Wisata Museum Potensi Datangkan Wisatawan Mancanegara ke RI

museum

Museum Perjuangan Yogyakarta (Ist)

Potensi wisata di destinasi Indonesia beragam. Rupanya tak hanya keindahan alam dan pesona budaya yang bisa menjadi daya tarik bagi turis asing datang ke negeri ini, namun wisata museum juga bisa menarik wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia.

“Jika museum yang ada di Indonesia memiliki koleksi yang baik, tertata rapi, dan memberikan informasi yang komplet, maka akan menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk mengetahui sesuatu,” kata Udhi Sudiyanto, Ketua Asita Daerah Istimewa Yogyakarta periode 2015-2019 kepada patainanews.com pada akhir pekan lalu.

Udhi mencontohkan Museum Perjuangan yang akan memberi gambaran perjuangan dari masyarakat tertentu pada era tertentu. Ia menjelaskan bahwa museum merupakan bukti sejarah, koleksi sesuatu (tulisan, seni), dan lainnya yang merupakan representasi masyarakat sekitar.

“Dengan mengunjungi museum, maka kita bisa melihat gambaran dari suatu daerah atau kelompok. Dengan festival museum, kita bisa menampilkan aneka budaya dan keberagaman ciri khas suatu daerah. Apabila dikemas dengan baik, dipromosikan dengan baik, maka akan menarik wisatawan lokal maupun asing,” paparnya.

Adapun karnaval museum merupakan rangkaian pembuka dari gelaran Festival Museum 2015 bertema ‘Museum For Edutourism’ yang diselenggarakan pada 15-19 Oktober di Yogyakarta.

Udhi mengaku optimistis wisata museum akan memberikan warna tersendiri bagi pariwisata di Yogyakarta. “Dengan catatan bahwa museum memberi kebermaknaan terhadap apa yang dilihat pengunjung. Kelemahan yang terjadi di museum di Indonesia adalah bahwa mereka kurang memberikan gambaran secara komplet,” ucapnya.

Pengunjung, lanjutnya, hanya diberi penjelasan kecil dan sering penjelasan itu hanya seorang tokoh atau nama suatu benda. “Hendaknya diberi penjabaran apa atau siapa itu? Jadi bisa menampilkan lebih dalam dari apa yang bisa dilihat sehingga pengunjung bisa membawa dirinya ke dalam alam sesuai penjelasan tersebut,” ujarnya. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Airlines

Indonesia Beruntung Punya Lombok

Ilustrasi turis asing di Lombok (Ist) Indonesia kaya akan destinasi wisata, termasuk wisata bahari yang tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini sehingga menjadi daya tarik

Slideshow

Ayu Hermanu Juara Alfamidi Womanpreneur Award 2017

Ayu Hermanu (kiri) (Ist) Traveling ternyata bisa menciptakan peluang bisnis. Ya, bermula dari suka traveling bersama keluarga keliling berbagai destinasi wisata di Indonesia menimbulkan ide bisnis bagi Ayu Hermanu. Sosok

Tourism

Memotret Kampung Wisata Budaya Langenastran

Istri Wagub DIY GKBRAY A Paku Alam X menandai pembukaan Festival ‘Batik&Bathok Night’ di Jalan Langenastran dengan membatik dan disaksikan Ibu Purnomo Yusgiantoro (Ist) GKBRAY A.Paku Alam X (kebaya ungu)

Travel Operator

Menanti Visit Wonderful Indonesia di 2018

Prof Dr I Gde Pitana MSi selaku Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata (kiri) (Ist) Pemerintah terus berupaya mempromosikan potensi pariwisata Indonesia, termasuk 10 Bali baru hingga ke

Culture

Soppeng, Kota Penikmat Kopi

Ilustrasi kopi Indonesia (Ist) Indonesia kaya akan beragam potensi wisata yang diminati wisatawan Nusantara (wisnus) maupun turis asing. Dan, wisata kuliner negeri ini ternyata menggoda wisnus dan wisatawan mancanegara. Sebut

Travel Operator

Astindo Launching bersamago.co.id

Musyawarah Anggota Astindo Provinsi DKI Jakarta di Hotel Millenium, Jakarta, Kamis (5/11/2015) (Ist) Seiring kemajuan zaman, teknologi pun berkembang sehingga dinilai akan memudahkan traveler mengakses internet untuk urusan traveling. Dan,