Wisata Bahari Ujung Tombak Pariwisata Indonesia

Picture4 TL

Traveler bisa menikmati wisata bahari di Tanjung Lesung, Banten dengan diving (Ist)

Dimulai dari Jokowi ketika menyampaikan pidato kenegaraan pertamanya setelah bersumpah sebagai Presiden Indonesia periode 2014-2019 di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 20 Oktober 2014 silam.

Pidato Jokowi, antara lain menyinggung visinya dalam memperkuat kemaritiman Indonesia pada masa depan. “Kita telah lama memunggungi samudra, laut, selat, dan teluk. Maka, mulai hari ini, kita kembalikan kejayaan nenek moyang sebagai pelaut pemberani. Menghadapi badai dan gelombang di atas kapal bernama Republik Indonesia”.

Untuk sektor pariwisata, Presiden Jokowi memang target bisa mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) hingga 2019 mendatang.

Menariknya kini pariwisata menjadi leading sector pembangunan nasional. Karenanya pemerintah bekerja keras berupaya merealisasikan target Presiden Jokowi.

Ya, Indonesia memang dikenal kaya akan potensi pariwisata, termasuk wisata bahari yang memang diminati wisman pun tertarik berkunjung ke detinasi wisata bahari yang tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini.

Sebut saja Raja Ampat di Papua Barat yang kini semakin dikenal di dunia. Belum lagi Pulau Dewata, Bali, dan Lombok di Nusa Tenggara Barat yang banyak didatangi turis asing.

di Lombok

Wisatawan asing melintas di Pantai Kuta, Lombok  

Kendati demikian, masih ada sejumlah destinasi di Tanah Air yang punya potensi wisata bahari yang tak kalah indah dengan daerah lainnya.

Berdasarkan pantauan patainanews.com, ada Samber Gelap di Kotabaru, Kalimantan Selatan, Pantai Galesong, Takalar di Sulawesi Selatan, dan Pantai Tanjung Pesona, Bangka di Bangka Belitung.

Tak hanya itu, ada juga Tanjung Lesung, Banten. Dan, di Tanjung Lesung wisatawan juga bisa diving. Wisman di Samber Gelap bisa mencoba diving dan snorkeling. Menumpang speedboat dari Siring Laut, turis menikmati perjalanan sekitar dua jam menuju gugusan empat pulau di Samber Gelap.

kotabaru

Wisata bahari di Samber Gelap, Kotabaru, Kalimantan Selatan (Ist)

Cipratan air laut yang terasa asin menerpa kulit dan sinar matahari menyapa hangat selama perjalanan menuju Samber Gelap yang terletak di Laut Makassar membuat wisata bahari ini semakin seru.

Jika beruntung, traveler saat perjalanan bisa melihat hiu. Menariknya selama perjalanan tidak terlihat sampah di perairan sehingga petualangan wisata bahari ke Samber Gelap tidak membosankan.

Menjelang tiba di pantai Samber Gelap, speedboat berada di atas gugusan terumbu karang yang memikat hati. Dan, di pantai terbentang pasir yang lembut dan putih.

Gelombang pun tidak terlalu besar sehingga untuk berenang dan berjemut pas untuk dicoba sehingga Samber Gelap tak salah menjadi pilihan saat berlibur.

Tak hanya itu, wisata memancing juga bisa dilakukan di Samber Gelap karena di sana banyak ditemukan spot ikan, terutama ikan Tenggiri dengan bobot yang cukup besar.

Belum lagi konservasi penyu yang merupakan alternatif pengembangan wisata sehingga diharapkan kelestarian penyu bisa terjaga lantaran wisatawan akan tertarik dengan aktivitas penyu yang sedang bertelur dan populasi penyu yang ada.

Wisata bahari sepertinya kental dengan Takalar. Sejumlah destinasi wisata bahari di kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan ini memang mengundang wisatawan, baik wisatawan domestik maupun turis asing untuk datang ke Takalar.

Ya, Pantai Galesong adalah salah satu wisata bahari yang ada di Takalar. Menariknya di Pantai Galesong ada Wisata Pantai Bintang Galesong.

Ketika patainanews.com berkunjung ke Takalar, sempat melihat destinasi ini. Memang menarik lantaran dari Wisata Pantai Bintang Galesong sehingga wisatawan bisa memandang laut dan menikmati sunset.

Dari Wisata Pantai Bintang Galesong juga bisa menyeberang ke Pulau Sanrobengi. Wisatawan asal Jepang dan turis dari Tiongkok suka mengunjungi Pulau Sanrobengi di Takalar.

Mereka datang untuk melihat pasir putih dan sumur jodoh yang ada di pulau itu. Tak hanya dari kawasan Asia, turis dari Eropa, seperti dari Jerman suka ke Pulau Sanrobengi.

Wisatawan harus menyeberang dari Pantai Galesong ke Pulau Sanrobengi dengan menggunakan perahu sekitar lima menit. Di Pulau Sanrobengi ada sumur air tawar yang dikenal dengan nama Sumur Jodoh.

Padahal, Pulau Sanrobengi sekelilingnya adalah laut sehingga seharusnya air asin, namun ternyata ada satu sumur yang keluar air tawar.

Adapun air tawar dari Sumur Jodoh itu konon bisa menyembuhkan penyakit kulit yang dialami orang dengan cara menyiram badannya sendiri.

Traveler yang ingin menyeberang ke Pulau Sanrobengi harus memerhatikan kondisi alam agar tidak terjadi hal yang merugikan dirinya.

Sementara di Pantai Tanjung Pesona dijadikan lomba triathlon yang terdiri dari olahraga renang, sepeda, dan lari. Meski begitu, Bangka juga punya pantai lain, seperti Pantai Tikus. (Gabriel Bobby)

 



About author



You might also like

Heritage

Wisata Halal Cocok di Indonesia

Wisatawan asing menyatu dengan warga setempat di Gili Trawangan, Lombok (Ist) Lombok yang ada di Nusa Tenggara Barat semakin percaya diri menjadi destinasi wisata halal di Indonesia. Sejak Pulau Seribu

Investments

Aksi Hijau Jurnalis Tanam Bakau di Pulau Galang

Dirsum PT Pelindo III bersama direksi anak usaha tengah menanam bakau di Pulau Galang (Ist) Awak redaksi Majalah Dermaga bersama para jurnalis Surabaya melakukan aksi hijau penanaman bibit bakau di

SightSeeing

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Dukung Revindia Carina

Pemerintah kabupaten Banyuwangi memastikan mendukung Revindia Carina, 1st Runner Up Putri Pariwisata Indonesia 2017 yang akan mengikuti ajang Miss Tourism Queen International 2018 di Bangkok, Thailand mulai 8 hingga 16

Travel Operator

Menteri Pariwisata Ajak Promosikan Destinasi Wisata Nusantara Instagramable

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya mengajak wisatawan Nusantara untuk ikut mempromosikan destinasi wisata yang tersebar di Tanah Air yang Instagramable sehingga destinasi wisata tersebut semakin dikenal

Culture

GMT 2016 di Palembang Bisa untuk Edukasi

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga (tengah) didampingi President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kanan) (Ist) Fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 yang akan berlangsung pada

Nature

Sumpah Pemuda, WWF Indonesia Gandeng HSBC untuk Konservasi Laut Indonesia Timur

Logo WWF (Ist) Momentum Hari Sumpah Pemuda dimanfaatkan WWF Indonesia untuk mengembangkan potensi wisata bahari di kawasan Indonesia timur. Keindahan pelosok Indonesia Timur selama ini menawarkan pesona laut, pariwisata dan