‘Wonderful Indonesia’ Berjaya di ITB Berlin

itb berlin

Wonderful Indonesia berjaya di ITB Berlin (Ist)

Internationale Tourismus Boerse (ITB) Berlin, Jerman dikenal sebagai pameran wisata terbesar di dunia. Di ajang promosi wisata bergengsi ini, Indonesia meraih gelar juara.

Dalam pameran ITB Berlin yang digelar pada 9 hingga 13 Maret 2016, Wonderful Indonesia menyabet predikat sebagai The Best Exhibitor dalam kategori Booth Asia Australia Oceania.

Demikian kabar baik yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu. Kategori yang dinilai sangat kompleks lantaran ITB Berlin ini adalah travel mart yang terbesar sedunia, teramai, paling terpercaya, dan paling banyak diikuti oleh negara-negara di semua benua.

Tagline-nya saja, 50 Years of Excellence, The Leading Travel Trade Show. “Ada banyak kriteria yang dinilai dengan standar yang serius dan detail di sini, karena itu kami cukup bangga atas award di exhibition terbesar ini. Karena sejatinya, kemenangan itu direncanakan,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya yang didampingi Nia Niscaya, Asdep Pemasaran Wilayah Eropa Amerika, Timur Tengah dan Afrika.

Wonderful Indonesia membuat booth yang didesain dengan konsep Phinisi dengan moncong kapal tradisional khas Bugis, Makassar. Ruang pamernya memberikan kesan sambutan untuk pengunjung.

Paviliun Indonesia yang berisi 101 industri itu sangat longgar dengan wajah muka yang melebar karena diubah wajah depannya yang dulu biasanya bersaing bersebelahan dengan Malaysia.

Selain itu bahan-bahan yang dipakai booth ramah lingkungan. Semua bisa di-recycle, sehingga tidak menambah beban lingkungan.

“Materi promo, cetakan poster, flyer, semuanya tidak dibuang ke tong sampah, tetapi masih akan dimanfaatkan untuk KBRI dan VITO (Visit Indonesia Tourism Officer) di Jerman. Karena masih akan dipakai lagi bahan-bahan promosi itu,” ujarnya.

Ketiga, Wonderful Indonesia kaya akan kreativitas untuk menghidupkan paviliun yang berada di hal 26 A, nomor 122-123, dan 26C no 203 di kawasan Asia-Australia-Oceania itu.

Ada siluet wajah, ada cara mengajari kerajinan dari janur kuning kepada pengunjung yang sabar menikmati anyaman khas kampung di Indonesia.

Ada spa di sudut yang disiapkan dua terapis dan juga ada dua kursi malas. Di coffee corner, Indonesia punya dua macam barista. Satu yang khusus mengolah biji kopi yang diambil asli dari Gayo, Mandailing, Sidikalang, Jawa Temanggung, dan Toraja.

Satu lagi peracik cocktail yang dibawa khusus, mencampur jahe, kopi, dan aneka macam minuman tradisional dengan minuman bermerek Eropa, sehingga menjadi kombinasi rasa yang sangat khas.

Keempat, tim yang berkomunikasi dan berkoordinasi dengan ITB Berlin memahami bahasa Jerman. Sehingga hampir tidak pernah ada kebingungan selama pameran.

Kemenangan ini melengkapi semua travel mart sejak Februari dan Maret 2016 di berbagai tempat. Di LA, Wonderful Indonesia juara. Di Hongkong Victoria juga juara.

“Puncaknya ITB Berlin ini. Impact-nya terhadap marketing adalah, brand Wonderful Indonesia semakin menanjak tajam,” ungkap Menteri Pariwisata.

Di ITB Berlin, Indonesia mengungguli Malaysia, pesaing terdekat, yang ada di peringkat 10. Menurut AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata, salah satu strategi adalah branding di luar venue pameran.

“Branding Wonderful Indonesia kita geber habis, di venue, di shuttle bus, trem, kereta, mobil, banner, di media, TV, entrance, sampai tas pun dibranding total,” ungkapnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

SightSeeing

Semarak Ramadan di grandkemang Jakarta

Menikmati Ramadan di grandkemang Jakarta (Ist) Menyambut Ramadan, grandkemang Jakarta telah menyiapkan berbagai macam penawaran menarik.  Dari buffet buka puasa dengan menu yang lengkap, paket menginap dengan harga menarik hingga

Tour Package

Helicity Garap Pariwisata Bandung

Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan CEO PT Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja (Ist) Manajemen PT Whitesky Aviation merencanakan pada tahun ini menggarap rute perjalanan traveling menggunakan

Nature

Lombok Bakal Punya Sirkuit F1

Pantai Kuta di Kawasan Mandalika, Lombok (Ist) Pernah nonton balap F1 di Monaco? Sirkuit yang juga menyuguhkan pemandangan indah seperti laut, bukit-bukit, bangunan heritage, ngebut di dalam kota, dengan desain

Slideshow

CEO Metranet Gandeng FPMDI Kembangkan Media Digital

Didik Budi Santoso, Chief Executive Officer (CEO) PT Metranet (duduk nomor tiga dari kiri) foto bersama FPMDI, termasuk patainanews.com (memakai topi) (Ist)  “Saya orang di balik layar, jarang muncul ke

Cuisine

Menteri Pariwisata Bawa Angin Segar untuk Pariwisata Lombok

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan General Manager d’Praya Lombok Hotel LA Hadi Faishal (Ist) Kebijakan dan keseriusan Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk membangun maksimal pariwisata Lombok seakan menjadi air segar

All About Indonesia

Syuting Film di Destinasi Wisata

Film Pinky Promise (Ist) Film Pinky Promise bercerita tentang kehebatan perempuan dan kekuatan persahabatan dalam menghadapi kehidupan.  Film yang disutradarai Guntur Soeharjanto itu akan diputar di bioskop Indonesia mulai 13