Wisatawan Menikmati Semana Santa, Paskah di Larantuka

Semana Santa di Larantuka (Ist)

Puluhan ribu wisatawan membanjiri acara puncak perayaan Semana Santa atau pekan suci di Kota Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.

Tidak kurang dari 20 ribu peziarah yang datang dari berbagai tempat datang menyaksikan ritual keagamaan yang telah berlangsung lebih dari lima abad itu.

Prosesi Semana Santa berasal dari kata semana (pekan) dan santa (suci), yang artinya pekan suci yang dimulai dari Rabu Abu, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci hingga Perayaan Minggu Paskah bagi umat Katolik.

Kepala Bidang Pemasaran Area II Regional III di Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Hendry Noviardi di Larantuka, Jumat (19/4/2019) menjelaskan, Semana Santa diharapkan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi Larantuka dan memberikan dampak dari sisi nilai kreatif maupun nilai komersial.

Paskah di Larantuka (Ist)

“Dari sisi ‘commercial value’ kedatangan banyak peziarah atau wisatawan baik dalam atau luar negeri. Yang akan memberikan dampak ekonomi langsung bagi masyarakat,” katanya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Prosesi Jumat Agung di Larantuka memang menjadi daya tarik tersendiri setiap tahun menjelang Paskah, baik bagi peziarah maupun wisatawan. Prosesi itu dimulai jalan salib bersama di gereja-gereja, lalu mengarak patung Yesus disalib.

Patung itu dikeluarkan dari dalam Kapela Tuan Meninu di Kota Rewido, Kelurahan Sarotari Tengah dan diarak menuju Pelabuhan Kure di depan Kapela Tuan Ma (Kapela Patung Bunda Maria) dan Tuan Ana (Patung Tuhan Yesus).

Wisata bahari di Larantuka (Ist)

Pada malam hari para peziarah berkumpul di depan gereja Katedral. Dari titik itulah prosesi Sesta Vera atau prosesi Jumat Agung dimulai dan terus ‘bergemuruh’ di sepanjang jalan yang mencapai 2 kilometer.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Flores Timur Apolonia Corebima menambahkan, kekayaan potensi pariwisata di Flores Timur begitu beragam dan menarik untuk dipasarkan, seperti wisata religi, keindahan alam, dan budaya.

“Bila tradisi dan budaya dikelola dengan baik dan berkualitas, kunjungan wisatawan ke Flores Timur akan semakin marak. Untuk itu kita menggelar pre-event Semana Santa yaitu Festival Bale Nagi yang artinya pulang kampung, agar wisatawan semakin lama tinggal di Larantuka,” pungkasnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

Mempertahankan Wastra Tradisional yang Diminati Wisatawan Mancanegara

Ella V Brizadly (Ist) Kain tradisional asal negeri ini, batik memang semakin diminati masyarakat dunia. Namun, tak hanya batik yang merupakan wastra kebanggaan Indonesia lantaran masih ada lainnya, seperti tenun,

Destinations

Jalan-Jalan ke Sumatera Utara Jangan Lupa Danau Toba

Danau Toba (Ist) Mulai hari ini, patainanews.com mencoba untuk mengulas 15 destinasi wisata favorit 2017 di Indonesia yang tersebar di Nusantara untuk panduan wisatawan. Adapun 15 destinasi wisata 2017 versi

Festival

Tanjung Lesung Jadi Saksi Milky Way, Fenomena Alam yang Ditunggu Masyarakat Dunia

Foto: LAPAN Manajemen PT Banten West Java (BWJ), pengelola Tanjung Lesung mengaku bersyukur destinasi wisata Tanjung Lesung bisa menjadi venue saksi fenomena alam yang luar biasa, Milky Way pada Sabtu,

Hotel

Pemerintah Siap Promosikan ASIAN GAMES 2018

Prof Dr I Gde Pitana MSi selaku Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata (kiri) (Ist) Pemerintah memastikan siap menyambut dan mensukseskan penyelenggaraan ASIAN GAMES 2018 yang digelar di

Travel Operator

Turis AS Suka Candi Borobudur

Candi Borobudur disukai wisatawan mancanegara (Ist) Candi Borobudur ternyata masih menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan mancanegara, termasuk turis asing dari Amerika Serikat. Robert, turis dari Arizona, AS yang tengah

Slideshow

Ucapan Selamat HUT ke-3 patainanews.com dari PT BRI

Berita Foto: Manajemen, staf dan redaksi patainanews.com mengucapkan terima kasih atas perhatian PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang mengucapkan Selamat dan Sukses HUT ke-3 patainanews.com