‘Wonderful Indonesia’ Tenggelamkan Malaysia

Wonderful-Indonesia-Logo-1 (1)

‘Wonderful Indonesia’ (Ist)

Country branding Indonesia, ‘Wonderful Indonesia’ semakin berjaya di pentas internasional lantaran mencetak prestasi membanggakan yang prestisius karena mampu menyingkirkan negeri jiran, Malaysia.

Adapun Indonesia memboyong tiga kategori penghargaan di ASEAN Torism Association (ASEANTA) Awards 2016. Pengumuman tersebut disampaikan di Manila, Filipina, Jumat (22/1/2016).

“Wonderful Indonesia menyabet tiga kategori dari enam kategori yang dikompetisikan,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, Jumat (22/1/2016).

Menjadi membanggakan karena menurut Arief Yahya dalam sektor pariwisata, Malaysia menjadi musuh bersama Indonesia. Sementara kategori lainnya dimenangkan oleh Malaysia sebanyak dua kategori dan Singapura sebanyak satu kategori.

Kategori yang dimenangkan ‘Wonderful Indonesia’, yakni Kategori Best ASEAN Tourism Photo Agung Prameswara – Morning in Bromo Kategori Best ASEAN Cultural Preservation Effort Saung Angklung Mang Udjo, dan Kategori Best ASEAN Travel Article The Perfect Wave – Colour Magazine, Garuda Indonesia.

Menurut Arief Yahya, ASEANTA Awards ini bisa dijadikan tumpangan untuk mempopulerkan destinasi wisata Indonesia. Untuk berpartisipasi dalam kontes di forum resmi ASEANTA ini, masing-masing negara mengusulkan, mengirimkan, dan mempresentasikan karya nyata yang sudah dilakukan dan menjadi unggulan 2015.

“Kami sudah seleksi, kami sudah kirim dan presentasikan, untuk diadu dengan karya-karya terhebat dari negara tetangga,” jelas AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata.

Kompetisi dan awarding itu, menurut dia, mempunyai makna penting baik internal maupun eksternal. Ke dalam, akan meningkatkan kualitas dan kemampuan SDM dalam hospitality.

“Kebanggaan dan prestasi itu bisa menularkan virus kompetisi internal kita, destinasi, pelaku bisnis, seniman, pemerhati, dan semua pihak yang concern di pariwisata. Semakin ketat kompetisi, semakin banyak karya yang bisa dipromosikan ke mancanegara,” urainya.

Sementara, pengaruh keluar yakni menjadi ajang promosi yang efektif. Pasalnya, hal ini akan menjadi bahan perbincangan publik di ASEAN.

Sebelumnya Indonesia juga berhasil mengalahkan Malaysia dalam ajang bergengsi UNWTO, dan tahun lalu Indonesia juga menjadi pemenang di acara penghargaan World Halal Travel Summit 2015 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Ketika itu Lombok berhasil memenangkan dua kategori, yaitu World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon Destination. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Hotel

Rayakan HUT RI ke-71 di Tanjung Lesung

Berita Foto: Dapatkan harga spesial perayaan Kemerdekaan RI ke-71 mulai dari Rp900 ribuan di Tanjung Lesung Beach Hotel. (Ist)

Cuisine

Pemerintah Bangun Infrastruktur Pariwisata Kawasan Taman Nasional Banyuwangi

Tari Gandrung khas Banyuwangi (Ist) Pemerintah segera memulai pembangunan infrastruktur penunjang pariwisata di kawasan taman nasional yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Selepas kunjungan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti

Travel Operator

Pantai Angsana, Destinasi Wisata Favorit di Kalsel

Wisatawan bisa snorkeling di Karang Anjir (Ist) Pantai Angsana di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel) disebut sebagai destinasi wisata favorit di Kalsel. Bahkan, Pantai Angsana juga dinilai sebagai destinasi wisata

Festival

Taman Nasional Tanjung Puting Diusulkan Jadi ‘New Bali’ ke-11

Wisatawan menikmati di TN Tanjung Puting (Ist) Taman Nasional Tanjung Puting, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah (Kalteng) diusulkan menjadi destinasi pariwisata prioritas atau masuk ke dalam Bali Baru. TN Tanjung Puting

Nature

Ikuti Kompetisi Fotografi Festival Pesona Bahari Tanjung Lesung

Ikuti kompetisi fotografi dalam di Festival Pesona Bahari Tanjung Lesung (Ist) Ikuti kompetisi fotografi dalam di Festival Pesona Bahari Tanjung Lesung. patainanews.com menjadi media partner. Berikut syarat dan Ketentuan Peserta

SightSeeing

Membangun Netwoking Menuju Travel Mart Dunia

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Catur Laswanto (duduk) berfoto bersama dengan Hasiyanna S Ashadi, Ketua ASITA DKI Jakarta dan delegasi AJTM (Ist) Penyelenggaraan ASITA Jakarta Travel Mart (AJTM) di