Wisata Syariah Cocok untuk NTB

selamat datang wisatawan syariah

Perempuan NTB Menyambut Wisatawan Menikmati Wisata Syariah

Upaya pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengembangkan potensi wisata syariah didukung pelaku bisnis wisata yang ada di sana lantaran wisata syariah bagi NTB bukanlah sesuatu yang baru.

Demikian dikatakan LA Hadi Faishal, Ketua Dewan Penasihat ASITA NTB saat dihubungi patainanews.com, Senin (29/6/2015). “Karena NTB terutama Lombok sebagai pulau seribu masjid sudah lama merancang hotel yang sangat kental dengan ketentuan dan aturan tentang wisata syariah,” tuturnya.

Sebelumnya Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi menuturkan bahwa pihaknya ingin NTB menjadi daerah wisata islami dan menjadi daerah tujuan wisata keluarga. Keinginan Gubernur NTB itu diamini Hadi.

Hadi yang juga Wakil Ketua PHRI NTB ini menjelaskan, hampir setiap hotel di Lombok punya penunjuk kiblat punya mushala dan tempat wudhu yang memudahkan wisatawan untuk berwudhu.

“Dimana hal ini sudah masuk dalam standar wisata syariah serta makanan halal yang sudah lama mentradisi di hotel-hotel yang ada di pulau Lombok.  Mungkin istilah populernya adalah Halal Tourism,” ucapnya.

Apalagi, lanjutnya, NTB saat ini sudah mulai merancang promosi ke negara-negara semenanjung Arab, dan Timur Tengah, tentu kesiapan hotel-hotel ini akan memudahkan NTB menjual dan mempromosikan pariwisata NTB ke negara-negara kaya minyak tersebut.

Menurutnya, tantangan yang dihadapi adalah jika pelaku pariwisata salah memahami apa yang disebut wisata syariah. “Atau seolah-olah paham wisata syariah itu akan diterapkan hukum Islam yang kaku untuk seluruh wisatawan. Wisata syariah itu luwes, longgar dan saya pastikan semua wisatawan akan come and enjoy karena tidak ada batasan kaku apalagi ekstrim dalam menerapkan standar pelayanan dan fasilitas yang akan diberikan kepada wisatawan,” urainya.

Hadi mengatakan, Pemda NTB tengah menyiapkan seluruh program promosi dan infrastruktur wisata syariah dan pemerintah dan mayarakat welcome dengan program wisata syariah atau Halal Tourism ini. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

H3 Jakarta Gelar Halal Bihalal

  Himpunan Humas Hotel Jakarta (H3 Jakarta) berkumpul bersama di Arion Swiss-belhotel Kemang, Jakarta Selatan dalam Halal Bihalal H3 Jakarta. Hadir sekitar 40 humas hotel seJabodetabek, anggota kehormatan H3, dan

Travel Operator

Halimah Munawir Promosikan Batik Betawi Pesisir ke Rusia

Desain batik ini dibuat oleh Halimah Munawir, pengurus IWAPI DPD Provinsi DKI Jakarta yang juga adalah seorang penulis dan novelis (Ist) Pohon Buah Silingkit yang tumbuh di daerah pesisir ini,

SightSeeing

Ayo Ikut Sayembara Desain Rumah Wisata

Sayembara Desain Rumah Wisata (Ist) Ketua Pokja Tim Percepatan 10 Top Destinasi Kementerian Pariwisata Hiramsyah Sambudhy Thaib mengajak para desainer, arsitek, dan ahli gambar bentuk rumah di manapun mereka berada.

World Heritage

Solo Pesta Tari 24 Jam

Ilustrasi tari daerah (Ist) Tiada hentinya kota kerajaan Surakarta Hadiningrat atau Solo membuat mata tertuju pada destinasi wisata ini lantaran Solo kembali menyita perhatian nantii 28 hingga 29 April 2016 yang

Heritage

Vote Dipimpin Presiden Jokowi, #VideoIndonesiaKeren Jawara di UNWTO Tourism Video Competition

Menteri Pariwisata Arief Yahya tengah berdiskusi dengan Presiden Jokowi (Ist) Pengumuman hasil kompetisi video pariwisata UNWTO Tourism Video Competition untuk kategori People’s Choice Award. Juara-juara dunia akan diumumkan dalam forum

Nature

Pemkab Sikka Giat Promosikan Teluk Maumere

Capa Resort Maumere juga ikut mempromosikan Teluk Maumere (Ist) Pemerintah kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur diketahui tengah gencar mempromosikan sejumlah potensi wisata yang ada di wilayahnya, termasuk keindahan taman