Wisata Bahari Berkembang Didukung Infrastruktur

wwf

WWF (Ist)

Pariwisata di Indonesia, termasuk potensi bisnis wisata bahari akan berkembang dengan adanya dukungan peningkatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas kepariwisataan, seperti akomodasi, transportasi, komunikasi, dan lainnya.

Dan, pemerintah harus bisa menghadapi tantangan dalam upaya mengembangkan wisata bahari negeri ini. “Tantangan terbesar dari pengelolaan usaha-usaha pariwisata bahari adalah pertumbuhan populasi wisatawan dan pengelola bisnis kepariwisataan berpeluang memberi tekanan terhadap sumber daya alam,” papar Indar Aminuddin, Marine Tourism Coordinator WWF Indonesia ketika dihubungi patainanews.com belum lama ini.

Indar menuturkan bahwa peningkatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas kepariwisataan, seperti akomodasi, transportasi, komunikasi, dan lainnya.

Namun, lanjutnya, pembangunan ini berdampak pada bentang alam dan memberikan tekanan pada sumber daya. “Pemerintah dihadapkan pada tantangan untuk memiliki data carrying capacity, dimana kemudian dengan data ini pemerintah bisa memiliki regulasi jelas seberapa besar pertumbuhan fasilitas kepariwisataan bisa dilakukan di sebuah wilayah dan bisa mengurangi kerusakan ekosistem dan mengurangi jejak ekologi,” paparnya.

Ia menjelaskan, diperlukan juga praktik-praktik yang menunjang kepariwisataan dengan standar tinggi, baik oleh wisatawan maupun pelaku usaha.

Karenanya WWF Indonesia dalam program kepariwisataan bahari bertanggung jawab ikut mengambil bagian dengan memperkuat praktik-praktik terbaik tersebut, dan mendorong semua pihak, baik wisatawan dan pelaku usaha kepariwisataan serta pemerintah secara bersama mendorong pengelolaan kepariwisataan berkelanjutan di Indonesia. (Gabriel Bobby)

 

 

About author



You might also like

Culture

Korsel Kritik Menteri Pariwisata untuk Majukan Pariwisata Indonesia

Foto bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama delegasi Indonesia, termasuk Presiden Direktur PT Jababeka Tbk Budianto Liman (keempat dari kiri) dengan Minister of Culture, Sports and Tourism of Republic of

Slideshow

‘Buwas Pasti Bersihkan Bulog’

Ucapan selamat untuk Komjen (Purn) Buwas dari Toto Hananta (Ist) Pengacara Tito Hananta menyampaikan apresiasi terhadap Komjen (Purn) Budi Waseso (Buwas) yang kini dipercaya sebagai sebagai direktur utama Perum Bulog.

Tour Package

Menanti PATA Travel Mart 2016

  Chairman PATA Indonesia Chapter SD Darmono Indonesia tahun depan mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah pameran pariwisata dan kegiatan perdagangan bertaraf internasional yang diselenggarakan oleh Pacific Asia Travel Association (PATA).

Tour Package

Kemenpar Dukung Asian Games 2018 Lewat Kuis Wonderful People

Kuis Wonderful People (Ist) Dalam rangka memeriahkan Asian Games 2018 yang akan berlangsung Agustus mendatang Kementerian Pariwisata ikut memberikan dukungan dengan mengadakan kuis Wonderful People yang hadiahnya mempertemukan tokoh/influencer dengan

Tour Package

100.000 Homestay Jadi ‘Trending Topic’ di PBB

Menteri Pariwisata Arief Yahya didampingi Duta Besar RI di Madrid Yuli Mumpuni memenuhi Undangan HE Dr Taleb Rifai, Sekjen UNWTO di Madrid, Spanyol (Ist)  Tema yang paling heboh dalam pertemuan

Nature

151 Paket Wisata Disiapkan Sambut Asian Games 2018

ASIAN GAMES 2018 di Jakarta dan Palembang (Ist) Indonesia akan menjadi tuan rumah perhelatan pesta olah raga Asian Games 2018. Berbagai hal telah dipersiapkan guna menyambut kehadiran puluhan ribu atlet