Waisak di Borobudur dan Ragam Festival Lampion di Asia

Lampion di Candi Borobudur (Ist)

Umat Buddha Indonesia memperingati Hari Raya Waisak, Selasa, 29 Mei 2018 yang juga ditetapkan sebagai hari libur nasional di negeri ini.

Waisak adalah peringatan tahap kehidupan sang Buddha (Siddharta Gautama) yang melingkupi kelahiran, pencerahan dan kematian. Yang paling dinanti dalam perayaan Waisak di Borobudur ini adalah tradisi pelepasan lampion kertas ke udara yang pastinya sebuah momen indah yang pantas diabadikan lewat jepretan kamera buat semua yang menghadiri atau berada di area sekitar Borobudur.

Festival lampion selalu menyedot perhatian massa bukan hanya karena keindahannya namun juga suasananya yang seakan menyatukan semua orang dalam suatu peristiwa yang damai dan khusyuk. Agoda memberikan informasi perayaan serupa festival lampion Borobudur di beberapa destinasi populer di Asia untuk dikunjungi, yakni Festival Hoi An, Vietnam.

Festival lampion di Vietnam diadakan setiap bulan saat bulan purnama. Saat festival berlangsung, listrik di seluruh kota tua Hoi An dipadamkan dan lampu lalu lintas dialihkan sehingga jalanan menjadi milik masyarakat pada hari tersebut.

Selain lampion, ada juga tradisi melepas lilin pada kertas warna-warni berbentuk perahu. Untuk melengkapi pengalaman berkunjung ke Hoi An, Cashew Tree Bungalow adalah pilihan akomodasi unik berkonsep asri. Tak hanya itu masih ada Festival lampion Kue Bulan saat tengah musim gugur.

Festival kue bulan dalam perhitungan bulan ke-8 kalender China adalah untuk merayakan hasil panen berlimpah. Dirayakan saat puncak bulan purnama, festival ini cukup bermakna dengan acara berkumpulnya keluarga makan kue bulan dan minum teh.

Hiasan lampion yang digantung di setiap rumah dan sudut jalan di semua kota pun menambah hangat suasana. Tak perlu jauh-jauh ke negeri Tirai Bambu untuk ikut menikmati kemeriahannya karena festival ini dirayakan di hampir seluruh area Pecinan di dunia.

Yang terdekat adalah Singapura. Untuk bisa menikmati festival lampion ini, The Scarlet Singapore yang berlokasi di area Pecinan merupakan pilihan tepat. Masih ada yang lain, yaitu Perayaan Diwali, India. Diwali, yang dirayakan umat Hindu di India menandai kemenangan kebaikan atas kejahatan.

Pada perayaan ini, akan ada cahaya Diyas (lampu bumi) dan Pooja (ritual pemujaan) untuk mengundang kebaikan, kekayaan dan kesehatan dalam kehidupan. Saat malam hari, gemerlap cahaya lampion Diwali bisa dilihat menghiasi jendela setiap rumah.  Sementara deru petasan menambah suasana meriah.

Tempat terbaik untuk menikmati Diwali adalah kota Jaipur di Rajasthan. Umaid Bhawan yang menampilkan arsitektur khas Rajput adalah salah satu pilihan akomodasi cantik dengan harga terjangkau. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Hotel

WPC akan Ikut PATA Travel Mart 2017

Irma Sustika (Ist) Pameran pariwisata internasional, PATA Travel Mart 2017 akan digelar di Makau. Dan, Womanpreneuer Community (WPC) mendapat kesempatan untuk ikut PATA Travel Mart yang digelar pada 13 hingga

Festival

ASIAN GAMES 2018 Inspirasi NENGMAS

Motif yang baru NNGMAS (Ist) Mengangkat permainan tradisional lewat batik, NENGMAS kali ini akan membawakan motif Gasing dan Kolecer. Salah satu yang menjadi inspirasi kali ini adalah Asian Games 2018

Indonesiaku

Pelindo III Journalist Award 2016

Pelindo III Journalist Award 2016 (Ist) BUMN kepelabuhanan, PT Pelabuhan Indonesia III kembali menggelar ajang tahunan untuk mengapresiasi karya para jurnalis, Pelindo III Journalist Award 2016. Adapun karya-karya jurnalistik terbaik akan

Festival

Astindo DKI Jakarta Menolak Penghapusan Insentif Lion Air

Foto bersama dalam Silaturahmi Lebih Dekat Dengan Airlines (Ist) DPD Astindo DKI Jakarta menolak penghapusan insentif Lion Air. Tak hanya itu, Astindo DKI Jakarta juga menolak pengurangan komisi Citilink. Hal

Investments

Bedah Buku Crazy Marketing Dorong Pelindo III Berpikir Out of The Box

Dirut PT Pelindo III Ari Akshara (kemeja putih) (Ist) Manajemen PT Pelabuhan Indonesia III menyelenggarakan kegiatan bedah buku berjudul D’Gil! Marketing Think Like There Is No Box. Buku yang ditulis Ahmad

Hotel

Sumsel Optimistis Usung Sport Tourism

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (ketiga dari kiri) (Ist) Booth Kementerian Pariwisata (Kemenpar) di ajang Malaysian Association of Tour and Travel Agents (MATTA) Fair 2018 kedatangan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel)