Wisata Spiritual Dikembangkan di Indonesia

WhatsApp Image 2017-03-20 at 11.51.03

Acara wisata spiritual (Ist)

Enam agama utama yang ada di Indonesia bersanding erat dengan kepercayaan dan kearifan lokal yang menjadikan Nusantara ini dikenal sebagai negara yang majemuk.

Maka, tak heran bila Indonesia disebut berpotensi sebagai destinasi wisata spiritual, tak hanya wisata religi. “Wisata terbesar di dunia adalah wisata spiritual, dan Indonesia punya bidang ini. Maka dari itu saya berinisiatif untuk melaksanakan acara ini untuk keharmonisan dan kedamaian dunia. Indonesia memiliki banyak hal yang bisa disumbangkan pada dunia, juga untuk membawa orang ke sini mengembangkan ekonomi lewat pariwisata spiritual,” tutur Founder Jababeka Group SD Darmono dalam pembukaan Seminar Mengembangkan Pariwisata Berbasis Budaya & Spiritual di Menara Batavia, Jakarta, Senin (20/3/2017).

Kendati demikian, menurut Darmono, wisata spiritual di Indonesia masih kurang tergarap. Malahan lebih banyak orang Indonesia yang berwisata ziarah ke luar negeri ketimbang di dalam negeri. “Ini yang harusnya kita pikirkan secara serius agar orang dapat berwisata spiritual, kemudian budaya, dan dapat mendorong ekonomi dan lapangan pekerjaan,” sebut Darmono.

Salah satu wisata spiritual Indonesia yang paling dikenal di Indonesia adalah Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Namun, potensi Candi Borobudur sebagai wisata spiritual masih kurang dibanding Angkor Wat dari Kamboja.

Data Kementerian Pariwisata menyebutkan bahwa kunjungan wisatawan mancanegara ke Angkor Wat pada 2014 silam mencapai 2,5 juta orang. Sedangkan kunjungan wisman ke Candi Borobudur pada periode yang sama adalah sekitar 300.000 orang.

“Kita lihat Angkor Wat lebih dulu mempromosikan, kemudian tak jauh dari Angkor Wat ada Kota Siam Riep. Jadi seharusnya kita mengembangkan wilayah di luar zona satu, dua, dan tiga,” tutur Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural, Tim Percepatan Kawasan Borobudur Hari Untoro Dradjat dalam kesempatan yang sama.

Menurut Hari, daerah di sekitar Borobudur juga harus turut dikembangkan menjadi pusat pertokoan dan pusat budaya untuk mendorong pertumbuhan pariwisata di Borobudur. Candi Borobudur sendiri telah diakui oleh organisasi kebudayaan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa, UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia.

Pada 2019 mendatang, Borobudur yang menjadi ikon Yogyakarta, Solo, Semarang (Joglosemar) ditargetkan untuk menarik dua juta wisatawan mancanegara. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Festival

Ketika Wisatawan Mancanegara Suka Naik Kereta Api

Suasana Stasiun Gambir ketika malam hari Tak bisa dipungkiri Indonesia selama ini dikenal sebagai negeri yang kaya akan keindahan alam di destinasi wisata yang begitu diminati wisatawan, termasuk turis asing.

Slideshow

Bebas Visa Efektif Jaring Wisman

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist) Tahun 2016 menjadi tahun kedua pemerintahan Jokowi-JK. Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi, banyak program di sektor pariwisata yang telah dilakukan pemerintah. Dan, kebijakan bebas

Cuisine

Catat Waktu Libur di Destinasi Wisata Indonesia

Kalender 2017 (Ist) Pemerintah diketahui pada tahun lalu sudah menandatangani Surat Keputusan Bersama berkaitan hari libur nasional tahun 2017. Secara keseluruhan, tercatat ada 20 hari libur nasional sepanjang tahun ini.

SightSeeing

President University akan Gelar PATA Youth Symposium di ICE

PATA Travel Mart 2016 (Ist) Dalam penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten pada 7 hingga 9 September mendatang, PATA yang didukung

Airlines

Meningkatkan Kualitas Produk Wisata di 10 Bali Baru

FGD GIPI (Ist) Sebagai upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di 10 destinasi pariwisata prioritas atau disebut 10 Bali baru, Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) menggelar kegiatan focus group discussion (FGD) dengan tema

Tourism

Deklarasi Gerakan 1000

Berita Foto: Bupati Kepulauan Seribu Budi Utomo bersama sejumlah pihak, antara lain Sineas Muda Indonesia, PATA Indonesia Chapter, dan Bank Indonesia mendeklarasikan Gerakan 1000 Proyek Pembekalan Ekonomi Kreatif Terintegrasi Kepulauan