Wisata Bahari Andalan Pariwisata RI

kotabaru

Samber Gelap di Kotabaru, Kalimantan Selatan punya potensi wisata bahari (Ist)

Sektor pariwisata Nusantara kini semakin seksi lantaran industri pariwisata Indonesia disebut menjadi andalan untuk menopang pertumbuhan ekonomi di dalam negeri di tengah melemahnya perekonomian nasional. Bahkan, wisata bahari dinilai strategis menjadi urat nadi pariwisata, menyumbang devisa negara, dan mampu mengurangi tingkat kemiskinan penduduk.

Hal itu mengemuka dalam Seminar Pesona Wisata Bahari bertema ‘Optimalisasi Wisata Bahari sebagai Keunggulan Pariwisata di Indonesia’ di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (6/2/2016). Adapun seminar mengenai wisata bahari ini merupakan rangkaian peringatan Hari Pers Nasional 2016.

Hadir sebagai narasumber antara lain Penasihat Kehormatan Kementerian Pariwisata Indroyono Soesilo, Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin, Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Kementerian Perhubungan Kapten Karolus Sengadji, budayawan Taufik Rahzen, pengajar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram Prayitno Basuki, dan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Lombok Utara Ahmad Rifai.

Indroyono menjelaskan, wisata bahari menjadi unggulan dalam destinasi wisata prioritas nasional. Menariknya dari 10 destinasi wisata prioritas, tujuh destinasi di antaranya merupakan wisata bahari. Seperti diketahui, destinasi itu meliputi Tanjung Kelayang (Bangka Belitung), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung (Banten), KEK Mandalika (NTB), Komodo (Nusa Tenggara Timur), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan KEK Pulau Morotai (Maluku Utara).

Presiden Jokowi menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) 20 juta orang hingga 2019 mendatang, kontribusi wisman dari wisata bahari ditargetkan 4 juta orang atau 20 persen. Pada tahun ini, tingkat kunjungan wisman untuk wisata bahari ditargetkan 1,8 juta orang atau tumbuh dibandingkan 2015 sebanyak 1,3 juta wisman. Selama ini wisman yang mendominasi wisata bahari di Indonesia berasal dari Eropa dan Australia.

Devisa yang diperoleh dari kapal wisata besar terbilang besar, yakni mencapai 100 dollar AS per orang per hari. Sedangkan Taufik mengingatkan, potensi wisata bahari Indonesia telah diketahui dunia sejak lampau. Perjalanan laut melintasi Nusantara telah dilakukan Alfred Russel Wallace pada 1854-1862 silam.

Dan, Karolus mengemukakan, pelayanan kapal wisata asing terus diperbaiki dengan layanan satu atap di pelabuhan maksimal satu hari, mencakup proses karantina, kepabeanan, imigrasi, dan pelabuhan. Pintu masuk-keluar kapal wisata asing saat ini tersebar di 18 pelabuhan. Pihaknya pun mengharapkan kerja sama pemerintah daerah dengan swasta memperbanyak marina.

Amin berkeyakinan, sektor pariwisata bisa menjadi solusi pertumbuhan ekonomi dan menggerakkan industri di tengah melemahnya perdagangan komoditas. Dengan panjang garis pantai 2.333 kilometer dan sebaran 278 pulau-pulau kecil atau gili, NTB dinilai sangat relevan menjadi destinasi utama wisata bahari.

Pihaknya pun membuka diri bagi investor untuk menanamkan modal di sektor pariwisata. Prayitno Basuki menilai, pengembangan pariwisata yang terkait erat dengan sektor lainnya diyakini mampu menurunkan tingkat kemiskinan masyarakat. Pendapat senada dikemukakan Ahmad Rifai yang juga pengelola PT Blue Marlin Dive.

Dan, masih banyak pulau kecil di Indonesia yang memiliki potensi wisata yang besar. Namun, pengembangan pariwisata secara utuh perlu melibatkan masyarakat lokal dengan memberikan akses untuk mengembangkan usaha melalui pelatihan dan sosialisasi. Adapun patainanews.com berkesempatan hadir mengikuti puncak peringatan HPN 2016 di Lombok juga didukung d’Praya Lombok Hotel dan Warteg Kharisma Bahari (WKB). Rangkaian peringatan HPN 2016 dimulai dari berlayar dari Surabaya, Jawa Timur, Jumat (5/2/2016) menggunakan kapal perang TNI AL KRI Makassar 590 yang tiba di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Sabtu (6/2/2016). (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Festival

JAS Apresiasi Emirates Dekatkan Wisatawan ke 10 Bali Baru

JAS memyambut Emirates yang menambah frekuensi penerbangan ke Bali (Ist) Manajemen PT Jasa Amgkasa Semesta (JAS), perusahaan ground handling swasta nasional menyambut positif Emirates yang menambah frekuensi penerbangan dari Dubai ke

Slideshow

Dukung HPN 2017, Kemenpar Gelar Pameran dengan Dua Tema Berkelas

Logo HPN 2017 (Ist) Hari Pers Nasional (HPN) 2017 yang akan dilaksanakan di Ambon, Maluku pada 4 Februari hingga 10 Februari mendatang sepertinya akan semakin bertambah meriah. Itu setelah Kementerian

Cuisine

Bali Aman untuk Wisatawan

Menteri Pariwisata Arief Yahya berdiskusi dengan wisatawan mancanegara di Bali (Ist)  Gubernur Bali Made Mangku Pastika terus mengawal penanganan isu erupsi Gunung Agung di Karangasem. Sebanyak 33 konsulat jenderal dan honorary

Festival

Keliling Indonesia Selama Long Weekend

Destinasi wisata bahari di Tanjung Lesung. Wisatawan bisa menikmati diving (Ist) Kabar gembira buat wisatawan, baik wisatawan domestik maupun turis asing lantaran di Indonesia akan ada libur panjang lantaran ada

Festival

Ikut PATA Gold Awards 2016

PATA Gold Awards 2016 (Ist) PATA Indonesia Chapter mengajak pemerintah daerah, member PATA Indonesia, pelaku bisnis pariwisata nasional untuk bergabung dengan PATA Gold Awards 2016. Senada dengan PATA Indonesia Chapter,

Culture

TIC Melayani Wisatawan Mancanegara ke Indonesia

Putri Pariwisata Indonesia 2016 Lois Merry Tangel (Ist) Keberadaan Tourist Information Center (TIC) di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dinilai akan banyak membantu traveler, termasuk wisatawan mancanegara (wisman) yang membutuhkan informasi