‘Wonderful Indonesia’ Berjaya di ITB Berlin

itb berlin

Wonderful Indonesia berjaya di ITB Berlin (Ist)

Internationale Tourismus Boerse (ITB) Berlin, Jerman dikenal sebagai pameran wisata terbesar di dunia. Di ajang promosi wisata bergengsi ini, Indonesia meraih gelar juara.

Dalam pameran ITB Berlin yang digelar pada 9 hingga 13 Maret 2016, Wonderful Indonesia menyabet predikat sebagai The Best Exhibitor dalam kategori Booth Asia Australia Oceania.

Demikian kabar baik yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu. Kategori yang dinilai sangat kompleks lantaran ITB Berlin ini adalah travel mart yang terbesar sedunia, teramai, paling terpercaya, dan paling banyak diikuti oleh negara-negara di semua benua.

Tagline-nya saja, 50 Years of Excellence, The Leading Travel Trade Show. “Ada banyak kriteria yang dinilai dengan standar yang serius dan detail di sini, karena itu kami cukup bangga atas award di exhibition terbesar ini. Karena sejatinya, kemenangan itu direncanakan,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya yang didampingi Nia Niscaya, Asdep Pemasaran Wilayah Eropa Amerika, Timur Tengah dan Afrika.

Wonderful Indonesia membuat booth yang didesain dengan konsep Phinisi dengan moncong kapal tradisional khas Bugis, Makassar. Ruang pamernya memberikan kesan sambutan untuk pengunjung.

Paviliun Indonesia yang berisi 101 industri itu sangat longgar dengan wajah muka yang melebar karena diubah wajah depannya yang dulu biasanya bersaing bersebelahan dengan Malaysia.

Selain itu bahan-bahan yang dipakai booth ramah lingkungan. Semua bisa di-recycle, sehingga tidak menambah beban lingkungan.

“Materi promo, cetakan poster, flyer, semuanya tidak dibuang ke tong sampah, tetapi masih akan dimanfaatkan untuk KBRI dan VITO (Visit Indonesia Tourism Officer) di Jerman. Karena masih akan dipakai lagi bahan-bahan promosi itu,” ujarnya.

Ketiga, Wonderful Indonesia kaya akan kreativitas untuk menghidupkan paviliun yang berada di hal 26 A, nomor 122-123, dan 26C no 203 di kawasan Asia-Australia-Oceania itu.

Ada siluet wajah, ada cara mengajari kerajinan dari janur kuning kepada pengunjung yang sabar menikmati anyaman khas kampung di Indonesia.

Ada spa di sudut yang disiapkan dua terapis dan juga ada dua kursi malas. Di coffee corner, Indonesia punya dua macam barista. Satu yang khusus mengolah biji kopi yang diambil asli dari Gayo, Mandailing, Sidikalang, Jawa Temanggung, dan Toraja.

Satu lagi peracik cocktail yang dibawa khusus, mencampur jahe, kopi, dan aneka macam minuman tradisional dengan minuman bermerek Eropa, sehingga menjadi kombinasi rasa yang sangat khas.

Keempat, tim yang berkomunikasi dan berkoordinasi dengan ITB Berlin memahami bahasa Jerman. Sehingga hampir tidak pernah ada kebingungan selama pameran.

Kemenangan ini melengkapi semua travel mart sejak Februari dan Maret 2016 di berbagai tempat. Di LA, Wonderful Indonesia juara. Di Hongkong Victoria juga juara.

“Puncaknya ITB Berlin ini. Impact-nya terhadap marketing adalah, brand Wonderful Indonesia semakin menanjak tajam,” ungkap Menteri Pariwisata.

Di ITB Berlin, Indonesia mengungguli Malaysia, pesaing terdekat, yang ada di peringkat 10. Menurut AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata, salah satu strategi adalah branding di luar venue pameran.

“Branding Wonderful Indonesia kita geber habis, di venue, di shuttle bus, trem, kereta, mobil, banner, di media, TV, entrance, sampai tas pun dibranding total,” ungkapnya. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Destinations

Potensi Turis Korsel ke Indonesia Besar

Ilustrasi turis asing di Indonesia (Ist) Wisatawan asal Korea Selatan (Korsel) semakin suka berkunjung ke Indonesia. Mereka datang ke negeri ini menikmati beragam destinasi wisata yang tersebar di Nusantara. Kehadiran

Nature

Bromo Memukau Wisman di Hari Raya Yadnya Kasada 2017

Bromo (Ist) Peringatan Yadnya Kasada 2017 di Gunung Bromo Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur sangat berbeda ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Pemerintah daerah setempat menggelar pra-event bernama Eksotika Bromo pada 7 hingga 8

Airlines

Kualitas Wisman Selaras dengan Kuantitas

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Mancanegara Kementerian Pariwisata I Gde Pitana, Ketua AKSES Suroto, GM Pacto Baliprima Holidays Rika Larasati, dan Praktisi MICE PNJ Christina L Raudatin menjadi narasumber dalam FGD

Destinations

Rayakan HUT RI ke-71 di Tanjung Lesung

Berita Foto: Dapatkan harga spesial perayaan Kemerdekaan RI ke-71 mulai dari Rp900 ribuan di Tanjung Lesung Beach Hotel. (Ist)

Cuisine

Wonderful Indonesia dalam IBAF 2018

CEO dan Founder Adalima Balloons Leonard Suharli (kiri) dan Ferry Irianto, General Manager Mal Ciputra Jakarta Wonderful Indonesia dikemas menarik dalam balon. Ya, Indonesia Balloon Art Festival (IBAF) 2018 mengusung bertema

Slideshow

PT Pelindo III Kenalkan Dunia Maritim di Kawasan Indonesia Timur

PT Pelindo III (Ist) PT Pelabuhan Indonesia III kembali menggelar Program Pelindo III Goes to Campus sekaligus di dua universitas yang masuk dalam pengelolaan wilayah pelabuhannya. Kali ini kegiatan tersebut