Wisata Bahari Andalan Pariwisata RI

kotabaru

Samber Gelap di Kotabaru, Kalimantan Selatan punya potensi wisata bahari (Ist)

Sektor pariwisata Nusantara kini semakin seksi lantaran industri pariwisata Indonesia disebut menjadi andalan untuk menopang pertumbuhan ekonomi di dalam negeri di tengah melemahnya perekonomian nasional. Bahkan, wisata bahari dinilai strategis menjadi urat nadi pariwisata, menyumbang devisa negara, dan mampu mengurangi tingkat kemiskinan penduduk.

Hal itu mengemuka dalam Seminar Pesona Wisata Bahari bertema ‘Optimalisasi Wisata Bahari sebagai Keunggulan Pariwisata di Indonesia’ di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (6/2/2016). Adapun seminar mengenai wisata bahari ini merupakan rangkaian peringatan Hari Pers Nasional 2016.

Hadir sebagai narasumber antara lain Penasihat Kehormatan Kementerian Pariwisata Indroyono Soesilo, Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin, Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Kementerian Perhubungan Kapten Karolus Sengadji, budayawan Taufik Rahzen, pengajar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram Prayitno Basuki, dan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Lombok Utara Ahmad Rifai.

Indroyono menjelaskan, wisata bahari menjadi unggulan dalam destinasi wisata prioritas nasional. Menariknya dari 10 destinasi wisata prioritas, tujuh destinasi di antaranya merupakan wisata bahari. Seperti diketahui, destinasi itu meliputi Tanjung Kelayang (Bangka Belitung), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung (Banten), KEK Mandalika (NTB), Komodo (Nusa Tenggara Timur), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan KEK Pulau Morotai (Maluku Utara).

Presiden Jokowi menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) 20 juta orang hingga 2019 mendatang, kontribusi wisman dari wisata bahari ditargetkan 4 juta orang atau 20 persen. Pada tahun ini, tingkat kunjungan wisman untuk wisata bahari ditargetkan 1,8 juta orang atau tumbuh dibandingkan 2015 sebanyak 1,3 juta wisman. Selama ini wisman yang mendominasi wisata bahari di Indonesia berasal dari Eropa dan Australia.

Devisa yang diperoleh dari kapal wisata besar terbilang besar, yakni mencapai 100 dollar AS per orang per hari. Sedangkan Taufik mengingatkan, potensi wisata bahari Indonesia telah diketahui dunia sejak lampau. Perjalanan laut melintasi Nusantara telah dilakukan Alfred Russel Wallace pada 1854-1862 silam.

Dan, Karolus mengemukakan, pelayanan kapal wisata asing terus diperbaiki dengan layanan satu atap di pelabuhan maksimal satu hari, mencakup proses karantina, kepabeanan, imigrasi, dan pelabuhan. Pintu masuk-keluar kapal wisata asing saat ini tersebar di 18 pelabuhan. Pihaknya pun mengharapkan kerja sama pemerintah daerah dengan swasta memperbanyak marina.

Amin berkeyakinan, sektor pariwisata bisa menjadi solusi pertumbuhan ekonomi dan menggerakkan industri di tengah melemahnya perdagangan komoditas. Dengan panjang garis pantai 2.333 kilometer dan sebaran 278 pulau-pulau kecil atau gili, NTB dinilai sangat relevan menjadi destinasi utama wisata bahari.

Pihaknya pun membuka diri bagi investor untuk menanamkan modal di sektor pariwisata. Prayitno Basuki menilai, pengembangan pariwisata yang terkait erat dengan sektor lainnya diyakini mampu menurunkan tingkat kemiskinan masyarakat. Pendapat senada dikemukakan Ahmad Rifai yang juga pengelola PT Blue Marlin Dive.

Dan, masih banyak pulau kecil di Indonesia yang memiliki potensi wisata yang besar. Namun, pengembangan pariwisata secara utuh perlu melibatkan masyarakat lokal dengan memberikan akses untuk mengembangkan usaha melalui pelatihan dan sosialisasi. Adapun patainanews.com berkesempatan hadir mengikuti puncak peringatan HPN 2016 di Lombok juga didukung d’Praya Lombok Hotel dan Warteg Kharisma Bahari (WKB). Rangkaian peringatan HPN 2016 dimulai dari berlayar dari Surabaya, Jawa Timur, Jumat (5/2/2016) menggunakan kapal perang TNI AL KRI Makassar 590 yang tiba di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Sabtu (6/2/2016). (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Airlines

Kalyana Leather Handbags di Panggung IFW 2018

Berita Foto: Kalyana Leather Handbags, motif Batik campur dengan teknologi laser tampil di panggung fashion show Indonesia Fashion Week (IFW) 2018 pada Minggu (1/4/2018) (Ist) (Gabriel Bobby)

Tourism

Selamat Ulang Tahun Presiden RI Jokowi

Manajemen, Staf, dan Redaksi patainanews.com mengucapkan Selamat Ulang Tahun Presiden RI Jokowi ke-55 Semoga Pariwisata Bisa Menjadi Masa Depan Indonesia 

All About Indonesia

Merawat Keberagaman di Banyuwangi

Ilustrasi Gua Natal Gereja Katolik (Ist) Perayaan Natal 25 Desember 2016 di Indonesia belum usai. Ada cerita menarik di Banyuwangi, Jawa Timur saat malam Natal yang disampaikan umat Katolik di

Nature

Tidar Heritage Foundation Menutup 2017 Gelar Sedekah Bumi

Agung, koordinator THF (kiri) bersama Dalang Karto Wijaya, pimpinan Warisan Pusaka Jaya Group (Ist) Tidar Heritage Foundation (THF) menggelar pertunjukkan wayang kulit Betawi di depan pintu masuk Bekasi Power, Cikarang. Adapun

Investments

Pelindo Daya Sejahtera Bersiap Lakukan Ekspansi Usaha

Logo PT Pelindo III (Ist) PT Pelindo Daya Sejahtera (PDS) pada tahun ini genap berusia dua tahun, tepatnya 19 Maret 2016. Hari jadi diperingati secara sederhana, diawali dengan makan bersama

Hotel

Silakan ke Jakarta

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist) Kendati sempat membuat warga terlihat ketar-ketir, aksi teror yang terjadi di kawasan Sarinah, Jakarta pada Kamis (14/1/2016) silam tak membuat wisatawan asing buru–buru meninggalkan