Wisata Bahari Nusantara Diminati Wisman

Taman Laut Maumere

Presiden Jokowi menargetkan bisa mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia hingga 2019 mendatang. Dan, wisata bahari menjadi andalan untuk bisa mewujudkan target tersebut sehingga wisata bahari pun semakin populer di negeri ini.

Menariknya wisata bahari di Indonesia tersebar mulai dari ujung timur hingga barat negeri ini. Dan, wisata bahari memang selaras dengan fokus pemerintahan di era Presiden Jokowi lantaran mengedepankan pariwisata sebagai leading sector pembangunan nasional.

Ya, Indonesia memang dikenal sebagai negara yang memiliki beragam destinasi wisata sehingga banyak orang asing memutuskan untuk berlibur di negeri ini.

Sebagai negara kepulauan yang dikenal kaya akan bahari, Indonesia menjadi destinasi favorit traveler dunia untuk menikmati keindahan wisata bahari. Adapun wisata bahari, khususnya diving merupakan wisata yang paling diminati masyarakat Jerman di Indonesia.

Dan, wisata bahari memang melekat dalam pariwisata Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Demikian dipaparkan LA Hadi Faishal, Wakil Ketua PHRI NTB ketika dihubungi patainanews.com belum lama ini.

“Karena Lombok memiliki pulau-pulau kecil yang dikenal dengan Gili. Artinya potensi Gili itu menjadi andalan bagi berkembangnya wisata bahari di Lombok dan ini menjadi andalan utama menggaet wisatawan asing dari Australia dan Eropa maupun wisatawan Amerika Serikat,” ucapnya.

Menurut Hadi yang juga Ketua Dewan Penasihat ASITA NTB ini, penikmat wisata bahari terkini di Lombok juga datang dari Tiongkok, Taiwan, Korea dan Semenanjung Arab.

Hadi yang juga General Manager d’Praya Lombok Hotel ini menjelaskan, wisman selama ini terpesona dengan taman laut dan beribu corak ikan dan hewan laut lainnya sehingga memikat minat mereka untuk terus berkunjung ke Lombok.

Tak ketinggalan, lanjutnya, wisatawan domestik juga datang ke Lombok. “Turis asing dan wisatawan dalam negeri betah tinggal berlama-lama di kawasan pulau-pulau kecil sekitar Lombok,” tuturnya.

Ia mengakui pesona dan potensi wisata bahari juga telah membawa peningkatan arus kunjungan wisata ke Lombok, terutama wisatawan asing. Sementara menurut Petrus Bura, Staf di Dinas Pariwisata Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur, taman laut di Teluk Maumere diakui wisatawan asal Eropa, khususnya turis Spanyol sebagai taman laut terindah di dunia.

“Taman laut di Teluk Maumere sudah lama dikembangkan oleh (alm) Bapak Frans Seda. Namun, mengalami kerusakan parah saat terjadi gempa bumi di Flores tahun 1992 silam. Namun, saat ini sedang recovery kembali sehingga membuat turis Spanyol yang menyelam kagum dengan keindahannya,” urainya kepada patainanews.com beberapa waktu lalu.

Petrus menjelaskan, potensi wisata bahari di taman laut di Teluk Maumere bisa dikembangkan untuk diving karena keindahan terumbu karang dan biota laut yang ada.

Sedangkan dari wilayah Indonesia timur ada Pantai Wendu. “Pantai Wendu bisa dikembangkan sebagai pantai wisata,” kata anggota DPRD Merauke Heribertus Silvinus Silubun ketika ditemui patainanews.com di Jakarta belum lama ini.

Heri, begitu ia biasa disapa, mengaku optimistis Pantai Wendu yang ada di Merauke bisa dikembangkan menjadi pusat wisata bahari di Merauke. (Gabriel Bobby)

 



About author



You might also like

Slideshow

Silaturahmi Pembentukan Dai Muda Betawi

Suasana silaturahmi Dai Betawi (Ist) Silaturahmi dan pembentukan Dai-Dai Muda Betawi, Kamis 5 juli 2018 di RM Bebek Dower Ragunan, Jakarta Selatan dihadiri sejumlah tokoh, yakni Ketua BAMUS DPD Jaksel

Cuisine

Wartawan Korsel Menikmati Keindahan Bali

Rombongan wartawan Korsel berssama PWI (Ist) Rombongan wartawan dari Korea Selatan selama ada di Pulau Dewata, Bali benar-benar menikmati fasilitas yang ada di Hotel Aryaduta yang terletak di Jalan Kartika

SightSeeing

Wisata Bahari Ujung Tombak Pariwisata Indonesia

Traveler bisa menikmati wisata bahari di Tanjung Lesung, Banten dengan diving (Ist) Dimulai dari Jokowi ketika menyampaikan pidato kenegaraan pertamanya setelah bersumpah sebagai Presiden Indonesia periode 2014-2019 di Gedung MPR/DPR,

SightSeeing

‘Terima Kasih Leonardo DiCaprio’

Leonardo DiCaprio disambut anak-anak Ketambe (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan terima kasih kunjungan Leonardo DiCaprio ke Indonesia. Kedatangan aktor papan atas internasional sekelas Hollywood ini ke Aceh memberi berkah

World Heritage

Jakarta adalah Ibu Kota Pariwisata

Suasana Kota Tua (Ist) Selama ini Jakarta dikenal sebagai Ibu kota Indonesia. Namun, kota ini ternyata juga pantas disebut sebagai ibu kota pariwisata negeri ini lantaran branding Jakarta adalah alasan

SightSeeing

PHRI NTB Dukung FPMDI Majukan Pariwisata Indonesia

LA Hadi Faishal (Ist) Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI) Nusa Tenggara Barat (NTB) mendukung keberadaan Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (FPMDI) dalam upaya ikut mengembangkan potensi pariwisata nasional hingga