Worderful Noon Ajang Sinergi ASITA dan Pengguna Medsos

Suasana Wonderful Noon (Ist)

Ajang “Wonderful Noon” dengan tema Share the Mantra of Sumatera Beneath The Sky of Jakarta diharapkan jadi ajang sinergi antara Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (ASITA) dan para sosial media “enthusiasts”.

Sekretaris Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Ukus Kuswara dalam acara Wonderful Noon yang diselenggarakan Selasa, (30/4/2019) di Graha Niaga, Jakarta, mengatakan, baik pengguna sosial media (sosmed) maupun ASITA merupakan bagian dari unsur pentahelix dalam memajukan pariwisata Indonesia.

“Kita bertemu karena kita perlu menggaungkan semangat Indonesia Incorporated untuk membangun pariwisata. pariwisata tidak bisa berdiri sendiri. Yang membantu pariwisata maju dan semakin berkembang itu para pentahelix ABCGM,” ujar Sekretaris Kementerian Ukus Kuswara dalam pembukaannya.

Melalui berbagai sinergi yang dapat dilakukan antara ASITA dan para media enthusiasts ini pariwisata diharapkan dapat berpotensi mendorong perekonomian masyarakat.

“Saya berharap para influencer bisa bersinergi dengan ASITA karena mereka yang paling tahu destinasi-destinasi pariwisata. Potensi pariwisata yang luar biasa ini sangat terasa bila sama-sama kita bisa mendorong perekonomian bagi masyarakat,” ujar Ukus Kuswara dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (1/5/2019).

Diikuti oleh para sosmed enthusiasts yang terdiri dari Blogger, Vlogger, dan YouTuber, serta anggota ASITA, Wonderful Noon mengajak para peserta bergembira, memperkenalkan serta mempromosikan berbagai kebijakan pariwisata khususnya pariwisata Sumatera secara digital.

Adapun beberapa yang dipromosikan diantaranya wisata Cross Border, 10 destinasi Bali Baru, Nomadic tourism di Danau Toba, Badan Otoritas Danau Toba (BODT), dan salah satu dari 5 pintu masuk terbesar untuk wisatawan asing.

Bekerja sama dengan Financial Club Jakarta, Fokus Nusantara, dan Acaraki Jamu Sinde Budi Sentosa, keseruan acara Wonderful Noon diisi berbagai lomba dan kuis dengan hadiah-hadiah menarik dari Co-branding Wonderful Indonesia. Adapun lomba-lomba tersebut diantaranya lomba melukis payung hingga foto selfie terbaik.

Hadiah yang ditawarkan dan goodie bag yang diberikan kepada peserta pun beragam, ada voucher menginap di hotel Tauzia Group, kamera dari Canon, dan berbagai produk dari Martha Tilaar, KRISNA oleh-oleh Bali, Bakmi Naga, Bandung Makuta, Gigi eat Cake, Hydrococo, Bogor Raincake, Surabaya snow cake, Really Cake, Vidi Vini Vici Surabaya, dan Semarang Roru.

Berbagai hiburan juga memeriahkan acara Wonderful Noon sepanjang hari. Setelah sore harinya dihibur oleh Soulful, pada malam harinya para peserta mengikuti gala dinner sembari menikmati berbagai suguhan atraksi. Mulai dari Tari Randai, atraksi pembuatan jamu dari Acaraki, hingga Laser Man Show.

Para tamu undangan yang hadir dibuat kagum dan terpesona dengan seluruh penampilan pengisi acara. Mereka terus mengabadikan setiap acara dan hiburan yang ditampilkan lewat ponsel dan mengunggahnya di akun media sosial masing-masing dengan hestek #wonderfulnoon #wonderfulnoonskyofjakarta

Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara mengatakan, generasi milenial memiliki kekuatan berupa basis komunitas yang cukup penting di era industri digital 4.0 ini.

“Diharapkan teman-teman yang biasa disebut selebgram ini, yang memiliki kesempatan lebih besar untuk jalan-jalan dapat menyampaikan informasi pariwisata lewat digital. Hal ini dapat menjadikan pariwisata lebih maju lagi. Karena jarimu adalah pesonamu,” ujar Ukus Kuswara.

Sementara Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata, Guntur Sakti menambahkan, Wonderful Noon ini memperkenalkan para selebgram dengan industri yang sudah co-branding dengan Wonderful Indonesia.

Menurutnya, pariwisata berbasis digital merupakan instrumen yang baik untuk menarik minat kunjungan dan memobilisasi wisatawan milenial. Selain itu, industri juga bisa memanfaatkan para selebgram tersebut untuk berpromosi.

Selebgram yang hadir dalam Wonderful Noon Jakarta 2019 di antaranya Mr. D, Aditya Surya Pratama, Stuart Collin, Intan Saumadina, Jeje Soekarno, Intan Erlita, Vira Yunita, Dimas Ramadhan, dan yang lainnya.

“Para blogger, youtuber, vlogger, dan Selebgram yang hadir dalam Wonderful Noon selama ini pantas kami sebut aktivis digital pariwisata. Karena mereka semua turut membantu pemerintah dalam mengenalkan pariwisata Indonesia ke seluruh penjuru Indonesia, bahkan dunia. Komunitas dari generasi milenial ini bisa menyejahterakan masyarakat sekitar. Sekarang ini bukan lagi mulutmu harimaumu tapi jemarimu dapat menyejahterakan,” kata Guntur Sakti.

Acara Wonderful Noon ditutup dengan penyerahan cenderamata dan sertifikat kepada seluruh Co-Branding yang mendukung jalannya acara. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Heritage

GMT 2016, Pagi yang Terasa Senja

Ilustrasi GMT (Ist) Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 yang akan terjadi pada 9 Maret mendatang diperkirakan akan membuat pagi hari di sejumlah daerah di Indonesia menyerupai petang hari. Pasalnya, matahari

Destinations

BNI Ikut Promosikan Pariwisata Kota Tua

Gedung BNI di kawasan Kota Tua (Ist) Bank pelat merah, PT Bank Negara Indonesia (BNI) mengaku ikut serta mempromosikan destinasi wisata Kota Tua Jakarta sehingga wisatawan pun semakin tertarik berkunjung

Festival

Agustus, Kemenpar Punya Cara Baru Hitung Wisatawan

Menteri Pariwisata (ketiga dari kiri) (Ist) Selama ini butuh waktu cukup lama, yakni sekitar bulan ke depan jika ingin menghitung kunjungan turis ke Indonesia di bulan ini. Dan, cara ini

Culture

Selalu Berbagi dan Berbuat Baik

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Perempuan hebat! Tak salah memang menyebut dirinya sebagai perempuan asli Indonesia yang hebat sebab sosok satu ini memang terlihat begitu cantik, cerdas, dan pekerja keras. Bahkan,

Culture

2018, Devisa Pariwisata Lampaui Target

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia tahun 2018 diproyeksikan sekitar 16,2 juta wisman atau sekitar 95% dari target yang ditetapkan

Cuisine

Masyarakat Destinasi Super Prioritas Likupang Sulut Diajak Sadar Wisata

Gerakan Sadar Wisata di Sulut (Ist) Masyarakat yang tinggal di seputar destinasi super prioritas Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) diajak untuk mengikuti Gerakan Sadar Wisata. Untuk itu