Wonderful Indonesia Promosi di London

WhatsApp Image 2017-11-07 at 10.09.27

Menteri Pariwisata Arief Yahya di London, Inggris (Ist)

Di sela-sela persiapan keikutsertaan Indonesia di ajang World Travel Market London ke-37, Menteri Pariwisata Arief Yahya roadshow ke berbagai tempat, memantau langsung promosi Wonderful Indonesia.

Diawali dengan kehadiran Menpar Arief di Coctail Dinner CNN’s World Travel Market (WTM) London yang berlangsung di Heron Tower, 110 Bishopgate, (5/11/2017) malam waktu setempat. Dalam acara yang digelar satu malam sebelum pembukaan WTM London itu, Menpar Arief mendapat kehormatan untuk duduk satu meja dengan Sekretaris Jenderal United Nations World Tourism Organization (UNWTO) Taleb Rifai serta host terkemuka CNN Richard Quest.

Menpar Arief pada kesempatan itu juga diminta untuk menyampaikan kalimat perpisahan (masa jabatan) kepada Taleb Rifai yang akan segera mengakhiri masa dua periode jabatannya, dari 2010 hingga 2017. “Tentunya saya mengucapkan terima kasih kepada Mr Taleb Rifai dalam pengembangan industri pariwisata dunia melalui kebijakan-kebijakannya,” ujar Menpar Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Menpar Arief juga mengucapkan terima kasih dan dukungan dari Taleb Rifai selama menjabat Sekjen UNWTO yang mengembangkan dunia pariwisata melalui berbagai dukungan penelitian. “Dan juga program-program UNWTO lainnya,” jelas Menpar Aroef.

Sebelumnya, di siang harinya, Menpar Arief yang didampingi Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Kerajaan Inggris, Irlandia dan International Maritime Organization (IMO) Rizal Sukma, Deputi Pemasaran Mancanegara kemenpar I Gde Pitana dan Asdep Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika (ETTAA) Nia Niscaya menyambangi Gedung Baru KBRI London dan inspeksi kegiatan promosi Kemenpar di London.

Selama Oktober hingga November 2017, memanfaatkan momentum pelaksanaan event travel mart terbesar kedua setelah ITB Berlin ini, kampanye Wonderful Indonesia memang banyak memenuhi kota London. Sebanyak tiga billboard di London memasang promosi Wonderful Indonesia.

Pertama adalah Billboard berukuran 7,5m x 10m yang terletak di Victoria Station. Stasiun Victoria adalah stasiun kereta api bawah tanah utama di London. Stasiun ini berada di pusat kota London dan dekat dengan banyak tempat wisata termasuk Istana Buckingham dan Taman St James.

Kedua adalah Billboard berukuran 10m x 8m yang terletak di Borough Market London. Borough Market merupakan tempat yang banyak dikunjungi wisatawan karena menjual berbagai jenis makanan dari seluruh dunia. Letaknya juga strategis di pusat Kota London.

Terakhir adalah Billboard berukuran 19,6m x 9,9m yang terletak di salah satu pusat keramaian London, yaitu 10 Great Eastern Street. Dan yang tidak kalah menarik adalah, sejak 16 Oktober lalu, 180 unit Black Cab di London juga dibungkus dengan Wonderful Indonesia.

Beragam gambar destinasi menarik dan indah yang dimiliki Indonesia terpampang dengan indah di seratusan taksi yang ikonik di London itu. Menpar Arief Yahya mengatakan, Indonesia memang tampil dengan kekuatan penuh di ajang WTM London yang berlangsung pada 6 hingga 8 November 2017.

Deretan promosi Wonderful Indonesia baik di billboard maupun black cab sengaja dihadirkan dalam menyambut momen WTM London. “Kita harus memanfaatkan momentum untuk mendapatkan impression yang tinggi sehingga menjadi potensi yang besar untuk menaikkan branding Wonderful Indonesia,” ujar Menpar Arief Yahya.

Terbukti, banyak pihak yang memuji langkah cerdas Menteri asal Banyuwangi ini. Bahkan saat diwawancarai oleh Sky News, hal tersebut menjadi tema utama. Pemasangan Wonderful Indonesia di Billboard dan Black Cab disebut sebagai cara yang unik dan cerdas, terutama dengan mengambil momentum penyelenggaraan World Travel Market London 2017.

Untuk itu, dengan semua ‘kekuatan penuh’ yang dilancarkan Kementerian Pariwisata, diharapkan dapat memberikan hasil yang maksimal dalam keikutsertaan Indonesia di ajang WTM London 2017. Dimana paviliun Indonesia yang menempatkan Kapal Pinisi sebagai ikon, akan menjadi tempat bagi 50 pelaku industri pariwisata ternama yang akan menjual deretan destinasi wisata berkelas di Indonesia.

Mulai dari Borobudur, Bali, Komodo, Danau Toba, Raja Ampat dan lainnya. Menpar Arief mengatakan, berdasarkan data Kemenpar, hingga saat ini turis Inggris merupakan penyumbang terbesar turis Eropa ke Indonesia. Jumlah wisatawan asal Uni Eropa yang berkunjung ke Indonesia sepanjang tahun lalu mencapai 1 juta orang.

Inggris menyumbang 328.882 wisman ke Indonesia. Angka tersebut meningkat 21,9 persen dari tahun 2015 yang berjumlah 269.798 wisman. “Dan hingga Agustus 2017, tercatat 244.638 turis Inggris berkunjung ke Indonesia. Ini menunjukkan 63,71 persen dari target kunjungan wisman Inggris. Kita harapkan hingga akhir tahun ini, target 384.000 turis Inggris bisa tercapai,” ujar Arief Yahya.

Ia pun optimistis  Wonderful Indonesia akan semakin berkibar menjadi top of mind di jagat pariwisata dunia. “Apa yang tidak mungkin? Kita punya potensi, kita punya kemauan, dan kita harus punya kemampuan untuk menuju ke sana!” tegas Arief Yahya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tourism

Turis Asing Ramaikan Toba Gran Fondo

Ilustrasi turis asing di Indonesia (Ist) Wisatawan yang sedang ada di sekitar kawasan Danau Toba jangan hanya fokus ke Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba saja. Ada jelajah sepeda jarak jauh

SightSeeing

Ekspresi Keindahan Pencak Silat

Komite Seni Rupa Dewan Kesenian Jakarta mendukung program pameran seni patung pencak silat bertajuk Ekspresi Keindahan Rasa dan Bentuk dalam Gerak Pencak Silat yang diadakan oleh O’ong Maryono Pencak Silat Award dan

Cuisine

Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon Apresiasi Kereta Wisata Ajak Wisatawan ke Cirebon

Wisatawan di Keraton Kasepuhan Cirebon (Ist) Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon menyambut positif rencana manajemen PT Kereta Api Pariwisata pada akhir tahun depan meluncurkan layanan traveling ke sejumlah destinasi wisata yang

Airlines

Solo Great Sale Kaya Pagelaran Budaya

Falentina Cotton, Ketua Ikatan Koko Cici Jakarta (kedua dari kiri) berpose bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Launching Solo Great Sale 2016 di Jakarta, Selasa

SightSeeing

Wonderful Tanjung Lesung

Tanjung Lesung mendukung Post Tour AJTM ke TMII (Ist) Tanjung Lesung, Banten, destinasi wisata di Indonesia yang termasuk 10 Bali baru diperkirakan akan semakin dikenal di dunia, khususnya Eropa lantaran

Destinations

Forwarpar Sosialisasi Road to Tour de Singkarak 2015

Peserta Fun Bike ‘Tour de Keraton Kasepuhan’ (Ist) Sebagai upaya mensukseskan dan mensosialisasikan perhelatan Tour de Singkarak 2015 di Sumatera Barat, Forum Wartawan Pariwisata (Forwarpar) akan menggelar kegiatan Fun Bike