Wisata Bahari Andalan Pariwisata RI

kotabaru

Samber Gelap di Kotabaru, Kalimantan Selatan punya potensi wisata bahari (Ist)

Sektor pariwisata Nusantara kini semakin seksi lantaran industri pariwisata Indonesia disebut menjadi andalan untuk menopang pertumbuhan ekonomi di dalam negeri di tengah melemahnya perekonomian nasional. Bahkan, wisata bahari dinilai strategis menjadi urat nadi pariwisata, menyumbang devisa negara, dan mampu mengurangi tingkat kemiskinan penduduk.

Hal itu mengemuka dalam Seminar Pesona Wisata Bahari bertema ‘Optimalisasi Wisata Bahari sebagai Keunggulan Pariwisata di Indonesia’ di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (6/2/2016). Adapun seminar mengenai wisata bahari ini merupakan rangkaian peringatan Hari Pers Nasional 2016.

Hadir sebagai narasumber antara lain Penasihat Kehormatan Kementerian Pariwisata Indroyono Soesilo, Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin, Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Kementerian Perhubungan Kapten Karolus Sengadji, budayawan Taufik Rahzen, pengajar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram Prayitno Basuki, dan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Lombok Utara Ahmad Rifai.

Indroyono menjelaskan, wisata bahari menjadi unggulan dalam destinasi wisata prioritas nasional. Menariknya dari 10 destinasi wisata prioritas, tujuh destinasi di antaranya merupakan wisata bahari. Seperti diketahui, destinasi itu meliputi Tanjung Kelayang (Bangka Belitung), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung (Banten), KEK Mandalika (NTB), Komodo (Nusa Tenggara Timur), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan KEK Pulau Morotai (Maluku Utara).

Presiden Jokowi menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) 20 juta orang hingga 2019 mendatang, kontribusi wisman dari wisata bahari ditargetkan 4 juta orang atau 20 persen. Pada tahun ini, tingkat kunjungan wisman untuk wisata bahari ditargetkan 1,8 juta orang atau tumbuh dibandingkan 2015 sebanyak 1,3 juta wisman. Selama ini wisman yang mendominasi wisata bahari di Indonesia berasal dari Eropa dan Australia.

Devisa yang diperoleh dari kapal wisata besar terbilang besar, yakni mencapai 100 dollar AS per orang per hari. Sedangkan Taufik mengingatkan, potensi wisata bahari Indonesia telah diketahui dunia sejak lampau. Perjalanan laut melintasi Nusantara telah dilakukan Alfred Russel Wallace pada 1854-1862 silam.

Dan, Karolus mengemukakan, pelayanan kapal wisata asing terus diperbaiki dengan layanan satu atap di pelabuhan maksimal satu hari, mencakup proses karantina, kepabeanan, imigrasi, dan pelabuhan. Pintu masuk-keluar kapal wisata asing saat ini tersebar di 18 pelabuhan. Pihaknya pun mengharapkan kerja sama pemerintah daerah dengan swasta memperbanyak marina.

Amin berkeyakinan, sektor pariwisata bisa menjadi solusi pertumbuhan ekonomi dan menggerakkan industri di tengah melemahnya perdagangan komoditas. Dengan panjang garis pantai 2.333 kilometer dan sebaran 278 pulau-pulau kecil atau gili, NTB dinilai sangat relevan menjadi destinasi utama wisata bahari.

Pihaknya pun membuka diri bagi investor untuk menanamkan modal di sektor pariwisata. Prayitno Basuki menilai, pengembangan pariwisata yang terkait erat dengan sektor lainnya diyakini mampu menurunkan tingkat kemiskinan masyarakat. Pendapat senada dikemukakan Ahmad Rifai yang juga pengelola PT Blue Marlin Dive.

Dan, masih banyak pulau kecil di Indonesia yang memiliki potensi wisata yang besar. Namun, pengembangan pariwisata secara utuh perlu melibatkan masyarakat lokal dengan memberikan akses untuk mengembangkan usaha melalui pelatihan dan sosialisasi. Adapun patainanews.com berkesempatan hadir mengikuti puncak peringatan HPN 2016 di Lombok juga didukung d’Praya Lombok Hotel dan Warteg Kharisma Bahari (WKB). Rangkaian peringatan HPN 2016 dimulai dari berlayar dari Surabaya, Jawa Timur, Jumat (5/2/2016) menggunakan kapal perang TNI AL KRI Makassar 590 yang tiba di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Sabtu (6/2/2016). (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Airlines

Desember, Terbang dengan Helikopter ke Bandung

CEO Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja (Ist) Mulai 4 Desember mendatang, wisatawan yang mau traveling ke Bandung bisa menggunakan jasa helikopter. Menggnunakan moda transportasi udara jenis helikopter akan menambah pengalaman baru

Nature

Traveling dengan Kereta Api Wisata

Kereta Api Wisata nyaman (Ist) Mungkin masih banyak wisatawan yang belum mengenal PT Kereta Api Pariwisata seperti ketika traveler mengenal PT Kereta Api Indonesia. Adapun PT Kereta Api Pariwisata salah

Slideshow

Kaltara Dukung Menteri Pariwisata Majukan Pariwisata Indonesia

Pembukaan Kaltara Explore 2015 di TMII Pemerintah provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mendukung upaya Menteri Pariwisata Arief Yahya mengembangkan pariwisata Indonesia hingga ke mancanegara sebab sektor pariwisata kini menjadi andalan mendulang

Tourism

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Dukung Revindia Carina

Pemerintah kabupaten Banyuwangi memastikan mendukung Revindia Carina, 1st Runner Up Putri Pariwisata Indonesia 2017 yang akan mengikuti ajang Miss Tourism Queen International 2018 di Bangkok, Thailand mulai 8 hingga 16

Indonesiaku

Toleransi di Indonesia Sudah Teruji

Tito Hananta Kusuma (Ist) Toleransi di negeri ini sudah teruji sebab sudah sejak lama Indonesia yang beragam mampu hidup bersama dalam NKRI. Pengacara RM Tito Hananta Kusuma sebagai salah satu

Investments

Investor Asing Jajaki Investasi Pariwisata di Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya didampingi Ketua Tim Pokja 10 Destinasi Prioritas Hiramsyah S Thaib yang menerima audiensi CEO Wellington Capital Advisory (WCA) David Burke di Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, Selasa