Wisatawan Tiongkok Keluhkan Bunaken Kotor

pesona sangihe

Menteri Pariwisata Arief Yahya meluncurkan Festival Pesona Sangihe 2016 dan Calendar of Event 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gd. Sapta Pesona, Jakarta. Selasa (19/7/2016)

Menteri Pariwisata Arief Yahya tampak kecewa mendapat informasi dari wisatawan Tiongkok yang mengeluhkan Bunaken di Sulawesi Utara (Sulut) kotor.

AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata meminta pemerintah provinsi Sulut membersihkan sampah dan toilet di Bunaken. Adapun Bunaken destinasi wisata selam yang populer di Indonesia, yang berada di Sulut dekat dengan Manado.

Dunia bawah lautnya diberkahi terumbu karang dan biota laut lainnya yang cantik. Namun, kenyataanya kecantikan Bunaken sudah tercemar.

Hal ini diungkapkan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam acara Launching Festival Pesona Sangihe 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (19/7/2016).

“Pak gubernur, bersihkan Bunaken. Jangan sampai turis yang datang ke sana kecewa, toiletnya juga dijaga,” tegasnya. Menurut AY, sampah dan toilet merupakan masalah utama di Bunaken.

Itu didapatinya dari laporan turis Tiongkok yang melancong ke Bunaken. “Pantainya tidak bersih dan toiletnya tidak bersih. Turis juga susah menemukan toilet,” ujarnya.

Padahal, kebersihan tempat wisata dan toilet merupakan salah satu faktor penting agar membuat turis nyaman. Maka jangan sampai, gara-gara banyak sampah dan toilet yang jorok, membuat suatu citra destinasi yang tadinya sudah cantik menjadi buruk di mata turis.

“Saya minta jaga kebersihan dan toilet. Kalau gubernur dan bupatinya mau, pasti bisa bersih. Tanggal 29 besok saya mau ke sana, ada rencana juga untuk pengadaan toilet bersih. Potensi alam di Bunaken itu sangat tinggi,” urainya. (Gabriel Bobby)

 

 

About author



You might also like

SightSeeing

PHRI NTB Dukung Sumbawa Barat Kembangkan Pariwisata

Ketua PHRI NTB LA Hadi Faishal (kiri) berbincang bersama Bupati Sumbawa Barat W Musyafirin dan anggota DPR dapil NTB Kurtubi disela sela acara musrenbang provinsi NTB. Bupati  Kabupaten Sumbawa Barat W

Airlines

Oktober Jalan-Jalan ke Soppeng Lihat Bunda Maria Pieta

Ilustrasi Patung Bunda Maria Pieta (Ist) Tak terasa akhir tahun semakin dekat. Dan, destinasi wisata di Indonesia yang harus diakui memang beragam akan semakin ramai dikunjungi wisatawan. Tak hanya bisa

Cuisine

Halimah Munawir Anwar Ikut Melestarikan Budaya Betawi

Pementasan Lenong Denes ‘Putri Kembang Ronce’ (Ist) Halimah Munawir Anwar patut diberikan acungan jempol sebab ia dikenal begitu aktif terlibat melestarikan budaya Betawi. Itu terbukti ketika Halimah mempersembahkan Lenong Denes

Tourism

Surabaya North Quay Dipadati Pengunjung

Cruise MS Rotterdam sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya (Ist) Masyarakat Surabaya, Jawa Timur menyambut positif destinasi wisata bahari baru. Arek-arek Suroboyo merayakan suka cita hadirnya Surabaya North Quay. Sekitar 10.000

Destinations

Astindo Fair 2017 Sukses

Suasana di booth PATA Indonesia Chapter (Ist) Penyelenggaraan Astindo Fair 2017 terbilang sukses. Pameran wisata yang diadakan Astindo pada tahun ini adalah yang ketujuh kalinya digelar. Bersama dengan BCA sebagai

Airlines

Pesta Kesenian Bali Mengukuhkan Pulau Dewata tak Sepi Wisman

Pesta Kesenian Bali (Ist) Pesta Kesenian Bali (PKB) mengukuhkan Pulau Dewata yang tidak pernah sepi memanjakan wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus). Tidak tanggung-tanggung Bali akan menyajikan pesta besar