Wisman ke Borobudur Naik Cruise

volendam

Ilustrasi Cruise (Ist)

Kapal pesiar MS Rotterdam yang membawa 1.258 wisatawan mancanegara (wisman) tiba di Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang. Wisman pun memili berwisata ke Borobudur.

Kapal cruise asal Belanda ini tiba pada akhir pekan lalu. Kedatangan kapal berbendera Belanda dengan sekitar 700 kru itu cukup melegakan seiring aturan baru kapal pesiar di Indonesia.

“Kini kapal pesiar atau cruise sudah boleh menaik turunkan penumpang di pelabuhan-pelabuhan kota besar di Indonesia. Tidak ada lagi cabotage, untuk memberi ruang gerak pada cruise berkembang di negara maritim Indonesia,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Menteri Pariwisata mendorong kapal pesiar dari Singapura, Hongkong dan Eropa untuk membawa penumpangnya ke Indonesia. Jika mereka melihat, dan menikmati alam laut Indonesia, dijamin mereka akan kembali lagi.

“Karena atraksi nature kita itu nggak ada yang mengalahkan, the best in the world,” ucap mantan Direktur Ut PT Telkom ini. Nakhoda Kapten Marco Alezander Carsjens memimpin pelayaran kapal sepanjang 236,91 meter dengan bobot 61.849 GT tersebut.

Para penumpang kapal pun berwisata ke Candi Borobudur selama 12 jam. “Paket turnya adalah langsung ke Borobudur makan siang di Borobudur Silver dan di Manohara. Juga akan ada agenda Semarang Sight, yakni mengunjungi jamu Nyonya Meneer, kota lama, Gereja Blenduk, dan Batik 16,” kata Kadispar Jawa Tengah Prasetyo Ariwibowo.

Sehari sebelumnya MS Rotterdam merapat di Pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta disambut Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok, Capt Sahattua P Simatupang dan jajarannya.

Nakhoda Capt Marco Alezander Carsjens mengatakan, kapal ini baru kali pertama sandar di pelabuhan-pelabuhan Indonesia.

Nakhoda mengajak Syahbandar Capt Sahattua bersama rombongan untuk naik dan berkeliling kapal milik maskapai pelayaran Holland American Line NV tersebut.

Kepada Syahbandar, Marco memperlihatkan fasilitas kapal sekelas hotel bintang 5 itu dan memperkenalkan kru, termasuk asal Indonesia. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tour Package

Grab Gali Atraksi Wisata di Yogyakarta Melalui GrabAndong

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Gubernur Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X naik andong di Yogyakarta (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengapresiasi salah satu mitra co-branding Wonderful Indonesia

Travel Operator

Terminal 3 Gerbang Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi yang kini dipercaya Presiden Jokowi menjadi Menteri Perhubungan di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Selasa (26/7/2016) menyatakan bahwa

Travel Operator

Kehabisan Tiket Pesawat ke Sumatera, Jangan Khawatir Naik Bus ALS Saja

Bus ALS (Ist) Libur Lebaran 2018 sudah di depan mata tapi wisatawan sudah kehabisan tiket pesawat untuk pulang ke rumah yang ada di Pulau Sumatera? Jangan khawatir. Tenang saja, moda

SightSeeing

Kotabaru Promosi Wisata di Jakarta

Samber Gelap di Kotabaru (Ist) Pemerintah kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan tengah gencar melakukan promosi destinasi wisata yang ada di Bumi Saijaan ini. Sejumlah destinasi andalan, seperti Samber Gelap, dan Siring

Cuisine

Belitung akan Tingkatkan Kualitas SDM Pariwisata

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie Pesona Belitung Beach Festival 2 Tahun 2019 yang mengusung tema Geopark dan dimulai sejak 30 Agustus hingga 1 September di Pantai Tanjung Pendam, Belitung ditutup

Culture

Kementerian Pariwisata Raih PATA Gold Awards 2016 PATA

PATA Gold Awards 2016 (Ist) Kementerian Pariwisata berhasil mencetak prestasi yang membanggakan dunia pariwisata Indonesia lantaran sukses meraih PATA Gold Awards 2016. Keberhasilan itu dilansir PATA, organisasi pariwisata internasional yang