Wisata Bahari Nusantara Diminati Wisman

Taman Laut Maumere

Presiden Jokowi menargetkan bisa mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia hingga 2019 mendatang. Dan, wisata bahari menjadi andalan untuk bisa mewujudkan target tersebut sehingga wisata bahari pun semakin populer di negeri ini.

Menariknya wisata bahari di Indonesia tersebar mulai dari ujung timur hingga barat negeri ini. Dan, wisata bahari memang selaras dengan fokus pemerintahan di era Presiden Jokowi lantaran mengedepankan pariwisata sebagai leading sector pembangunan nasional.

Ya, Indonesia memang dikenal sebagai negara yang memiliki beragam destinasi wisata sehingga banyak orang asing memutuskan untuk berlibur di negeri ini.

Sebagai negara kepulauan yang dikenal kaya akan bahari, Indonesia menjadi destinasi favorit traveler dunia untuk menikmati keindahan wisata bahari. Adapun wisata bahari, khususnya diving merupakan wisata yang paling diminati masyarakat Jerman di Indonesia.

Dan, wisata bahari memang melekat dalam pariwisata Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Demikian dipaparkan LA Hadi Faishal, Wakil Ketua PHRI NTB ketika dihubungi patainanews.com belum lama ini.

“Karena Lombok memiliki pulau-pulau kecil yang dikenal dengan Gili. Artinya potensi Gili itu menjadi andalan bagi berkembangnya wisata bahari di Lombok dan ini menjadi andalan utama menggaet wisatawan asing dari Australia dan Eropa maupun wisatawan Amerika Serikat,” ucapnya.

Menurut Hadi yang juga Ketua Dewan Penasihat ASITA NTB ini, penikmat wisata bahari terkini di Lombok juga datang dari Tiongkok, Taiwan, Korea dan Semenanjung Arab.

Hadi yang juga General Manager d’Praya Lombok Hotel ini menjelaskan, wisman selama ini terpesona dengan taman laut dan beribu corak ikan dan hewan laut lainnya sehingga memikat minat mereka untuk terus berkunjung ke Lombok.

Tak ketinggalan, lanjutnya, wisatawan domestik juga datang ke Lombok. “Turis asing dan wisatawan dalam negeri betah tinggal berlama-lama di kawasan pulau-pulau kecil sekitar Lombok,” tuturnya.

Ia mengakui pesona dan potensi wisata bahari juga telah membawa peningkatan arus kunjungan wisata ke Lombok, terutama wisatawan asing. Sementara menurut Petrus Bura, Staf di Dinas Pariwisata Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur, taman laut di Teluk Maumere diakui wisatawan asal Eropa, khususnya turis Spanyol sebagai taman laut terindah di dunia.

“Taman laut di Teluk Maumere sudah lama dikembangkan oleh (alm) Bapak Frans Seda. Namun, mengalami kerusakan parah saat terjadi gempa bumi di Flores tahun 1992 silam. Namun, saat ini sedang recovery kembali sehingga membuat turis Spanyol yang menyelam kagum dengan keindahannya,” urainya kepada patainanews.com beberapa waktu lalu.

Petrus menjelaskan, potensi wisata bahari di taman laut di Teluk Maumere bisa dikembangkan untuk diving karena keindahan terumbu karang dan biota laut yang ada.

Sedangkan dari wilayah Indonesia timur ada Pantai Wendu. “Pantai Wendu bisa dikembangkan sebagai pantai wisata,” kata anggota DPRD Merauke Heribertus Silvinus Silubun ketika ditemui patainanews.com di Jakarta belum lama ini.

Heri, begitu ia biasa disapa, mengaku optimistis Pantai Wendu yang ada di Merauke bisa dikembangkan menjadi pusat wisata bahari di Merauke. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Heritage

Tanjung Lesung Jadi Saksi Milky Way, Fenomena Alam yang Ditunggu Masyarakat Dunia

Foto: LAPAN Manajemen PT Banten West Java (BWJ), pengelola Tanjung Lesung mengaku bersyukur destinasi wisata Tanjung Lesung bisa menjadi venue saksi fenomena alam yang luar biasa, Milky Way pada Sabtu,

SightSeeing

PT JAS Dukung Penyelenggaraan Asian Para Games 2018

Asian Para Games I2018 yang akan berlangsung di Jakarta mulai 6 hingga 13 Oktober mendatang akan diikuti 2.888 atlet difabel dan 1.826 ofisial dari 41 negara di benua Asia, termasuk

Heritage

Yogyakarta Kaya akan Budaya untuk Menarik Minat Turis Asing

Wisatawan asing menikmati kunjungan di Yogyakarta (Ist) Keraton selama ini dikenal sebagai destinasi utama di kota Yogyakarta. Namun, tak hanya keraton lantaran Yogyakarta kaya akan budaya yang bisa diandalkan untuk

Nature

Teknologi Digital untuk Keberhasilan Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, teknologi digital berperan penting untuk mengembangkan pariwisata di Indonesia. Dan cara itu dirasa paling tepat diera milenial saat ini.

Hotel

MV Volendam Angkut Turis Asing Sandar di Pelabuhan Tanjung Perak

Turis asing yang ikut kapal pesiar MV Volendam (Ist) Setelah  kunjungan terakhirnya di Surabaya awal tahun 2014 silam, Senin (14/11/2016) MV Volendam, kapal pesiar berbendera Belanda ini kembali sandar di

Destinations

Pesona Yogya yang tak Pernah Surut

Goa Pindul Yogyakarta selama ini begitu terkenal dan menjadi destinasi favorit wisatawan, termasuk turis asing. Dan, pesona Yogyakarta seakan tak pernah habis dan terus memikat wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke