Wonderful Indonesia Quiz 2017

20170304_173141

Semarang yang terkenal dengan Kelenteng Sam Poo Kong pernah dikunjungi pemenang Wonderful Indonesia Quiz 2017 (Ist)

Kuis Wonderful Indonesia adalah salah satu program unggulan di Voice of Indonesia. Tujuan dari kuis ini di antaranya adalah untuk lebih mendekatkan pendengar dengan Voice of Indonesia dan untuk kemajuan acara VOI ke depan. Dari sisi Kementerian Pariwisata sendiri, tujuan diadakannya Wonderful Indonesia Quiz 2017 adalah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Kuis internasional Wonderful Indonesia kali pertama dilakukan pada 2011 silam bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Saat itu terpilih dua orang pemenang, yaitu Igor Sanikov dari Rusia dan Swopan Chakraboti dari India dengan tujuan wisata Jakarta dan  Lombok.

Tahun-tahun berikutnya jumlah pemenang Kuis Wonderful Indonesia semakin banyak. Dan sejak tahun 2011 sampai dengan 2017 RRI World Service Voice of Indonesia telah mendatangkan 54 orang pendengar yang berasal dari berbagai negara di seluruh dunia yaitu Australia, Rusia, India, Inggris , Jerman , Tiongkok, Jepang, Bangladesh, Finlandia, Lebanon, Rumania, Maroko, Korea, Aljazair, Pakistan, Mesir, Argentina, dan Amerika Serikat.

Jumlah pemenang terbanyak berasal dari Tiongkok dan India. Kota di Indonesia yang pernah dikunjungi para pemenang kuis adalah Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Bali, Lombok NTB, Padang, Bukittinggi, Labuan Bajo NTT, dan Medan.

Di antara pemenang yang datang ke Indonesia, usia termuda adalah Li Meng dari Tiongkok yaitu 26 tahun, dan usia tertua adalah Ali Benchora dari Aljazair yaitu 68 tahun. Latar belakang pemenang beragam mulai dari mahasiswa, dosen, pengusaha, peneliti, karyawan, kalangan medis, DXer, dan lain-lain.

Sejak 2016 lalu, Voice of Indonesia menyelenggarakan kuis internasional dua kali.. Edisi Mei bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dalam Wonderful Indonesia Quiz dan edisi September dengan biaya sepenuhnya dari Voice of Indonesia.

Di tahun 2017, Kuis Wonderful Indonesia mendatangkan 10 orang pemenang, satu orang dari Australia yaitu Michael Cunningham, 3 orang dari India yaitu Pritwiraj Purkayastha; Pradip chandra Kundu, dan Adita Prithika Subramanain, 3 orang dari Jepang yaitu Mitsuaki Horiike; Takashi Kawai;Akio Uemura dan 3 orang dari Tiongkok yaitu Yang Tie Tong; Gong Lei; Zhao YanPing. Mereka mulai dari 27 hingga 30 Mei berwisata ke kota Medan, Pulau Samosir dengan Danau Toba, Brastagi dan Jakarta.

Untuk edisi September,2017, Voice of Indonesia akan menyelenggarakan VOI International Quiz dan akan  mendatangkan tiga orang pemenang dari luar negeri. Para pemenang kuis internasional yang telah datang ke Indonesia dan secara langsung melihat keindahan alam, tempat bersejarah dan juga merasakan kuliner khas daerah sampai saat ini masih berkontribusi untuk Voice of Indonesia dan  menjadi corong atau duta informasi dan pariwisata Indonesia di negara masing-masing. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Heritage

Kereta Wisata Priority Jakarta ke Semarang Bidik Wisatawan Mancanegara

Direktur Utama PT KA Pariwisata Totok Suryono (kedua dari kanan) dalam press conference Manajemen PT Kereta Api (KA) Pariwisata serius mendukung upaya pemerintah mendatangkan wisatawan mancanegara untuk traveling di Indonesia.

Investments

Korsel Serius Investasi di Tanjung Lesung

Wisatawan bisa diiving di Tanjung Lesung (Ist) Tidak sia-sia Menteri Pariwisata Arief Yahya one on one meeting tanpa jeda dengan delapan perusahaan di Seoul, Korea Selatan (Korsel) Jumat (3/6/2016) lantaran

Slideshow

Perancis Tertarik Investasi di Destinasi Pariwisata Indonesia

Turis asing, termasuk dari Perancis suka berlibur di Indonesia (Ist) Pertemuan ketiga Kelompok Kerja Bersama antara Pemerintah Republik Indonesia dan Republik Perancis berlangsung di Jakarta. Sebelumnya, kedua pihak telah melakukan

Slideshow

Menteri Pariwisata Minta Festival Pesona Palu Nomoni 2017 Digelar 27 September

Menteri Pariwsata Arief Yahya (tengah) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta Festival Pesona Palu Nomoni 2017 digelar pada 27 September. “Saya kira tahun 2017 harus dirancang lebih go global, dipaskan

Tour Package

Tingkatkan Kunjungan Wisman, Pemerintah Perlu Perhatikan Kantong Destinasi Wisata Penyumbang Wisman

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan (Sumsel) Irene Camelyn Sinaga (kanan) bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Meski pemerintah tengah giat mempromosikan dan mengembangkan 10 destinasi wisata unggulan yang

Slideshow

Wonderful Indonesia Tebar Pesona di ITB Asia

Suasana booth Wonderful Indonesia di ITB Asia (Ist) Kebersamaan Indonesia Incorporated kembali dipanaskan di arena ITB Asia 2017. Event yang digelar di Marina Bay Sands, Singapura pada 24-27 Oktober 2017