Wisman ke Borobudur Naik Cruise

volendam

Ilustrasi Cruise (Ist)

Kapal pesiar MS Rotterdam yang membawa 1.258 wisatawan mancanegara (wisman) tiba di Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang. Wisman pun memili berwisata ke Borobudur.

Kapal cruise asal Belanda ini tiba pada akhir pekan lalu. Kedatangan kapal berbendera Belanda dengan sekitar 700 kru itu cukup melegakan seiring aturan baru kapal pesiar di Indonesia.

“Kini kapal pesiar atau cruise sudah boleh menaik turunkan penumpang di pelabuhan-pelabuhan kota besar di Indonesia. Tidak ada lagi cabotage, untuk memberi ruang gerak pada cruise berkembang di negara maritim Indonesia,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Menteri Pariwisata mendorong kapal pesiar dari Singapura, Hongkong dan Eropa untuk membawa penumpangnya ke Indonesia. Jika mereka melihat, dan menikmati alam laut Indonesia, dijamin mereka akan kembali lagi.

“Karena atraksi nature kita itu nggak ada yang mengalahkan, the best in the world,” ucap mantan Direktur Ut PT Telkom ini. Nakhoda Kapten Marco Alezander Carsjens memimpin pelayaran kapal sepanjang 236,91 meter dengan bobot 61.849 GT tersebut.

Para penumpang kapal pun berwisata ke Candi Borobudur selama 12 jam. “Paket turnya adalah langsung ke Borobudur makan siang di Borobudur Silver dan di Manohara. Juga akan ada agenda Semarang Sight, yakni mengunjungi jamu Nyonya Meneer, kota lama, Gereja Blenduk, dan Batik 16,” kata Kadispar Jawa Tengah Prasetyo Ariwibowo.

Sehari sebelumnya MS Rotterdam merapat di Pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta disambut Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok, Capt Sahattua P Simatupang dan jajarannya.

Nakhoda Capt Marco Alezander Carsjens mengatakan, kapal ini baru kali pertama sandar di pelabuhan-pelabuhan Indonesia.

Nakhoda mengajak Syahbandar Capt Sahattua bersama rombongan untuk naik dan berkeliling kapal milik maskapai pelayaran Holland American Line NV tersebut.

Kepada Syahbandar, Marco memperlihatkan fasilitas kapal sekelas hotel bintang 5 itu dan memperkenalkan kru, termasuk asal Indonesia. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Heritage

Selamat dan Sukses Irene Camilyn Sinaga

Irene Camelyn Sinaga (kiri) tengah berbincang dengan President/CEO PATA Indonesia Poernomo Siswoprasetijo (kemeja biru) di Palembang (Ist) Manajemen, redaksi, dan staf patainanews.com mengucapkan selamat kepada Irene Camelyn Sinaga resmi menjadi

SightSeeing

Hotel Horison NJ Semarang, Pilihan Cerdas Menginap di Semarang

Deluxe Room di Hotel Horison NJ Semarang (Ist) Semarang di Jawa Tengah menjadi bagian dalam Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang) yang merupakan 10 Bali baru, destinasi wisata prioritas yang dikembangkan dan

Airlines

The Ultimate Race is Back

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISI) Raja Sapta Oktohari (kiri) bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Ketua Umum Pengurus Besar

Heritage

UNWTO Puji Arief Yahya

Menteri Pariwisata Arief Yahya Sekretaris Jenderal United Nation World Tourism Organization (UNWTO) Taleb Rifai memuji kepintaran Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya membawa pariwisata Indonesia melompat lebih jauh. Profesor Architecture lulusan University

Culture

Lampung The Treasure of Sumatera

Ilsutrasi melihat lumba-lumba di Teluk Kiluan, Lampung (Ist) Lampung rupanya tak kalah menarik dengan destinasi lain di Indonesia. Wisatawan bisa berlibur ke Lampung pekan depan untuk menonton pagelaran Lampung Krakatau

Slideshow

Pelindo III, Pemkab Ende Sinergi Tingkatkan Status Pelabuhan Ende-Ippi

Uji coba penyandaran dermaga Pelabuhan Ippi (Ist) Manajemen PT Pelindo III terus berusaha meningkatkan kualitas layanan kepelabuhanan di kawasan timur Indonesia. Salah satunya bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Ende, Nusa