Wonderful Indonesia Quiz 2017

20170304_173141

Semarang yang terkenal dengan Kelenteng Sam Poo Kong pernah dikunjungi pemenang Wonderful Indonesia Quiz 2017 (Ist)

Kuis Wonderful Indonesia adalah salah satu program unggulan di Voice of Indonesia. Tujuan dari kuis ini di antaranya adalah untuk lebih mendekatkan pendengar dengan Voice of Indonesia dan untuk kemajuan acara VOI ke depan. Dari sisi Kementerian Pariwisata sendiri, tujuan diadakannya Wonderful Indonesia Quiz 2017 adalah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Kuis internasional Wonderful Indonesia kali pertama dilakukan pada 2011 silam bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Saat itu terpilih dua orang pemenang, yaitu Igor Sanikov dari Rusia dan Swopan Chakraboti dari India dengan tujuan wisata Jakarta dan  Lombok.

Tahun-tahun berikutnya jumlah pemenang Kuis Wonderful Indonesia semakin banyak. Dan sejak tahun 2011 sampai dengan 2017 RRI World Service Voice of Indonesia telah mendatangkan 54 orang pendengar yang berasal dari berbagai negara di seluruh dunia yaitu Australia, Rusia, India, Inggris , Jerman , Tiongkok, Jepang, Bangladesh, Finlandia, Lebanon, Rumania, Maroko, Korea, Aljazair, Pakistan, Mesir, Argentina, dan Amerika Serikat.

Jumlah pemenang terbanyak berasal dari Tiongkok dan India. Kota di Indonesia yang pernah dikunjungi para pemenang kuis adalah Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Bali, Lombok NTB, Padang, Bukittinggi, Labuan Bajo NTT, dan Medan.

Di antara pemenang yang datang ke Indonesia, usia termuda adalah Li Meng dari Tiongkok yaitu 26 tahun, dan usia tertua adalah Ali Benchora dari Aljazair yaitu 68 tahun. Latar belakang pemenang beragam mulai dari mahasiswa, dosen, pengusaha, peneliti, karyawan, kalangan medis, DXer, dan lain-lain.

Sejak 2016 lalu, Voice of Indonesia menyelenggarakan kuis internasional dua kali.. Edisi Mei bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dalam Wonderful Indonesia Quiz dan edisi September dengan biaya sepenuhnya dari Voice of Indonesia.

Di tahun 2017, Kuis Wonderful Indonesia mendatangkan 10 orang pemenang, satu orang dari Australia yaitu Michael Cunningham, 3 orang dari India yaitu Pritwiraj Purkayastha; Pradip chandra Kundu, dan Adita Prithika Subramanain, 3 orang dari Jepang yaitu Mitsuaki Horiike; Takashi Kawai;Akio Uemura dan 3 orang dari Tiongkok yaitu Yang Tie Tong; Gong Lei; Zhao YanPing. Mereka mulai dari 27 hingga 30 Mei berwisata ke kota Medan, Pulau Samosir dengan Danau Toba, Brastagi dan Jakarta.

Untuk edisi September,2017, Voice of Indonesia akan menyelenggarakan VOI International Quiz dan akan  mendatangkan tiga orang pemenang dari luar negeri. Para pemenang kuis internasional yang telah datang ke Indonesia dan secara langsung melihat keindahan alam, tempat bersejarah dan juga merasakan kuliner khas daerah sampai saat ini masih berkontribusi untuk Voice of Indonesia dan  menjadi corong atau duta informasi dan pariwisata Indonesia di negara masing-masing. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Destinations

GSN Berpotensi Jadi Turn Around Port Kapal Pesiar

Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) (Ist) Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) memiliki potensi menjadi Turn Around Port atau menjadi pusat keberangkatan dan kedatangan kapal pesiar. Hal ini dibuktikan

Airlines

Stan PATA Indonesia Ramai

Suasana pembukaan Astindo Fair 2016 di JCC, Jumat (23/3/2016) (Ist) Hari terakhir penyelenggaraan Astindo Fair 2016 di Jakarta Convention Center (JCC) stan PATA Indonesia Chapter ramai dikunjungi pengunjung. Ya, Minggu

Nature

Sambut Imlek di Tanjung Lesung

Promo Tanjung Lesung di Tanjung Lesung (Ist) Imlek 2017 sudah di depan mata. Perayaan Tahun Baru masyarakat keturunan Tionghoa ini semakin semarak di Indonesia. Dan, destinasi wisata Tanjung Lesung di

Cuisine

Menteri Pariwisata Geber Promo

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya tak mau kecolongan waktu promosi. Triwulan pertama tahun 2016 sudah mulai menggenjot beragam promo kreatif untuk merebut pasar pariwisata yang

Hotel

Changing Story from Indonesia (That You Haven’t Heard)

Elizabeth Gilbert (Ist) Harus diakui, Indonesia banyak menyimpan kisah inspiratif bagi banyak orang, termasuk wisatawan mancanegara yang berkunjung ke negeri ini. Sebut saja Elizabeth Gilbert, penulis Eat Pray and Love.

Hotel

Pesona Bali yang Menggoda Tim Toyota Astra Finance

Bernardus Nadu di Bali (Ist) Daya tarik Bali memang selalu menggoda bagi wisatawan mancanegara dan wisatawan Nusantara. Ya, tak bisa dipungkiri pesona Pulau Dewata juga menjadi daya tarik tim Toyota