Wisata Bahari Tema PATA Travel Mart 2016

pata dan menteri pariwisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya (keempat dari kiri) berfoto bersama dengan PATA Internasional dan PATA Indonesia Chapter 

Wisata bahari yang menjadi andalan pemerintah dalam upaya merealisasikan target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisatawan asing hingga 2019 mendatang akan semakin dipertegas dalam PATA Travel Mart 2016 lantaran Kementerian Pariwisata mengusung tema wisata bahari dalam event bursa pariwisata dunia tersebut.

“Untuk temanya lebih mengangkat ke maritim dan tourism, dimana wisata bahari harus lebih besar pertumbuhannya sehingga tema maritim akan cocok di Jakarta,” ucap Menteri Pariwisata Arief Yahya saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (1/9/2015).

Adapun pemerintah menyatakan dukungan penuh untuk DKI Jakarta menjadi tuan rumah PATA Travel Mart 2016. Kegiatan berskala internasional yang digelar setiap tahun ini akan diselenggarakan pada 7-9 September 2016.

Kendati masih tahun depan, namun Kementerian Pariwisata, Pacific Asia Travel Association (PATA) Indonesia Chapter dan pemerintah provinsi DKI Jakarta sudah mulai menjalin kerja sama guna mensukseskan acara berkelas dunia ini demi mendorong potensi pariwisata nasional dikenal hingga ke mancanegara.

“Kegiatan PATA Travel Mart ini adalah kegiatan hard selling. Kita harus menjual produk-produk pariwisata kita. Ini kesempatan bagi para pelaku usaha pariwisata untuk bertransaksi dengan para buyer dari luar negeri,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Kegiatan PATA Travel Mart akan diikuti oleh ribuan pelaku usaha dari ratusan negara anggota PATA di seluruh dunia. Event ini merupakan bursa pariwisata tahunan yang murni perdagangan business to business (B to B) terbesar di kawasan Asia Pasifik.

Sementara Chairman PATA Indonesia Chapter SD Darmono mengemukakan bahwa PATA Indonesia Chapter akan bekerja keras menyiapkan stakeholder pariwisata agar siap menyambut buyer dari luar negeri.

Darmono juga menjelaskan tiga tugas utama yang harus dilakukan PATA Indonesia Chapter menjelang PATA Travel Mart 2016. “Kita ada tiga tugas utama, pertama, manghubungi cabang PATA di 189 negara agar menyiapkan buyer yang kompeten. Kedua, kita mengadakan banyak MoU dengan asosiasi-asosiasi pariwisata seperti ASITA dan PHRI agar mereka menyiapkan produknya. Terakhir, memberi pendidikan kepada para kepala daerah, baik Gubernur, Bupati, dan Walikota agar siap menyambut wisatawan mancanegara dari luar negeri,” tuturnya. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Tourism

KLM Apresiasi JAS

Logo JAS Airport Services (Ist) Setelah menerima penghargaan beruntun dari maskapai Cathay Pacific, Cathay Dragon dan Eva Air atas kinerja perusahaan di 2016, kini giliran KLM memberikan tiga penghargaan sekaligus

Destinations

Kemenpar dan BRI Luncurkan Kartu Kredit BRI Wonderful Indonesia

Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Esthy Reko Astuti (kanan) (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) melakukan kerja sama co-branding  Wonderful Indonesia yang diwujudkan dalam Kartu Kredit BRI

Hotel

Fesyen, Magnet Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

 Persiapan IMFW 2017 (Ist) Indonesia Modest Fashion Designer (IMFD) didukung Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan menyelenggarakan pameran dan fashion show dalam gelaran Indonesia Modest Fashion Week (IMFW) 2017 di Jakarta Convention

Destinations

Arief Yahya, Sosok Menteri yang Pekerja Keras

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) bersama General Manager d’Praya Lombok Hotel LA Hadi Faishal (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya dinilai sebagai menteri yang simpatik, ramah dan pekerja keras. Penilaian itu

Airlines

BRI Dukung Lomba Foto 10 Bali Baru

Berita Foto: PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) ikut mendukung lomba foto dan cerita Wastra Nusantara di 10 Bali baru (Ist)

World Heritage

Tingkatkan Kunjungan Turis Asing, Penerbangan ke Morotai Ditambah

Morotai yang indah (Ist) Keindahan destinasi wisata yang terpampang di Morotai, Maluku Utara bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asal Eropa, termasuk turis dari Perancis untuk berlibur ke Morotai