‘Wonderful Indonesia’ Tenggelamkan Malaysia

Wonderful-Indonesia-Logo-1 (1)

‘Wonderful Indonesia’ (Ist)

Country branding Indonesia, ‘Wonderful Indonesia’ semakin berjaya di pentas internasional lantaran mencetak prestasi membanggakan yang prestisius karena mampu menyingkirkan negeri jiran, Malaysia.

Adapun Indonesia memboyong tiga kategori penghargaan di ASEAN Torism Association (ASEANTA) Awards 2016. Pengumuman tersebut disampaikan di Manila, Filipina, Jumat (22/1/2016).

“Wonderful Indonesia menyabet tiga kategori dari enam kategori yang dikompetisikan,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, Jumat (22/1/2016).

Menjadi membanggakan karena menurut Arief Yahya dalam sektor pariwisata, Malaysia menjadi musuh bersama Indonesia. Sementara kategori lainnya dimenangkan oleh Malaysia sebanyak dua kategori dan Singapura sebanyak satu kategori.

Kategori yang dimenangkan ‘Wonderful Indonesia’, yakni Kategori Best ASEAN Tourism Photo Agung Prameswara – Morning in Bromo Kategori Best ASEAN Cultural Preservation Effort Saung Angklung Mang Udjo, dan Kategori Best ASEAN Travel Article The Perfect Wave – Colour Magazine, Garuda Indonesia.

Menurut Arief Yahya, ASEANTA Awards ini bisa dijadikan tumpangan untuk mempopulerkan destinasi wisata Indonesia. Untuk berpartisipasi dalam kontes di forum resmi ASEANTA ini, masing-masing negara mengusulkan, mengirimkan, dan mempresentasikan karya nyata yang sudah dilakukan dan menjadi unggulan 2015.

“Kami sudah seleksi, kami sudah kirim dan presentasikan, untuk diadu dengan karya-karya terhebat dari negara tetangga,” jelas AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata.

Kompetisi dan awarding itu, menurut dia, mempunyai makna penting baik internal maupun eksternal. Ke dalam, akan meningkatkan kualitas dan kemampuan SDM dalam hospitality.

“Kebanggaan dan prestasi itu bisa menularkan virus kompetisi internal kita, destinasi, pelaku bisnis, seniman, pemerhati, dan semua pihak yang concern di pariwisata. Semakin ketat kompetisi, semakin banyak karya yang bisa dipromosikan ke mancanegara,” urainya.

Sementara, pengaruh keluar yakni menjadi ajang promosi yang efektif. Pasalnya, hal ini akan menjadi bahan perbincangan publik di ASEAN.

Sebelumnya Indonesia juga berhasil mengalahkan Malaysia dalam ajang bergengsi UNWTO, dan tahun lalu Indonesia juga menjadi pemenang di acara penghargaan World Halal Travel Summit 2015 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Ketika itu Lombok berhasil memenangkan dua kategori, yaitu World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon Destination. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Hotel

ICE Semakin Siap untuk PATA Travel Mart 2016

Presiden Jokowi meresmikan  Indonesia Fintech Festival and Conference (IFFC) 2016 di ICE (Ist) Penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten sudah semakin

Airlines

Tenun Ikat Kediri, Menjaga Warisan Negeri yang Memikat Wisatawan

Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama istri Wakil Presiden Ibu Mufidah Jusuf Kalla ketika melihat langsung Tenun Ikat Kediri (Ist) Budaya khas Nusantara menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, khususnya

Slideshow

Bersama Mengembangkan Potensi Wisata Cirebon

Berita Foto: Di sela-sela peluncuran KA Ranggajati dengan rute Cirebon-Jember (PP), Selasa (1/11/2016) Hotel Manager Hotel Neo Samadikun Cirebon Gifta Oktavia Rappe pun berdiskusi dengan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra dan Sultan

Slideshow

Drumblek, Menarik untuk Wisman Berkunjung ke Salatiga

Aksi Garuda Drumblek (Ist) Bagi masyarakat urban di kota-kota besar keberadaan marching band tentunya sudah familiar. Namun, ada yang menarik dari Salatiga, Jawa Tengah, yakni drumblek. Menggunakan media bekas, drumblek

Slideshow

PT Pelindo III Kenalkan Dunia Maritim di Kawasan Indonesia Timur

PT Pelindo III (Ist) PT Pelabuhan Indonesia III kembali menggelar Program Pelindo III Goes to Campus sekaligus di dua universitas yang masuk dalam pengelolaan wilayah pelabuhannya. Kali ini kegiatan tersebut

Nature

Dukung Pariwisata, Kemenhub Beri Keringanan Tarif Jasa Kepelabuhanan untuk Kapal Wisata

Ilustrasi kapal cruise (Ist) Sebagai upaya mendukung pertumbuhan pariwisata nasional, Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Laut memberikan keringanan tarif jasa kepelabuhanan untuk kapal yacht, super yacht, dan kapal cruise. Direktur