Wisata Museum Potensi Datangkan Wisatawan Mancanegara ke RI

museum

Museum Perjuangan Yogyakarta (Ist)

Potensi wisata di destinasi Indonesia beragam. Rupanya tak hanya keindahan alam dan pesona budaya yang bisa menjadi daya tarik bagi turis asing datang ke negeri ini, namun wisata museum juga bisa menarik wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia.

“Jika museum yang ada di Indonesia memiliki koleksi yang baik, tertata rapi, dan memberikan informasi yang komplet, maka akan menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk mengetahui sesuatu,” kata Udhi Sudiyanto, Ketua Asita Daerah Istimewa Yogyakarta periode 2015-2019 kepada patainanews.com pada akhir pekan lalu.

Udhi mencontohkan Museum Perjuangan yang akan memberi gambaran perjuangan dari masyarakat tertentu pada era tertentu. Ia menjelaskan bahwa museum merupakan bukti sejarah, koleksi sesuatu (tulisan, seni), dan lainnya yang merupakan representasi masyarakat sekitar.

“Dengan mengunjungi museum, maka kita bisa melihat gambaran dari suatu daerah atau kelompok. Dengan festival museum, kita bisa menampilkan aneka budaya dan keberagaman ciri khas suatu daerah. Apabila dikemas dengan baik, dipromosikan dengan baik, maka akan menarik wisatawan lokal maupun asing,” paparnya.

Adapun karnaval museum merupakan rangkaian pembuka dari gelaran Festival Museum 2015 bertema ‘Museum For Edutourism’ yang diselenggarakan pada 15-19 Oktober di Yogyakarta.

Udhi mengaku optimistis wisata museum akan memberikan warna tersendiri bagi pariwisata di Yogyakarta. “Dengan catatan bahwa museum memberi kebermaknaan terhadap apa yang dilihat pengunjung. Kelemahan yang terjadi di museum di Indonesia adalah bahwa mereka kurang memberikan gambaran secara komplet,” ucapnya.

Pengunjung, lanjutnya, hanya diberi penjelasan kecil dan sering penjelasan itu hanya seorang tokoh atau nama suatu benda. “Hendaknya diberi penjabaran apa atau siapa itu? Jadi bisa menampilkan lebih dalam dari apa yang bisa dilihat sehingga pengunjung bisa membawa dirinya ke dalam alam sesuai penjelasan tersebut,” ujarnya. (Gabriel Bobby)

 



About author



You might also like

Slideshow

Menikmati dan Merawat Wisata Bahari

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (batik biru) menjadi narasumber dalam acara WWF Indonesia (Ist) Wisata bahari di Nusantara rupanya beragam. Tak hanya sebatas diving, snorkeling, dan lainnya namun juga

Indonesiaku

Ragam Indonesia dalam Bingkai Visual Pusaka Indonesia tak Ragawi

Indonesian Intangible Heritage (Ist) Keragaman Pusaka Indonesia (Indonesia Heritage) yang terdiri dari Pusaka Alam, Pusaka Budaya dan Pusaka Saujana merupakan anugerah terbesar yang dimiliki bangsa Indonesia. Pusaka tak ragawi (intangible)

Tour Package

Peler Bedebu, Kuliner Khas Kepulauan Seribu

Kue Peler Bedebu Indonesia memang dikenal kaya akan kuliner Nusantara dengan cita rasa yang khas, termasuk dari Kepulauan Seribu. Ada yang menarik dari Kepulauan Seribu. Kue Peler Bedebu, kuliner khas

Heritage

Project Kemanusiaan Mengantar EXO Travel Raih PATA Gold Awards 2016

PATA Gold Awards 2016 (Ist) EXO Travel Group yang berkantor pusat di Thailand dalam penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten pada

Slideshow

Kadin Apresiasi FPMDI

Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (Ist) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan akan menyiapkan sinergitas dengan Forum Pimpinan Media Digital Indonesia (FPMDI) menyusul hasil musyawarah dan mufakat Forum yang

Tourism

Batik ‘Goes to Campus’

Kegiatan membatik (Ist) Bertepatan dengan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2015, Kacang Garuda dan GarudaFood Sehati bekerja sama dengan Universitas Bina Nusantara mengadakan event ‘Batik Goes to Campus’ di Jakarta.