Wisatawan Keluhkan Kebersihan Destinasi Wisata di Cirebon

WhatsApp Image 2017-07-21 at 16.15.06

WhatsApp Image 2017-07-21 at 16.16.20

WhatsApp Image 2017-07-21 at 16.17.27

Foto: Rombongan wisatawan Nusantara dari Jakarta ketika mengunjungi Keraton Kasepuhan Cirebon, Gua Sunyaragi, dan Rumah Kerajinan Kerang Multi Dimensi di Cirebon, Jawa Barat (Ist)

Pesona beberapa destinasi wisata di Cirebon, Jawa Barat ternyata menjadi daya tarik wisatawan Nusantara (wisnus) yang tergabung dalam alumni sekolah swasta di Jakarta.

Ada 15 orang yang kemudian berangkat ke Cirebon selama dua hari, mulai Sabtu (15/7/2017) hingga Minggu (16/7/2017). Mereka selama ada di Cirebon berkunjung ke Keraton Kasepuhan Cirebon, Gua Sunyaragi, dan Rumah Kerajinan Kerang Multi Dimensi.

Shanti, seorang wisnus yang ikut ke Cirebon ketika dihubungi patainanews.com, Rabu (26/7/2017) memberikan apresiasi untuk Keraton Kasepuhan Cirebon. “Keraton Kasepuhan Cirebon bagus. Dan, kalau bisa ada paket kunjungan pelajar ke Keraton untuk mengenalkan warisan budaya Nusantara, dan tidak menutup kemungkinan untuk bisa bertemu dengan Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon,” paparnya.

Tak ketinggalan Shanti juga memuji Gua Sunyaragi yang menark. “Kalau bisa di dalam gua-gua dikasih lampu agar tidak gelap,” tuturnya. Senada dengan Shanti, Shinta juga memberikan apresiasi untuk Keraton Kasepuhan Cirebon. Dan untuk Rumah Kerang Multi Dimensi, Shanti menyampaikan usul kalau bisa ada informasi dari mana kerang diambil.

“Juga lebih baik kalau ada demo atau contoh cara pembuatan kerajinan dari kerang, seperti lampu, kursi, dan lainnya,” ucapnya. Sementara Esti, seorang warga negara Indonesia (WNI) yang sudah lebih dari 12 tahun bermukim di Amerika Serikat yang termasuk dalam rombongan tersebut juga mengaku antusias bisa ikut mengunjungi Keraton Kasepuhan Cirebon.

Namun, Esti prihatin dengan kondisi kebersihan di area Keraton Kasepuhan Cirebon, khususnya di sekitar lettering Keraton Kasepuhan Cirebon. “Kalau bisa sampah yang ada di kali kecil di sekitar lettering Keraton Kasepuhan Cirebon tempat foto bersama juga dibersihkan supaya jadi tidak bau,” ujar Esti. (Gabriel Bobby) 

About author



You might also like

World Heritage

10 Juta Turis Asing Hingga Akhir Tahun Masih Realistis

Pemerintah masih yakin 10 juta turis asing datang ke Indonesia hingga akhir tahun ini. Budaya, seperti keris juga menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara melihat Indonesia (www.ninaflynnphotography.com) Kementerian Pariwisata (Kemenpar)

Hotel

El John Pageants Kirim Wakil Indonesia ke Miss ASEAN Friendship 2017 di Vietnam

Johnnie Sugiarto, Founder & Cairman El John Pageants (ketiga dari kanan) (Ist) Putri Dessy Natalia Siburuan dan Ni Luh Putu Lilyk Rahmawati dipercaya menjadi wakil Indonesia dalam Miss ASEAN Friendship

Tourism

Ekspedisi Wisata Air Terjun di Sumsel

Air Terjun Temam Sumatera Selatan (Sumsel) tak hanya punya Sungai Musi. Bumi Sriwijaya juga dikenal memiliki wisata alam yang indah, yakni air terjun. Disela-sela meliput International Musi Triboatton 2016, patainanews.com

Cuisine

Program Destinasi Wisata Religi Berbasis Masjid

Peluncuran Program Destinasi Wisata Religi Berbasis Masjid di Indonesia (Ist) Wakil Presiden Jusuf Kalla meresmikan peluncuran Program Destinasi Wisata Religi Berbasis Masjid di Indonesia di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta

World Heritage

Go Digital Panen Pujian

Menteri Pariwisata Arief Yahya didampingi Duta Besar RI di Madrid Yuli Mumpuni memenuhi Undangan HE Dr Taleb Rifai, Sekjen UNWTO di Madrid, Spanyol (Ist)  Selain melaporkan tiga rekomendasi UNWTO yang

Cuisine

Heavenly Maumere

Patung Bunda Maria di Maumere (Ist) Indonesia memang dikenal begitu besar potensi wisata bahari. Dan, itu tersebar mulai dari kawasan timur negeri ini hingga wilayah barat Indonesia. Menariknya tak hanya