Win-Win Solution Garuda Indonesia dan ASTINDO

Pesawat Garuda Indonesia (Ist)

Setelah beberapa kali mengadakan pertemuan dengan perwakilan dari PT Garuda Indonesia Tbk untuk menyampaikan keberatan atas rencana pemberlakuan penundaan pembayaran komisi ke Travel Agent, dan setelah berupaya meredam gejolak dari para travel agent yang berada di Jakarta maupun di daerah, Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) memilih untuk mengambil langkah berdiskusi dan bernegosiasi dengan manajemen maskapai penerbangan nasional ini untuk mendapatkan win-win solution hingga akhirnya Garuda selaku pembuat kebijakan, maka Kamis, 10 Januari 2019 lalu telah menetapkan kebijakannya yang dapat diterima oleh para Travel Agent sebagai mitranya.

Ketua Umum DPP ASTINDO Elly Hutabarat menjelaskan, hasil diskusi dan negosiasi tersebut membuahkan kesepakatan yang bertujuan memperbaiki ekosistem bisnis antara Garuda Indonesia & Travel Agent. Adapun kesepakatan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Garuda Indonesia tetap akan memberikan Travel Agent, service fee dan sales fee untuk penjualan tiket internasional dan service fee untuk penjualan tiket domestik. Besarnya sales fee tersebut akan diperoleh sesuai dengan pencapaian minimum penjualan yang telah ditargetkan maskapai penerbangan nasional ini kepada Travel Agent.
  • Garuda Indonesia mengakomodir keberatan yang disampaikan ASTINDO terutama mengenai pembayaran sales fee yang sedianya dibayarkan “after segment flown” berubah menjadi “after ticket issued”
  • Garuda Indonesia sedang mengajukan agar tidak ada minimum target penjualan untuk tiket domestik sehingga setiap Travel Agent yang menjual akan tetap mendapatkan sales fee.
  • Garuda Indonesia akan memfasilitasi pertemuan dengan Kementerian Keuangan dan BPK terkait dengan aturan tidak diperbolehkannya menambahkan service fee pada penjualan tiket yang dijual kepada instansi pemerintahan yang menjadi klien dari Travel Agent mengingat margin dari penjualan tiket yang didapat Travel Agent relatif kecil ditambah periode pembayaran dari instansi pemerintahan yang cukup lama.

“Peraturan atas hasil kesepakatan tersebut berlaku setelah ada keputusan dari FGD yang dilakukan Garuda Indonesia dengan ASTINDO yang juga dihadiri asosiasi lainnya, yaitu ASITA,” tuturnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

ASTINDO bersama ASITA dalam pertemuan tersebut  bekerja sama dalam membela kepentingan travel agent di Indonesia. ASTINDO memberikan masukan agar Garuda mengajak stakeholder-nya berdialog terlebih dahulu sebelum memutuskan kebijakan-kebijakan baru, sehingga dapat bersama-sama memutuskan yang terbaik di industrinya masing-masing.

ASTINDO berterima kasih kepada manajemen Garuda Indonesia yang membuka dialog dengan ASTINDO sebagai mitra dan tangan maskapai penerbangan nasional ini dalam memasarkan dan menjual produk – produk Garuda Indonesia. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

SightSeeing

ICE Optimistis Indonesia Jadi Wisata Utama Dunia

Presiden Director Deutsche Messe Venue Operations selaku pengelola ICE Aage Hansen (kedua dari kiri) berfoto bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya didampingi jajaran Kementerian Pariwisata dan manajemen ICE (Ist) Manajemen ICE

Cuisine

BWJ Sambut Positif Upaya Pemerintah Bangun 20 Ribu Homestay Desa Wisata

Wisatawan Nusantara di Tanjung Lesaung, Banten (Ist) Pemerintah diketahui menargetkan tahun ini bisa membangun 20 ribu Homestay Desa Wisata, termasuk di 10 Bali baru, yakni 10 destinasi wisata prioritas yang

All About Indonesia

Darmono Dorong Percepatan Pembangunan dengan Konsep Kelola Shopping Mall

Founder dan Chairman PT Jababeka Tbk SD Darmono (kiri) (Ist) Founder dan Chairman PT Jababeka Tbk SD Darmono mendorong percepatan pembangunan dengan konsep mengelola  shopping mall. Hal tersebut tertuang dalam diskusi

Slideshow

Kunjungi Festival Pesona Cirebon

Festival Pesona Cirebon (Ist) Festival Pesona Cirebon diselenggarakan pada 31 Maret hingga 2 April mendatang oleh Keraton Kasepuhan dan Pemerintah Cirebon, Jawa Barat. Acara ini merupakan awal mula deklarasi Cirebon

Cuisine

Ambar Ikut Melestarikan Kain Nusantara

Halimah Munawir Anwar (ketiga dari kiri di baris depan) Pariwisata Indonesia sudah pasti tidak bisa dipisahkan dengan budaya khas Nusantara, dan kearifan lokal sebab selama ini budaya negeri ini dan

Tourism

Maskapai Penerbangan Nasional Mengkhawatirkan

Ilustrasi Batik Air (Ist) Jasa moda transportasi udara selama ini masih menjadi andalan bagi wisatawan menuju destinasi wisata yang menarik. Namun, keselamatan penerbangan tentunya menjadi prioritas. Lembaga survei penerbangan dunia, AirlineRatings.com merilis