Wisata Museum Potensi Datangkan Wisatawan Mancanegara ke RI

museum

Museum Perjuangan Yogyakarta (Ist)

Potensi wisata di destinasi Indonesia beragam. Rupanya tak hanya keindahan alam dan pesona budaya yang bisa menjadi daya tarik bagi turis asing datang ke negeri ini, namun wisata museum juga bisa menarik wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia.

“Jika museum yang ada di Indonesia memiliki koleksi yang baik, tertata rapi, dan memberikan informasi yang komplet, maka akan menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk mengetahui sesuatu,” kata Udhi Sudiyanto, Ketua Asita Daerah Istimewa Yogyakarta periode 2015-2019 kepada patainanews.com pada akhir pekan lalu.

Udhi mencontohkan Museum Perjuangan yang akan memberi gambaran perjuangan dari masyarakat tertentu pada era tertentu. Ia menjelaskan bahwa museum merupakan bukti sejarah, koleksi sesuatu (tulisan, seni), dan lainnya yang merupakan representasi masyarakat sekitar.

“Dengan mengunjungi museum, maka kita bisa melihat gambaran dari suatu daerah atau kelompok. Dengan festival museum, kita bisa menampilkan aneka budaya dan keberagaman ciri khas suatu daerah. Apabila dikemas dengan baik, dipromosikan dengan baik, maka akan menarik wisatawan lokal maupun asing,” paparnya.

Adapun karnaval museum merupakan rangkaian pembuka dari gelaran Festival Museum 2015 bertema ‘Museum For Edutourism’ yang diselenggarakan pada 15-19 Oktober di Yogyakarta.

Udhi mengaku optimistis wisata museum akan memberikan warna tersendiri bagi pariwisata di Yogyakarta. “Dengan catatan bahwa museum memberi kebermaknaan terhadap apa yang dilihat pengunjung. Kelemahan yang terjadi di museum di Indonesia adalah bahwa mereka kurang memberikan gambaran secara komplet,” ucapnya.

Pengunjung, lanjutnya, hanya diberi penjelasan kecil dan sering penjelasan itu hanya seorang tokoh atau nama suatu benda. “Hendaknya diberi penjabaran apa atau siapa itu? Jadi bisa menampilkan lebih dalam dari apa yang bisa dilihat sehingga pengunjung bisa membawa dirinya ke dalam alam sesuai penjelasan tersebut,” ujarnya. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Tour Package

Dunia Apresiasi Pariwisata ASEAN Berkembang

  Prita Kemal Gani (kiri) (Ist) London School and Public Relations (LPSR) Jakarta menggelar ASEAN TALKS#5 bertemakan Telling The Unique Story of ASEAN Community atau kisah unik tentang organisasi regional

Tourism

Kopi Indonesia Berkibar di Eropa

Madrim Kusumah Andhini (Ist) Indonesia diminati wisatawan asing tak hanya sebatas keindahan alam saja, namun kekayaan kuliner negeri ini juga membuat lidah warga dunia ingin terus mencoba yang khas Nusantara.

Cuisine

Sambut GMT 2016, Gubernur Sumsel Promosikan Palembang

Jembatan Ampera di Palembang (Ist) Menyambut fenomena alam, gerhana matahari total (GMT) 2016 pada 9 Maret mendatang, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin begitu percaya diri mempromosikan potensi wisata yang

Festival

Pemerintah Siap Promosikan ASIAN GAMES 2018

Prof Dr I Gde Pitana MSi selaku Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata (kiri) (Ist) Pemerintah memastikan siap menyambut dan mensukseskan penyelenggaraan ASIAN GAMES 2018 yang digelar di

Destinations

Menanti Raja Arab Saudi ke Pulau Dewata

Bali diminati Raja Arab Saudi (Ist) Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Alsaud pada awal Maret nanti akan berkunjung ke Indonesia. Tak tanggung-tanggung, raja ketujuh dalam dinasti Alsaud itu membawa

World Heritage

Handayani yang Suka dengan Bali

Direktur Konsumer PT Bank BRI Handayani (kiri) dan Menteri Pariwisata Arief Yahya Destinasi wisata Bali memang diminati banyak wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara. Ya, tak bisa dipungkiri daya tarik Pulau