Wisata Bahari Berkembang Didukung Infrastruktur

wwf

WWF (Ist)

Pariwisata di Indonesia, termasuk potensi bisnis wisata bahari akan berkembang dengan adanya dukungan peningkatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas kepariwisataan, seperti akomodasi, transportasi, komunikasi, dan lainnya.

Dan, pemerintah harus bisa menghadapi tantangan dalam upaya mengembangkan wisata bahari negeri ini. “Tantangan terbesar dari pengelolaan usaha-usaha pariwisata bahari adalah pertumbuhan populasi wisatawan dan pengelola bisnis kepariwisataan berpeluang memberi tekanan terhadap sumber daya alam,” papar Indar Aminuddin, Marine Tourism Coordinator WWF Indonesia ketika dihubungi patainanews.com belum lama ini.

Indar menuturkan bahwa peningkatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas kepariwisataan, seperti akomodasi, transportasi, komunikasi, dan lainnya.

Namun, lanjutnya, pembangunan ini berdampak pada bentang alam dan memberikan tekanan pada sumber daya. “Pemerintah dihadapkan pada tantangan untuk memiliki data carrying capacity, dimana kemudian dengan data ini pemerintah bisa memiliki regulasi jelas seberapa besar pertumbuhan fasilitas kepariwisataan bisa dilakukan di sebuah wilayah dan bisa mengurangi kerusakan ekosistem dan mengurangi jejak ekologi,” paparnya.

Ia menjelaskan, diperlukan juga praktik-praktik yang menunjang kepariwisataan dengan standar tinggi, baik oleh wisatawan maupun pelaku usaha.

Karenanya WWF Indonesia dalam program kepariwisataan bahari bertanggung jawab ikut mengambil bagian dengan memperkuat praktik-praktik terbaik tersebut, dan mendorong semua pihak, baik wisatawan dan pelaku usaha kepariwisataan serta pemerintah secara bersama mendorong pengelolaan kepariwisataan berkelanjutan di Indonesia. (Gabriel Bobby)

 

 

About author



You might also like

Tourism

Perayaan Natal Bersama Discovery Hotels & Resorts

Christmas Eve Buffet di Hotel Borobudur Jakarta (Ist) Pada Desember 2015 yang penuh dengan suka cita, Discovery Hotels & Resorts merayakan Natal dengan menawarkan berbagai macam acara kepada para tamu.

Heritage

10 Destinasi Layak Kunjung 2016

Samber Gelap (Ist) Tahun ini boleh disebut menjadi tahun istimewa bagi pariwisata Indonesia. Pada awal tahun ini, sektor pariwisata yang menjadi leading sector pembangunan sudah meraih dua penghargaan bergengsi, yakni

SightSeeing

Wonderful Indonesia The Best Destination Marketing 2016

Asdep Pengembangan Pemasaran Mancanegara Wilayah ASEAN Rizki Handayani Mustafa yang menerima plakat penanda apresiasi dari pilihan pembaca Travel Weekly Asia (Ist) Satu lagi reputasi internasional ditorehkan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Festival

Wisata Bahari Tema PATA Travel Mart 2016

Menteri Pariwisata Arief Yahya (keempat dari kiri) berfoto bersama dengan PATA Internasional dan PATA Indonesia Chapter  Wisata bahari yang menjadi andalan pemerintah dalam upaya merealisasikan target Presiden Jokowi mendatangkan 20

Nature

Menteri Pariwasata Gandeng Menteri Perhubungan Majukan Pariwisata Belitong

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) dan Menteri Perhubungan Arief Yahya (Ist) Ketika dua menteri Kabinet Kerja kompak, keputusan cepat dan revolusioner membangun pariwisata Indonesi. Itulah yang terjadi pada Bandara

Destinations

Sumsel Siap Gelar International Musi Triboatton 2016

Jembatan Ampera di Palembang (Ist) Ajang sport tourism Internasional Musi Triboatton 2016 akan digelar pertengahan Mei mendatang, yakni 11 hingga 15 Mei 2016. Ajang ini akan diikuti 20 tim dari