Wisata Syariah Cocok untuk NTB

selamat datang wisatawan syariah

Perempuan NTB Menyambut Wisatawan Menikmati Wisata Syariah

Upaya pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengembangkan potensi wisata syariah didukung pelaku bisnis wisata yang ada di sana lantaran wisata syariah bagi NTB bukanlah sesuatu yang baru.

Demikian dikatakan LA Hadi Faishal, Ketua Dewan Penasihat ASITA NTB saat dihubungi patainanews.com, Senin (29/6/2015). “Karena NTB terutama Lombok sebagai pulau seribu masjid sudah lama merancang hotel yang sangat kental dengan ketentuan dan aturan tentang wisata syariah,” tuturnya.

Sebelumnya Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi menuturkan bahwa pihaknya ingin NTB menjadi daerah wisata islami dan menjadi daerah tujuan wisata keluarga. Keinginan Gubernur NTB itu diamini Hadi.

Hadi yang juga Wakil Ketua PHRI NTB ini menjelaskan, hampir setiap hotel di Lombok punya penunjuk kiblat punya mushala dan tempat wudhu yang memudahkan wisatawan untuk berwudhu.

“Dimana hal ini sudah masuk dalam standar wisata syariah serta makanan halal yang sudah lama mentradisi di hotel-hotel yang ada di pulau Lombok.  Mungkin istilah populernya adalah Halal Tourism,” ucapnya.

Apalagi, lanjutnya, NTB saat ini sudah mulai merancang promosi ke negara-negara semenanjung Arab, dan Timur Tengah, tentu kesiapan hotel-hotel ini akan memudahkan NTB menjual dan mempromosikan pariwisata NTB ke negara-negara kaya minyak tersebut.

Menurutnya, tantangan yang dihadapi adalah jika pelaku pariwisata salah memahami apa yang disebut wisata syariah. “Atau seolah-olah paham wisata syariah itu akan diterapkan hukum Islam yang kaku untuk seluruh wisatawan. Wisata syariah itu luwes, longgar dan saya pastikan semua wisatawan akan come and enjoy karena tidak ada batasan kaku apalagi ekstrim dalam menerapkan standar pelayanan dan fasilitas yang akan diberikan kepada wisatawan,” urainya.

Hadi mengatakan, Pemda NTB tengah menyiapkan seluruh program promosi dan infrastruktur wisata syariah dan pemerintah dan mayarakat welcome dengan program wisata syariah atau Halal Tourism ini. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Cuisine

Menanti Operasional Bandara Kertajati untuk Meningkatkan Kunjungan Wisman ke Jabar

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menanti operasional Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat guna meningkatkan kunjungan turis, termasuk wisatawan mancanegara (wisman) ke berbagai destinasi wisata yang

Destinations

Perayaan Natal Bersama Discovery Hotels & Resorts

Christmas Eve Buffet di Hotel Borobudur Jakarta (Ist) Pada Desember 2015 yang penuh dengan suka cita, Discovery Hotels & Resorts merayakan Natal dengan menawarkan berbagai macam acara kepada para tamu.

Nature

BRI Dukung Pariwisata Pahawang Maju

ATM BRI di bawah laut di Pahawang (Ist) Manajemen bank pelat merah, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) mendukung pariwisata, utamanya ekowisata di Pahawang, Lampung maju. Menariknya rekor MURI baru tercatat,

Airlines

28 Oktober, Presiden Jokowi akan Resmikan Bandara Silangit

Presiden Jokowi dan rombongan (Ist) Presiden Jokowi sangat concern dengan akses ke destinasi wisata Danau Toba, satu dari 10 Bali Baru yang terus dipromosikan Menpar Arief Yahya di berbagai penjuru

SightSeeing

Irene Camilyn Sinaga Bertekad Majukan Pariwisata Sumsel

Irene Camilyn Sinaga (kanan) berpose bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Selatan (Sumsel) Irene Camilyn Sinaga bertekad memajukan potensi pariwisata Sumsel yang beragam sehingga menjadi daya

All About Indonesia

Miss Earth Indonesia Fokus Kelestarian Lingkungan Hidup

Pemilihan Miss Earth Indonesia 2016 kembali digelar (Ist) Pemilihan Miss Earth Indonesia kembali digelar. Miss Earth Indonesia 2016 kali ini sedikit berbeda karena diisi dengan kegiatan-kegiatan yang berbeda dan bermanfaat.