bulan saat bulan purnama. Saat festival berlangsung, listrik di seluruh kota tua Hoi An dipadamkan dan lampu lalu lintas dialihkan sehingga jalanan menjadi milik masyarakat pada hari tersebut.

Selain lampion, ada juga tradisi melepas lilin pada kertas warna-warni berbentuk perahu. Untuk melengkapi pengalaman berkunjung ke Hoi An, Cashew Tree Bungalow adalah pilihan akomodasi unik berkonsep asri. Tak hanya itu masih ada Festival lampion Kue Bulan saat tengah musim gugur.

Festival kue bulan dalam perhitungan bulan ke-8 kalender China adalah untuk merayakan hasil panen berlimpah. Dirayakan saat puncak bulan purnama, festival ini cukup bermakna dengan acara berkumpulnya keluarga makan kue bulan dan minum teh.

Hiasan lampion yang digantung di setiap rumah dan sudut jalan di semua kota pun menambah hangat suasana. Tak perlu jauh-jauh ke negeri Tirai Bambu untuk ikut menikmati kemeriahannya karena festival ini dirayakan di hampir seluruh area Pecinan di dunia.

Yang terdekat adalah Singapura. Untuk bisa menikmati festival lampion ini, The Scarlet Singapore yang berlokasi di area Pecinan merupakan pilihan tepat. Masih ada yang lain, yaitu Perayaan Diwali, India. Diwali, yang dirayakan umat Hindu di India menandai kemenangan kebaikan atas kejahatan.

Pada perayaan ini, akan ada cahaya Diyas (lampu bumi) dan Pooja (ritual pemujaan) untuk mengundang kebaikan, kekayaan dan kesehatan dalam kehidupan. Saat malam hari, gemerlap cahaya lampion Diwali bisa dilihat menghiasi jendela setiap rumah.  Sementara deru petasan menambah suasana meriah.

Tempat terbaik untuk menikmati Diwali adalah kota Jaipur di Rajasthan. Umaid Bhawan yang menampilkan arsitektur khas Rajput adalah salah satu pilihan akomodasi cantik dengan harga terjangkau. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

SightSeeing

Kementerian Pariwisata Hargai Travel Advice

Guntur Sakti (kiri) Menyikapi sejumlah peristiwa bom di Surabaya dan Sidoarjo di Jawa Timur, Kementerian Pariwisata menyampaikan belasungkawa terhadap para korban. Hingga saat ini Tim MKK (Manajemen Krisis Kepariwisataan) telah

Hotel

Ketika Wisatawan Australia Kepincut Aulia yang Pandai Menjahit

Contoh hasil karya Aulia Anwar dengan bendera Island C fashion design and tailor yang diminati wisatawan mancanegara sehingga ikut mempromosikan Indonesia di dunia (Ist) Bali selama ini tak pernah sepi

Slideshow

BWJ Bangun Taman Wisata Laut di Tanjung Lesung

Terumbu Karang PT Banten West Java Tourism Development Corporation (BWJ) sebagai pengelola Kawasan Tanjung Lesung membangun taman laut. “Taman wisata laut di Tanjung Lesung dikerjakan dari Juni dan berakhir di

Tourism

Pemerintah Dorong Produk Lokal Bersaing di Pasar Global

Presiden Jokowi (Ist) Pemerintah Indonesia mendorong pengusaha dan produk-produk lokal untuk bisa bersaing di kancah global. Untuk itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau para pengusaha lokal pemilik merek-merek lokal untuk

Hotel

TTC Travel Mart 2015

TTC Travel Mart (youtube) TTC Travel Mart Indonesia hadir lagi dengan mitra dari luar negeri yang bisa membantu untuk merancang program wisata baru untuk tahun ini. Para peserta bisa bertemu

Slideshow

Tidak Ada Visit Malaysia di Mobil Rio Haryanto

Rio Haryanto (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya memastikan tidak akan ada tulisan ‘Visit Malaysia’ menempel di Manor Racing, mobil balap Rio Haryanto. Hal tersebut dikatakan AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata menjawab