Wonderful Indonesia Quiz 2017

20170304_173141

Semarang yang terkenal dengan Kelenteng Sam Poo Kong pernah dikunjungi pemenang Wonderful Indonesia Quiz 2017 (Ist)

Kuis Wonderful Indonesia adalah salah satu program unggulan di Voice of Indonesia. Tujuan dari kuis ini di antaranya adalah untuk lebih mendekatkan pendengar dengan Voice of Indonesia dan untuk kemajuan acara VOI ke depan. Dari sisi Kementerian Pariwisata sendiri, tujuan diadakannya Wonderful Indonesia Quiz 2017 adalah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Kuis internasional Wonderful Indonesia kali pertama dilakukan pada 2011 silam bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Saat itu terpilih dua orang pemenang, yaitu Igor Sanikov dari Rusia dan Swopan Chakraboti dari India dengan tujuan wisata Jakarta dan  Lombok.

Tahun-tahun berikutnya jumlah pemenang Kuis Wonderful Indonesia semakin banyak. Dan sejak tahun 2011 sampai dengan 2017 RRI World Service Voice of Indonesia telah mendatangkan 54 orang pendengar yang berasal dari berbagai negara di seluruh dunia yaitu Australia, Rusia, India, Inggris , Jerman , Tiongkok, Jepang, Bangladesh, Finlandia, Lebanon, Rumania, Maroko, Korea, Aljazair, Pakistan, Mesir, Argentina, dan Amerika Serikat.

Jumlah pemenang terbanyak berasal dari Tiongkok dan India. Kota di Indonesia yang pernah dikunjungi para pemenang kuis adalah Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Bali, Lombok NTB, Padang, Bukittinggi, Labuan Bajo NTT, dan Medan.

Di antara pemenang yang datang ke Indonesia, usia termuda adalah Li Meng dari Tiongkok yaitu 26 tahun, dan usia tertua adalah Ali Benchora dari Aljazair yaitu 68 tahun. Latar belakang pemenang beragam mulai dari mahasiswa, dosen, pengusaha, peneliti, karyawan, kalangan medis, DXer, dan lain-lain.

Sejak 2016 lalu, Voice of Indonesia menyelenggarakan kuis internasional dua kali.. Edisi Mei bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dalam Wonderful Indonesia Quiz dan edisi September dengan biaya sepenuhnya dari Voice of Indonesia.

Di tahun 2017, Kuis Wonderful Indonesia mendatangkan 10 orang pemenang, satu orang dari Australia yaitu Michael Cunningham, 3 orang dari India yaitu Pritwiraj Purkayastha; Pradip chandra Kundu, dan Adita Prithika Subramanain, 3 orang dari Jepang yaitu Mitsuaki Horiike; Takashi Kawai;Akio Uemura dan 3 orang dari Tiongkok yaitu Yang Tie Tong; Gong Lei; Zhao YanPing. Mereka mulai dari 27 hingga 30 Mei berwisata ke kota Medan, Pulau Samosir dengan Danau Toba, Brastagi dan Jakarta.

Untuk edisi September,2017, Voice of Indonesia akan menyelenggarakan VOI International Quiz dan akan  mendatangkan tiga orang pemenang dari luar negeri. Para pemenang kuis internasional yang telah datang ke Indonesia dan secara langsung melihat keindahan alam, tempat bersejarah dan juga merasakan kuliner khas daerah sampai saat ini masih berkontribusi untuk Voice of Indonesia dan  menjadi corong atau duta informasi dan pariwisata Indonesia di negara masing-masing. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Hotel

El John Dukung 15 Juta Kunjungan Wisman 2017

Dikna Faradiba (Ist) El John Pageants mendukung upaya pemerintah bisa mendatangkan 15 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada 2017 mendatang. Karenanya El John Pageants pun ikut mempromosikan budaya asli

Destinations

Kepulauan Seribu Promosi Wisata Lewat Film Layar Lebar

Suasana di Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu  Sebagai upaya mempromosikan potensi wisata dan kearifan lokal yang ada di Kepulauan Seribu, maka pemerintah daerah Kepulauan Seribu akan membuat film layar lebar

Travel Operator

Tourism For All

Menteri Pariwisata Arief Yahya menekan tombol ‘Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2016’ (Ist) Apa yang dilakukan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam memperingati World Tourism Day 27 September 2016? Tidak muluk-muluk,

Cuisine

Indonesia Serius ‘Perang’ Lawan Malaysia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) War Room M-17 di lantai 16 Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta disiapkan untuk mengalahkan negeri jiran, Malaysia. Seperti apa

Culture

Menteri Pariwisata Bangga Presiden ke Danau Toba

Presiden Jokowi berada di atas mobil hias bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (kemeja putih) saat melakukan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba dari Soposurung, Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara, Minggu (21/8/2016).

Tour Package

UNESCO Apresiasi Geopark Belitung

Belitung (Ist) Akselerasi percepatan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dalam mengembangkan Belitung sebagai Taman Bumi atau Geopark semakin menemui titik terang. Keseriusan satu dari ’10 Bali Baru’ yang sudah ditetapkan sebagai destinasi