Wisata Bahari Nusantara Diminati Wisman

Taman Laut Maumere

Presiden Jokowi menargetkan bisa mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia hingga 2019 mendatang. Dan, wisata bahari menjadi andalan untuk bisa mewujudkan target tersebut sehingga wisata bahari pun semakin populer di negeri ini.

Menariknya wisata bahari di Indonesia tersebar mulai dari ujung timur hingga barat negeri ini. Dan, wisata bahari memang selaras dengan fokus pemerintahan di era Presiden Jokowi lantaran mengedepankan pariwisata sebagai leading sector pembangunan nasional.

Ya, Indonesia memang dikenal sebagai negara yang memiliki beragam destinasi wisata sehingga banyak orang asing memutuskan untuk berlibur di negeri ini.

Sebagai negara kepulauan yang dikenal kaya akan bahari, Indonesia menjadi destinasi favorit traveler dunia untuk menikmati keindahan wisata bahari. Adapun wisata bahari, khususnya diving merupakan wisata yang paling diminati masyarakat Jerman di Indonesia.

Dan, wisata bahari memang melekat dalam pariwisata Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Demikian dipaparkan LA Hadi Faishal, Wakil Ketua PHRI NTB ketika dihubungi patainanews.com belum lama ini.

“Karena Lombok memiliki pulau-pulau kecil yang dikenal dengan Gili. Artinya potensi Gili itu menjadi andalan bagi berkembangnya wisata bahari di Lombok dan ini menjadi andalan utama menggaet wisatawan asing dari Australia dan Eropa maupun wisatawan Amerika Serikat,” ucapnya.

Menurut Hadi yang juga Ketua Dewan Penasihat ASITA NTB ini, penikmat wisata bahari terkini di Lombok juga datang dari Tiongkok, Taiwan, Korea dan Semenanjung Arab.

Hadi yang juga General Manager d’Praya Lombok Hotel ini menjelaskan, wisman selama ini terpesona dengan taman laut dan beribu corak ikan dan hewan laut lainnya sehingga memikat minat mereka untuk terus berkunjung ke Lombok.

Tak ketinggalan, lanjutnya, wisatawan domestik juga datang ke Lombok. “Turis asing dan wisatawan dalam negeri betah tinggal berlama-lama di kawasan pulau-pulau kecil sekitar Lombok,” tuturnya.

Ia mengakui pesona dan potensi wisata bahari juga telah membawa peningkatan arus kunjungan wisata ke Lombok, terutama wisatawan asing. Sementara menurut Petrus Bura, Staf di Dinas Pariwisata Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur, taman laut di Teluk Maumere diakui wisatawan asal Eropa, khususnya turis Spanyol sebagai taman laut terindah di dunia.

“Taman laut di Teluk Maumere sudah lama dikembangkan oleh (alm) Bapak Frans Seda. Namun, mengalami kerusakan parah saat terjadi gempa bumi di Flores tahun 1992 silam. Namun, saat ini sedang recovery kembali sehingga membuat turis Spanyol yang menyelam kagum dengan keindahannya,” urainya kepada patainanews.com beberapa waktu lalu.

Petrus menjelaskan, potensi wisata bahari di taman laut di Teluk Maumere bisa dikembangkan untuk diving karena keindahan terumbu karang dan biota laut yang ada.

Sedangkan dari wilayah Indonesia timur ada Pantai Wendu. “Pantai Wendu bisa dikembangkan sebagai pantai wisata,” kata anggota DPRD Merauke Heribertus Silvinus Silubun ketika ditemui patainanews.com di Jakarta belum lama ini.

Heri, begitu ia biasa disapa, mengaku optimistis Pantai Wendu yang ada di Merauke bisa dikembangkan menjadi pusat wisata bahari di Merauke. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

World Heritage

patainanews.com Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 2016

Hari Pers Nasional (HPN) 2016 (Ist) Manajemen, redaksi, dan staf patainanews.com mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2016 di Nusa Tenggara Barat (NTB). Adapun Presiden Jokowi dijadwalkan akan menghadiri puncak

Tourism

Indonesia Berpartisipasi di Australia Dive Expo 2017

Indonesia kaya akan wisata bahari. Kepulauan Seribu yang termasik dalam 10 Bali baru juga punya potensi wisata bahari (Ist)  Indonesia diwakili Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang memfasilitasi 10 operator diving dari

Slideshow

Genjot Wisata Halal, NTB Luncurkan Program Pesona Khazanah Ramadhan

Suasana launching Pesona Khazanah Ramadhan (Ist) Sebagai daerah yang menyandang predikat destinasi wisata Family Friendly terbaik, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan memaksimalkan momen Ramadan yang sudah di depan mata. NTB

Slideshow

Menyelamatkan Jakarta Tanpa Harus Membangun Gedung Baru

Menteri Kelautan dan Perikanan  Susi Pudjiastuti (ketiga dari kanan) tengah berbincang dengan SD Darmono, Founder Jababeka Group dan Chairman PT Pembangunan Kota Tua Jakarta (Ist) Jakarta sebagai Ibukota Republik Indonesia tengah

Hotel

‘PATA Travel Mart 2016 Sarana Perkenalkan Pariwisata Indonesia secara Efektif’

PATA Travel Mart 2016 (Ist) Penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di Indonesia pada September mendatang dinilai mampu memberikan dampak positif terhadap promosi pariwisata negeri ini hingga ke mancanegara sehingga bisa

Culture

2017, Festival Bahari Digelar di Badung

Ilustrasi wisatawan asing di Bali (Ist) Meski Pulau Dewata sudah terkenal, pemerintah kabupaten Badung, Bali berencana menyelenggarakan Festival Bahari untuk kali pertama pada tahun depan. Hal itu disampaikan Bupati Badung