Wisatawan Tiongkok Keluhkan Bunaken Kotor

pesona sangihe

Menteri Pariwisata Arief Yahya meluncurkan Festival Pesona Sangihe 2016 dan Calendar of Event 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gd. Sapta Pesona, Jakarta. Selasa (19/7/2016)

Menteri Pariwisata Arief Yahya tampak kecewa mendapat informasi dari wisatawan Tiongkok yang mengeluhkan Bunaken di Sulawesi Utara (Sulut) kotor.

AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata meminta pemerintah provinsi Sulut membersihkan sampah dan toilet di Bunaken. Adapun Bunaken destinasi wisata selam yang populer di Indonesia, yang berada di Sulut dekat dengan Manado.

Dunia bawah lautnya diberkahi terumbu karang dan biota laut lainnya yang cantik. Namun, kenyataanya kecantikan Bunaken sudah tercemar.

Hal ini diungkapkan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam acara Launching Festival Pesona Sangihe 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (19/7/2016).

“Pak gubernur, bersihkan Bunaken. Jangan sampai turis yang datang ke sana kecewa, toiletnya juga dijaga,” tegasnya. Menurut AY, sampah dan toilet merupakan masalah utama di Bunaken.

Itu didapatinya dari laporan turis Tiongkok yang melancong ke Bunaken. “Pantainya tidak bersih dan toiletnya tidak bersih. Turis juga susah menemukan toilet,” ujarnya.

Padahal, kebersihan tempat wisata dan toilet merupakan salah satu faktor penting agar membuat turis nyaman. Maka jangan sampai, gara-gara banyak sampah dan toilet yang jorok, membuat suatu citra destinasi yang tadinya sudah cantik menjadi buruk di mata turis.

“Saya minta jaga kebersihan dan toilet. Kalau gubernur dan bupatinya mau, pasti bisa bersih. Tanggal 29 besok saya mau ke sana, ada rencana juga untuk pengadaan toilet bersih. Potensi alam di Bunaken itu sangat tinggi,” urainya. (Gabriel Bobby)

 

 



About author



You might also like

Hotel

MICT Sepakati Bisnis US$400 Juta

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjadi salah satu panelis ‘Redifining The Role of Goverment in Developing New Tourist Destination’ dalam rangkaian kegiatan Manado International Conference on Tourism Investment di Sintesa Peninsula

Slideshow

Mengenal Bunda Maria, Bunda Segala Suku di Indonesia

Maria, Bunda Segala Suku di Indonesia (Ist) Sosok Bunda Maria yang selama ini dikenal di seluruh dunia sebagai Bunda Segala Bangsa ternyata juga bisa diwujudkan di Indonesia sebagai Bunda Segala

Culture

Deklarasi Gerakan 1000

Berita Foto: Bupati Kepulauan Seribu Budi Utomo bersama sejumlah pihak, antara lain Sineas Muda Indonesia, PATA Indonesia Chapter, dan Bank Indonesia mendeklarasikan Gerakan 1000 Proyek Pembekalan Ekonomi Kreatif Terintegrasi Kepulauan

Hotel

Melestarikan Kuliner Indonesia

Peluncuran Buku ‘Flavors of Indonesia, William Wongso Culinary Wonders’ di Jakarta, Rabu (14/4/2016) (Ist) Pakar kuliner Indonesia William Wongso bangga akan kearifan lokal yang ada di negeri ini sehingga memperkaya khazanah

Airlines

Bali yang tak Pernah Sepi

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama wisatawan mancanegara di Bali (Ist) Bali tetaplah Pulau Dewata yang keren. Tetap kece. Saking kecenya Kaka Slank pun mengajak istrinya berlibur ke Pulau Dewata. Buleleng

Cuisine

Djarwo Surjanto, Nakhoda Pelindo III yang Rendah Hati

Djarwo Surjanto (Ist) Sosok satu ini bukan orang baru di PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III. Ya, boleh jadi BUMN kepelabuhanan yang berbasis di Surabaya, Jawa Timur ini beruntung punya seorang