Wayang Palembang, Daya Tarik Turis Tiongkok ke Sumsel

irene

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga (kanan) bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sadar begitu besar potensi wisatawan Tiongkok yang suka jalan-jalan keliling dunia, termasuk ke Indonesia.

Ya, turis asal Tiongkok diketahui sebanyak 100 juta warga Negeri Tirai Bambu ini yang setiap tahun kerap berlibur ke luar negeri. Menariknya Sumsel pun tidak mau ketinggalan mengincar wisatawan asal Tiongkok untuk berkunjung ke Bumi Sriwijaya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga menjelaskan ketika dihubungi patainanews.com, Senin (5/9/2016), Wayang Palembang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatwan asal Tiongkok untuk berkunjung ke Bumi Sriwijaya.

Irene mengarakan, Sumsel berani membidik wisatawan Tingkok lantaran Bumi Sriwijaya ini memiliki kedekatan secara historis yang ditandai adanya beberapa lokasi wisata berlatar budaya negara Tirai Bambu itu.

“Pulau Kemaro selalu dipadati ribuan warga keturunan Tionghoa untuk merayakan Imlek karena ada Kelenteng Hok Tjing Rio dan berkembangnya legenda cari jodoh. Ini contohnya,” katanya.

Untuk itu, menurut Irene, saat ini Pemprov Sumsel tengah menggencarkan promosi wisata jalur sutra perjalanan Laksamana Cheng Ho.

Perempuan berparas manis ini menuturkan bahwa promosi itu dilakukan dengan mengunjungi kedutaan dan biro perjalanan untuk menginformasikan mengenai paket wisata jalur sutra ini.

Ia menerangkan, pada tahun ini Sumsel menargetkan jumlah kunjungan wisatawan China naik 10 persen dari capaian tahun 2014 silam, yakni berkisar 8.000 orang.

“Hampir seluruh negara di Asia membidik wisatawan asal Tiongkok tapi Kota Palembang memiliki daya tarik sendiri karena dalam sejarah disebutkan menjadi tempat persinggahan Laksamana Cheng Ho hingga tiga kali,” tuturnya.

Adapun Kota Palembang memiliki sejumlah potensi wisata, yakni wisata religi, wisata kuliner, wisata belanja, dan wisata sejarah.

Ya, Pemprov Sumsel menargetkan peningkatan jumlah wisatawan sebanyak 10 persen pada tahun ini setelah pada 2015 lalu mencapai 5.753.280 wisatawan.

Sedangkan wisatawan mancanegara berjumlah 48.321 orang atau naik 49,30 persen dari tahun 2014 yakni 32.365 wisman. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Destinations

‘Core Business Indonesia Adalah Pariwisata’

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Setelah kunjungan kerja (kunker) dalam rangkaian menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G 20 dan ASEAN ke Tiongkok dan Laos, Presiden Jokowi punya kesan yang sangat

Slideshow

Polygon Sinergi dengan Media Massa Kembangkan Sport Tourism di Indonesia

Pesepeda menggunakan sepeda Polygon (Ist) Komunitas dan media massa menjadi aset penting bagi perusahaan dalam bisnis apapun. Peran media massa dan komunitas tak bisa dipungkiri mampu mendukung setiap langkah strategis

World Heritage

PHRI NTB Apresiasi Menteri Pariwisata Kembangkan Pariwisata

Tiga sosok pengembangan pariwisata NTB (Ist) PHRI Nusa Tenggara Barat (NTB) menyampaikan apresiasi kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya yang serius mengembangkan potensi pariwisata yang ada di NTB. Hal tersebut disampaikan

Slideshow

Gorontalo Promosi Potensi Pariwisata

Pulau Cinta di Gorontalo (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Gubernur Gorontalo Ruslie Habibie memperkenalkan Calender of  Event Gorontalo 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor

Slideshow

Program KBL Wujud Nyata Pelindo III Hadir untuk Negeri

Toto Heli Yanto, Direktur SDM dan Umum PT Pelindo III (kiri) (Ist) PT Pelabuhan Indonesia III atau yang biasa dikenal dengan Pelindo III memiliki dua tanggung jawab sosial sebagai bagian

Airlines

Pesona MesaStila Peaks Challenge 2016 Ikut Promosikan Joglosemar

Press Conference Pesona MesaStila Peaks Challenge 2016 (Ist) Potensi wisata Indonesia terus menarik minat wisatawan mancanegara (wisman). Sport tourism sepertinya efektif untuk mendatangkan wisman. Lomba lari lintas alam Ultra Trail bertema