Wonderful ASIAN GAMES 2018

Menteri Pariwisata Arief Yahya

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Wakil Gubernur Sandiaga Uno meluncurkan bus Wonderful Asian Games (WAG) 2018 di Lapangan Monas, Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Peluncuran bus ini sebagai salah satu upaya nyata co-branding yang dilakukan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dengan menggandeng tiga penyedia transportasi bus, yaitu Transjakarta, DAMRI Airport Bus, dan Blue Bird Shuttle untuk mempromosikan destinasi wisata Indonesia pada bus wrapping dengan mengambil momentum Asian Games 2018.

Peluncuran Bus WAG 2018 sekaligus menetapkan ketiga mitra tersebut sebagai Service Ambassador Wonderful Asian Games  karena para pengemudi dan awak bus langsung bersentuhan dengan para atlet dan tamu Asian Games 2018 lainnya selama di Indonesia.

Mereka harus menjadi representasi service dan hospitality khas Indonesia. Menpar Arief mengapresiasi launching bus Wonderful Indonesia Asian Games 2018 sebagai upaya mempromosikan Wonderful Indonesia ke seluruh dunia melalui event Asian Games 2018.

“Branding Wonderful (WI) Indonesia semakin mendunia. Bila semula tidak masuk ranking branding dunia, maka pada 2015 lalu Wonderful Indonesia berhasil menembus ranking 47 mengalahkan country branding Truly Asia Malaysia (ranking 96) dan Amazing Thailand (ranking 83). Menguatnya brand WI ini akan memudahkan dalam upaya mencapai target kunjungan 17 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun ini dan akan meningkat menjadi 20 juta wisman pada tahun depan,” kata Menpar Arief dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Menpar Arief menjelaskan, Kemenpar mengajak brand di Tanah Air untuk melakukan kolaborasi melalui co-branding partnership dengan brand Wonderful Indonesia yang saat ini telah mendunia dengan semangat Indonesia Incorporated.

“Saat ini Kemenpar sudah bekerja dengan 119 brands yang meliputi corporate dan artis entrepreneur. Melalui co-branding partnership ini, kolaborasi dan sinergi brand Wonderful Indonesia dengan brand/perusahaan di seluruh tanah air akan semakin intensif dan luas melalui jaringan yang dimiliki oleh masing-masing mitra,” kata Menpar Arief.

Co-branding dilakukan dengan tiga penyedia transportasi bus yaitu Trans Jakarta, DAMRI Airport Bus, dan Blue Bird Shuttle antara lain diwujudkan pada hari dengan memanfaatkan momentum Asian Games 2018 untuk mempromosikan destinasi wisata di Tanah Air.

Bus Wonderful Indonesia Asian Games 2018 juga ditandai dengan pemakaian kaos Wonderful Indonesia kepada para pengemudi dan awak bus. Sementara Ketua II Co-Branding Kemenpar yang juga Tenaga Ahli Bidang Manajemen Strategis Kemenpar Priyantono Rudito mengatakan, Indonesia akan dapat memenangkan persaingan di tingkat regional dan global apabila seluruh stakeholder bersatu fokus mendukung pariwisata.

“Yang menjadi tantangan, bagaimana brand Wonderful Indonesia ini bisa menjadi endorser bagi sektor-sektor utama yaitu tourism, trading dan invesment,” ujar Priyantono Rudito. Seperti diketahui event Asian Games 2018 merupakan ajang olahraga terbesar di dunia setelah Olimpiade.

Event ini menjadi momentum yang spektakuler untuk mempromosikan destinasi wisata di Indonesia, khususnya di Jakarta dan Palembang sebagai tempat penyelenggaraannya Asian Games 2018 yang akan dimulai pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang.

Menurut perhitungan Bappenas, event olahraga ini akan diikuti 45 negara dengan perkiraan menghadirkan 170.000 wisatawan mancanegara (wisman) yang terdiri dari 10.000 atlet, 5.000 official, 5.000 awak media massa internasional dan 150.000 penonton, sedangkan penerimaaan devisa diperkirakan mencapai Rp3 triliun.

Sebanyak 25 bus dari target 100 bus yang di-wrapping dalam acara launching menampilkan branding Wonderful Indonesia dengan dominasi warna putih. Bus yang di-wrapping tersebut juga menampilkan obyek wisata unggulan di Tanah Air dengan daya tarik budaya (culture), alam (nature), dan buatan (man-made). Sebanyak 100 bus tersebut terdiri atas 64 bus Transjakarta untuk rute utama koridor satu, 20 bus Damri dan 16 bus Blue Bird Group untuk shuttle bus pusat kota menuju bandara. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Festival

Weekend Jalan-Jalan ke Cirebon

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Akhir pekan sudah di depan mata. Traveler masih bingung mau ke mana weekend ini? Jika traveler tak punya waktu cuti atau liburan panjang, maka tak perlu

Slideshow

Wisata Bahari Nusantara Diminati Wisman

Presiden Jokowi menargetkan bisa mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia hingga 2019 mendatang. Dan, wisata bahari menjadi andalan untuk bisa mewujudkan target tersebut sehingga wisata bahari pun semakin

World Heritage

FMIPA UI Wisata ke Cirebon

Rombongan FMIPA UI wisata ke Cirebon (Ist) Rombongan FMIPA Universitas Indonesia (UI) wisata ke Cirebon, Jawa Barat. Selain itu, selama di Cirebon rombongan FMIPA UI juga melakukan capacity building. Menurut Ninik

World Heritage

Lombok Bersiap Menyambut Wisatawan Timur Tengah

Lombok sumbang dua gelar untuk Indonesia dalam World Halal Travel Awards 2015 (Ist) Menggeliatnya industri pariwisata nasional menjadi peluang untuk menghasilkan devisa besar bagi negara. Dan, hingga saat ini Kementerian

Nature

Menanti Partisipasi ASITA dalam PATA Travel Mart 2016

PATA Travel Mart 2016 (Ist) Penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten pada 7 hingga 9 September mendatang sudah di depan mata. Dan,

Heritage

20 Oktober, Festival Dawai Nusantara di Malang

Festival Dawai Nusantara ke-3 di Malang (Ist) Membaca Indonesia dalam konteks sekarang hendaknya dilihat dengan geliat kebudayaan diantaranya munculnya banyak ruang estetika yang saling bersinergi diantaranya dengan musik. Musik dimana