Warga Lombok Dukung Wisata Halal

Emma lombok

Emma Almusalli (Ist)

Lombok yang ada di Nusa Tenggara Barat semakin percaya diri menjadi destinasi wisata halal di Indonesia. Sejak Pulau Seribu Masjid ini pada tahun lalu mencetak prestasi dunia yang membanggakan Indonesia di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, yakni menyumbang dua gelar dalam ajang internasional, World Halal Travel Award 2015 mendapat World’s Best Halal Tourism Destination dan World’s Best Halal Honeymoon Destination, Lombok tak berpuas diri sebab pada tahun ini menggelar International Halal Travel Fair (IHTF) 2016.

Saat pembukaan IHTF 2016 di Hotel Lombok Raya, Lombok, Rabu (21/9/2016) dikabarkan dihadiri 30 buyers dari sejumlah negara, seperti dari Malaysia, dan Singapura.

Warga Lombok, Emma Almusalli yang ditemui patainanews.com di sela-sela IHTF 2016 di Lombok, Kamis (22/9/2016) menjelaskan bahwa dirinya mendukung penyelenggaraan IHTF 2016 guna mendukung pengembangan wisata halal di Lombok.

Emma yang merupakan finalis Duta Mutiara tahun 2010 itu juga mendukung upaya pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat mengembangkan wisata halal di Lombok.

Perempuan berparas manis ini mengatakan,wisata halal di Lombok mendapat dukungan penuh dari warga. “Saya, sih, dukung sekali. Lagi pula masyarakat Lombok mayoritas Muslim. Jadi tidak akan ada masalah dengan penerapan wisata halal,” kata Ema.

Kendati demikian, perempuan berparas manis ini berharap pemerintah untuk tetap memberikan perhatian terhadap pariwisata konvensional karena ekonomi warga masih sangat bergantung pada sektor tersebut. 

“Lagi pula kami juga tidak ingin kebijakan wisata halal ujung-ujungnya malah mendorong fanatisme. Yang biasa-biasa saja,” kata perempuan berkerudung berparas manis itu.

Dalam jumpa pers di Hotel Lombok Raya, Rabu (21/9/2016), Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kemenpar Dadang Rizki Ratman menjawab patainanews.com bahwa IHTF harus menjadi calendar of events pariwisata Lombok.

“Pariwisata Lombok sudah dikenal sebagai destinasi wisata halal. Saya harap acara ini menjadi calendar of events pariwisata Lombok. Dan, acara seperti ini juga bisa dilakukan di Sumatera Barat dan Aceh yang juga mengandalkan wisata halal,” urainya.

Dadang pun mendukung Lombok menjadi leader destinasi wisata halal di Indonesia. “Indonesia masih kalah dengan Thailand soal wisata halal. Sekarang muncul Jepang dan Korea Selatan yang juga menjual wisata halal sehingga Indonesia juga harus bersaing dengan mereka dan Lombok bisa dijadikan leader wisata halal di Indonesia dan tentunya Lombok, Sumbar, dan Aceh juga harus menerapkan standar global, yakni Global Moslem Travel Index (GMTI) sebab Menteri Pariwisata Arief Yahya ingin Indonesia berada di peringkat pertama GMTI tahun 2019. Jika menggunakan GMTI, maka wisatawan asing, termasuk dari kawasan Timur Tengah yakin dengan wisata halal di Indonesia,” ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB Lalu Mohammad Faozal menjelaskan bahwa pihaknya mendukung IHTF digelar setiap tahun. (Gabriel Bobby) 





About author



You might also like

Culture

Permintaan Tinggi, NIDA Rooms Perpanjang Program Diskon

Wisatawan bisa berlibur ke Pulau Dewata, termasuk melihat Keris Bali dengan menginap di hotel memanfaatkan hotel yang menjadi mitra NIDA Rooms di Indonesia (www.ninaflynnphotography.com) NIDA Rooms, ‘virtual hotel operator’ yang

Cuisine

Status Gunung Agung Turun, Bali Aman untuk Wisman

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama wisatawan mancanegara di Bali (Ist) Status ‘Awas’ Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali turun menjadi ‘Siaga’. Dengan penurunan status tersebut para pengungsi sudah diperbolehkan kembali

Slideshow

Lombok Incar Wisman Lewat Wisata Bahari

Lobster juga dijadikan sebagai pendukung wisata bahari  Lombok Wisata bahari semakin populer di Tanah Air sejak Presiden Jokowi mengandalkan potensi wisata bahari untuk mewujudkan target 20 juta wisatawan mancanegara berkunjung

Slideshow

GIPI Dukung Pemerintah Majukan Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjadi keynote speaker dalam Rakernas & Munas I GIPI tahun 2016 di Bandung , Senin (25/7/2016) (Ist) Begitu terpilih sebagai Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI),

Indonesiaku

Siswa SMA Maluku Ikut Creativeleadership

Logo Hari Pers Nasional (HPN) 2017 (Ist) Rangkaian kegiatan pra Hari Pers Nasional (HPN) 2017 kembali dilakukan di Maluku sebagai tuan rumah HPN 2017. Kali ini, panitia HPN 2017 menyelenggarakan

Cuisine

Wedang Coklat Ala Chef Chitra

Wedang Coklat ala Chef Chitra (Ist) Wedang selama ini dikenal identik sebagai minuman tradisional khas Indonesia, khususnya dari tanah Jawa. Minuman ini pas diminum saat udara dingin lantaran dianggap bisa