Wisata Halal di Indonesia Tarik Minat Kunjungan Turis Arab Saudi

Emma lombok

Emma Almusalli (Ist)

Upaya pemerintah mengenalkan wisata halal yang ada di Indonesia sudah mulai diminati turis Arab Saudi dinilai sudah mulai membuahkan hasil.

“Kementerian Pariwisata sudah mampu mendorong turis Arab Saudi untuk berkunjung atau berwisata ke Indonesia karena sudah terkenal dengan wisata halal,” tutur seorang warga Lombok, Emma Almusalli ketika dihubungi patainanews.com, Selasa (18/10/2016).

Emma yang merupakan finalis Duta Mutiara tahun 2010 itu juga mendukung upaya pemerintah mengembangkan wisata halal di Indonesia.

Apalagi, lanjutnya, wisata halal di Indonesia sudah ada penghargaan yang didapatkan. Perempuan berparas manis ini juga mendukung upaya pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat mengembangkan wisata halal di Lombok.

Seperti diketahui, pemerintah diketahui saat ini tengah gencar mempromosikan wisata halal di Indonesia guna meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara asal kawasan Timur Tengah, termasuk dari Arab Saudi.

Adapun tren wisata halal semakin menggema di industri pariwisata dunia. Karenanya Indonesia pun tak mau kalah dengan negara-negara lain, seperti Thailand, Korea Selatan, dan Jepang yang juga menawarkan wisata halal bagi wisatawan asing.

Hebatnya saat ini posisi Indonesia ada di nomor empat peringkat Global Muslim Travel Index (GMTI). Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, Indonesia harus menerapkan standar global wisata halal, bukan sekadar Indonesia menjadi negara mayoritas Muslim untuk mengembangkan wisata halal di Tanah Air.

Kini wisatawan dari kawasan Timur Tengah mulai banyak yang tertarik berkunjung ke Indonesia, seperti ke Lombok. Dan, tahun 2019 Indonesia mencanangkan menjadi nomor satu wisata halal. Hal tersebut selaras dengan upaya pemerintah mencapai target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia pada 2019 mendatang.

Ya, tak bisa dipungkiri sejak Lombok yang ada di Nusa Tenggara Barat, negeri ini semakin percaya diri mengembangkan wisata halal. Bahkan, Lombok pun telah menyatakan diri menjadi destinasi wisata halal di Indonesia.

Sejak Pulau Seribu Masjid ini pada tahun lalu mencetak prestasi dunia yang membanggakan Indonesia di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, yakni menyumbang dua gelar dalam ajang internasional, World Halal Travel Award 2015 mendapat World’s Best Halal Tourism Destination dan World’s Best Halal Honeymoon Destination, Indonesia kini menjadi daya tarik tersendiri bagi turis dari kawasan Timur Tengah, termasuk dari Arab Saudi.

Kepala Indonesian Trade Promotion Center Jeddah, Arab Saudi Gunawan mengatakan, melalui Trade, Tourism dan Investment (TTI) bisa menjadi daya tarik wisatawan asal Arab Saudi berkunjung ke Indonesia untuk menikmati wisata halal di negeri ini.

“Awalnya bisa melalui trade. Atau juga bisa melalui tourism sehingga menjadi TTI yang membuat orang Arab Saudi datang ke Indonesia untuk berkunjung ke destinasi wisata halal, seperti Lombok, Sumatera Barat, dan Aceh,” katanya menjawab patainanews.com di sela-sela penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-31 di Jakarta, Sabtu (15/10/2016).

Bahkan, tak menutup kemungkinan turis dari Arab Saudi juga datang ke Tanjung Lesung maupun Raja Ampat. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

Beragam Lomba Sambut International Musi Triboatton 2016

Beragam lomba sambut International Musi Triboatton 2016 (Ist) Ajang sport tourism Internasional Musi Triboatton 2016 akan digelar pertengahan Mei mendatang, yakni 11 hingga 15 Mei. Ajang ini akan diikuti 20

Heritage

PHRI NTB Dukung FPMDI Majukan Pariwisata Indonesia

LA Hadi Faishal (Ist) Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI) Nusa Tenggara Barat (NTB) mendukung keberadaan Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (FPMDI) dalam upaya ikut mengembangkan potensi pariwisata nasional hingga

Tourism

Aston Cirebon Hotel Diminati Wisatawan

Aston Cirebon Hotel (Ist) Potensi wisata yang terus berkembang di Cirebon, Jawa Barat membuat minat wisatawan semakin banyak yang tertarik datang ke Kota Wali ini sehingga daerah yang berbatasan langsung

Heritage

Pengumuman Pemenang Kuis GMT 2016 di gmt2016.com

Ilustrasi GMT 2016 (Ist) Pembaca patainanews.com jangan lupa ikut kuis Gerhana Matahari Total (GMT) 2016. Masih ada waktu. Pemenang akan diumumkan di gmt2016.com Fenomena alam unik, GMT 2016 yang akan

Destinations

Wonderful Indonesia Bakal Berkibar di Piala Eropa 2016

Piala Eropa 2016 (Ist) Sepak bola yang selama ini menjadi olahraga yang paling populer di muka bumi ini akan digelar di Benua Biru bertajuk Piala Eropa 2016.  Dan, pentas Piala

Destinations

Lampung The Treasure of Sumatera

Ilsutrasi melihat lumba-lumba di Teluk Kiluan, Lampung (Ist) Lampung rupanya tak kalah menarik dengan destinasi lain di Indonesia. Wisatawan bisa berlibur ke Lampung pekan depan untuk menonton pagelaran Lampung Krakatau