Wisata Museum di Yogyakarta Daya Tarik Wisatawan Asing

museum-batik-diy

Wisatawan asing melihat batik (Ist)

Sesungguhnya sudah sejak lama museum menjadi destinasi wisata, baik domestik maupun asing. Begitu pula wisata rekreasi maupun minat khusus.

Achmad Charris Zubair, Ketua Umum Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta menjelaskan hal tersebut ketika dihubungi patainanews.com pada akhir pekan lalu.

Jadi, lanjutnya, festival museum sesungguhnya wahana dan sarana untuk menjadikan lebih kuatnya museum sebagai salah satu destinasi. Adapun karnaval museum merupakan rangkaian pembuka dari gelaran Festival Museum 2015 bertema ‘Museum For Edutourism’ yang diselenggarakan pada 15-19 Oktober di Yogyakarta.

Charris menuturkan bahwa Museum Monumen Yogya Kembali, Museum Benteng Vredeburg, Museum Sonobudoyo, Ullen Sentalu antara lain menjadi destinasi wisata yang diminati sejak lama.

Belum lagi, lanjutnya, Museum Dirgantara Mandala, Museum Wayang Kekayon, Museum Batik, dan lainnya. “Festival Museum saya pikir harus mampu mengubah stigma bahwa museum bukan lagi tempat gelap, kumuh dan penuh barang-barang tua. Tetapi tempat nyaman bagi siapa pun untuk rekreasi sekaligus belajar sejarah, peristiwa serta kebudayaan masa lalu,” ucapnya. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Destinations

Melestarikan Kuliner Indonesia

Peluncuran Buku ‘Flavors of Indonesia, William Wongso Culinary Wonders’ di Jakarta, Rabu (14/4/2016) (Ist) Pakar kuliner Indonesia William Wongso bangga akan kearifan lokal yang ada di negeri ini sehingga memperkaya khazanah

World Heritage

Budaya Tionghoa Daya Tarik untuk Wisatawan Tiongkok

Opening ceremony ‘The First Xiao International Culture Week’ (Ist) Etnis Tionghoa adalah satu etnis yang memiliki kebudayaan yang sangat kaya. Tidak bisa dipungkiri hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat Indonesia dipengaruhi kebudayaan

World Heritage

Turis Australia Suka ke Mentawai

Kunjungan wisman ke Sumbar (Ist) Turis asal Australia ternyata suka mengunjungi Kepulauan Mentawai yang ada di Sumatera Barat untuk surfing. Informasi tersebut diperoleh patainanews.com ketika ada di Padang, Selasa (6/2/2018).

SightSeeing

Indonesia Serius Sambut GMT 2016

Press Conference GMT 2016 (Ist) Fenomena alam yang langka, gerhana matahari total (GMT) 2016 yang terjadi pada 9 Maret mendatang tidak hanya dapat dilihat di daratan, namun juga dari laut

Slideshow

Menanti Menteri Pariwisata Arief Yahya Mengembangkan Wisata Kopi Indonesia

Berharap adanya dukungan dari Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) dalam International Expo Coffee (Ist) Peran pemerintah memang tak pernah bisa dilepaskan dalam pengembangan pariwisata Indonesia hingga ke mancanegara. Kendati demikian,

Hotel

Tour Guide Jadi Turis

Kegiatan tour guide jadi turis (Ist) Sebuah pengalaman langka bagi rmereka tour guide desa wisata Sade, Ende dan Setanggor, Nusa Tenggara Barat (NTB) ketika satu waktu mereka menjadi seorang wisatawan.