‘Wonderful Indonesia’ Tenggelamkan Malaysia

Wonderful-Indonesia-Logo-1 (1)

‘Wonderful Indonesia’ (Ist)

Country branding Indonesia, ‘Wonderful Indonesia’ semakin berjaya di pentas internasional lantaran mencetak prestasi membanggakan yang prestisius karena mampu menyingkirkan negeri jiran, Malaysia.

Adapun Indonesia memboyong tiga kategori penghargaan di ASEAN Torism Association (ASEANTA) Awards 2016. Pengumuman tersebut disampaikan di Manila, Filipina, Jumat (22/1/2016).

“Wonderful Indonesia menyabet tiga kategori dari enam kategori yang dikompetisikan,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, Jumat (22/1/2016).

Menjadi membanggakan karena menurut Arief Yahya dalam sektor pariwisata, Malaysia menjadi musuh bersama Indonesia. Sementara kategori lainnya dimenangkan oleh Malaysia sebanyak dua kategori dan Singapura sebanyak satu kategori.

Kategori yang dimenangkan ‘Wonderful Indonesia’, yakni Kategori Best ASEAN Tourism Photo Agung Prameswara – Morning in Bromo Kategori Best ASEAN Cultural Preservation Effort Saung Angklung Mang Udjo, dan Kategori Best ASEAN Travel Article The Perfect Wave – Colour Magazine, Garuda Indonesia.

Menurut Arief Yahya, ASEANTA Awards ini bisa dijadikan tumpangan untuk mempopulerkan destinasi wisata Indonesia. Untuk berpartisipasi dalam kontes di forum resmi ASEANTA ini, masing-masing negara mengusulkan, mengirimkan, dan mempresentasikan karya nyata yang sudah dilakukan dan menjadi unggulan 2015.

“Kami sudah seleksi, kami sudah kirim dan presentasikan, untuk diadu dengan karya-karya terhebat dari negara tetangga,” jelas AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata.

Kompetisi dan awarding itu, menurut dia, mempunyai makna penting baik internal maupun eksternal. Ke dalam, akan meningkatkan kualitas dan kemampuan SDM dalam hospitality.

“Kebanggaan dan prestasi itu bisa menularkan virus kompetisi internal kita, destinasi, pelaku bisnis, seniman, pemerhati, dan semua pihak yang concern di pariwisata. Semakin ketat kompetisi, semakin banyak karya yang bisa dipromosikan ke mancanegara,” urainya.

Sementara, pengaruh keluar yakni menjadi ajang promosi yang efektif. Pasalnya, hal ini akan menjadi bahan perbincangan publik di ASEAN.

Sebelumnya Indonesia juga berhasil mengalahkan Malaysia dalam ajang bergengsi UNWTO, dan tahun lalu Indonesia juga menjadi pemenang di acara penghargaan World Halal Travel Summit 2015 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Ketika itu Lombok berhasil memenangkan dua kategori, yaitu World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon Destination. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Destinations

ICE di BSD City, Banten Jadi Venue PATA Travel Mart di Luar Bali

Press Conference PATA Travel Mart 2016 di Kementerian Pariwisata (Ist) Indonesia resmi terpilih menjadi tuan rumah PATA Travel Mart 2016 yang ke-39 pada saat PATA Travel Mart 2015 di Bangalore,

Culture

Riau Juara Umum Anugerah Pesona Indonesia 2017

Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara (Ist) Pariwisata Riau menjadi yang terbaik dalam Malam Penghargaan Augerah Pesona Indonesia 2017 sebab Riau ternyata mampu mengemas pariwata, budaya dan kearifan lokal yang ada

World Heritage

Banten Sabet Juara Terbaik di GWBN 2017

Wisatawan Nusantara di Tanjung Lesung, Banten (Ist) Banten meraih juara 1 pada ajang Pameran Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara (GWBN) 2017 yang memasuki tahun ke-15 di Jakarta Convention Center (JCC).

Nature

Mahasiswa Poltekpar Memilih Jadi Entrepreneur

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) saat ground breaking Poltekpar Palembang (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya betul-betul memikirkan masa depan mahasiswa Politeknik Pariwisata Negeri (Poltekpar), terutama yang berminat menjadi entrepreneur atau

Cuisine

Mengajak Orang Indonesia Lari dan Wisata di Kompleks Candi Prambanan

Jumpa Pers Teh Javana Candi ke Candi 10K Lari kini menjadi olahraga yang semakin populer di Indonesia. Dan, lari kian diminati masyarakat negeri ini. Dan, bertambah menarik olahraga ini karena digelar

Heritage

Country Branding ‘Wonderful Indonesia’ Promosi di Argentina

Sabar Gorky (kanan) saat bertemu Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Ist) ‘Wonderful Indonesia’ akan ikut dipromosikan di Argentina. Country branding negeri ini dipastikan turut serta dalam Ekspedisi