Wisatawan Tiongkok Keluhkan Bunaken Kotor

pesona sangihe

Menteri Pariwisata Arief Yahya meluncurkan Festival Pesona Sangihe 2016 dan Calendar of Event 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gd. Sapta Pesona, Jakarta. Selasa (19/7/2016)

Menteri Pariwisata Arief Yahya tampak kecewa mendapat informasi dari wisatawan Tiongkok yang mengeluhkan Bunaken di Sulawesi Utara (Sulut) kotor.

AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata meminta pemerintah provinsi Sulut membersihkan sampah dan toilet di Bunaken. Adapun Bunaken destinasi wisata selam yang populer di Indonesia, yang berada di Sulut dekat dengan Manado.

Dunia bawah lautnya diberkahi terumbu karang dan biota laut lainnya yang cantik. Namun, kenyataanya kecantikan Bunaken sudah tercemar.

Hal ini diungkapkan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam acara Launching Festival Pesona Sangihe 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (19/7/2016).

“Pak gubernur, bersihkan Bunaken. Jangan sampai turis yang datang ke sana kecewa, toiletnya juga dijaga,” tegasnya. Menurut AY, sampah dan toilet merupakan masalah utama di Bunaken.

Itu didapatinya dari laporan turis Tiongkok yang melancong ke Bunaken. “Pantainya tidak bersih dan toiletnya tidak bersih. Turis juga susah menemukan toilet,” ujarnya.

Padahal, kebersihan tempat wisata dan toilet merupakan salah satu faktor penting agar membuat turis nyaman. Maka jangan sampai, gara-gara banyak sampah dan toilet yang jorok, membuat suatu citra destinasi yang tadinya sudah cantik menjadi buruk di mata turis.

“Saya minta jaga kebersihan dan toilet. Kalau gubernur dan bupatinya mau, pasti bisa bersih. Tanggal 29 besok saya mau ke sana, ada rencana juga untuk pengadaan toilet bersih. Potensi alam di Bunaken itu sangat tinggi,” urainya. (Gabriel Bobby)

 

 

About author



You might also like

Airlines

Libur Lebaran 2016, Kemenpar Targetkan 30 Juta Wisatawan Traveling Keliling Nusantara

Menteri Pariwisata Arief Yahya (ketiga dari kiri) (Ist) Libur Lebaran 2016 sudah di depan mata. Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dengan tagline Pesona Lebaran 2016, menargetkan angka pergerakkan wisatawan di dalam negeri

World Heritage

Kerja Sama antara Kementerian Pariwisata dengan Emirates

Berita Foto: Menteri Pariwisata Arief Yahya menyaksikan penandatangan MoU Kerja Sama antara Kementerian Pariwisata dengan Emirates di sela kegiatan Arabian Travel Market 2016, Dubai, Uni Emirat Arab. Pihak Kementerian Pariwisata

Tourism

Ironman 70.3 Bintan 2016 Sukses

Peserta Ironman 70.3 Bintan 2016 (Ist) Gong perhelatan Ironman 70.3 Bintan 2016 digelar pada 27 hingga 28 Agustus 2016. Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) dan

World Heritage

Keberhasilan Pariwisata Hasil Sinergi dan Komitmen Berbagai Pihak

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar Workshop Matchmaking Calender of Event, Digital Destination, Diaspora Restaurant, with Co-Branding Partners dalam rangka mensinergikan langkah dan menyatukan persepsi antara

Heritage

‘Perlu Ditingkatkan Kebersihan di Destinasi Wisata’

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Pelaku industri pariwisata nasional berharap pemerintah bersama pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kebersihan di berbagai destinasi wisata yang tersebar di Nusantara. Demikian penjelasan Gifta Oktavia Rappe,

Culture

Rayakan Imlek di Hotel Neo Samadikun Cirebon

Promo menarik dari Hotel Neo Samadikun Cirebon (Ist) Imlek selama ini identik dengan budaya masyarakat Tionghoa. Dan, di Indonesia kebebasan merayakan Tahun Baru Imlek menjadi kenyataan dimulai di era Gus Dur.