WPC Dorong Pertumbuhan Pariwisata Indonesia

irma sustika

Irma Sustika (Ist)

Womanpreneur Community (WPC) diketahui ikut mendorong pertumbuhan pariwisata di Indonesia melalui budaya khas Nusantara dan kearifan lokal yang dimiliki negeri ini.

Hal tersebut dikatakan Irma Sustika, CEO and Founder WPC ketika ditemui patainanews.com di kantornya, Senin (5/6/2017). “Kegiaran WPC selama ini dilakukan di daerah yang menjadi destinasi wisata di Indonesia, seperti Semarang, Yogyakarta dan Bali,” ucapnya.

Seperti diketahui, Menteri Pariwisata mengenalkan pentahelix dalam pariwisata negeri dalam upaya merealisasikan target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia hingga 2019 mendatang. Adapun pentahelix terdiri dari pemerintah, akademisi, komunitas, bisnis, dan media massa.

Pentahelix pun harus sinergi dalam mengupayakan target Presiden Jokowi terwujud pada 2019. Dan, bisa dibilang WPC termasuk dalam komunitas. Irma yang juga owner Indonesia Selaras ini menjelaskan, WPC berkaitan dengan perempuan yang mengelola bisnis UKM. Menurutnya, UKM selama ini bisa memberikan kontribusi terhadap perkembangan sektor pariwisata nasional.

Ia mengatakan, selama ini para member WPC yang tersebar di Indonesia bisa melihat dengan jeli dan memanfaatkan kearifan lokal yang ada di daerah masing-masing sehingga bisa menghasilkan karya yang menark dan tampil beda dalam upaya menarik minat masyarakat dan wisatawan untuk memiliki karya yang dihasilkan para member WPC.

Pelatihan dari PBB

irma pbb

SheTrades Workshop: Digital Marketing and E-Commerce (Ist)

Menariknya WPC mendapat kabar baik untuk menembus pasar dunia lantaran WPC menerima undangan khusus dari ITC UN (International Trade Center United Nation) yang bekerja sama dengan Facebook Indonesia dan #SheMeansBusiness, serta didukung Australian Aid, yakni ITC mengadakan pelatihan pemasaran digital dan e-commerce bagi usaha mikro, kecil dan menengah yang dimiliki atau dipimpin pengusaha perempuan di Indonesia.

Demikian diungkapkan Irma Sustika, CEO and Founder WPC ketika dihubungi patainanews.com, Minggu (4/6/2017). Irma menuturkan, nama kegiatan tersebut adalah SheTrades Workshop: Digital Marketing and E-Commerce yang akan digelar di Jakarta pada 5 hingga 6 Juli mendatang.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari inisiatif ITC SheTrades melalui proyek ‘Pemberdayaan Ekonomi Perempuan di Negara-Negara Asosiasi Lingkar Samudera Hindia (IORA)”,” paparnya. Irma menjelaskan mengenai ITC, yakni badan internasional yang didirikan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

“ITC membantu usaha kecil dan menengah di negara berkembang dan negara tertinggal untuk menjadi lebih kompetitif dalam pasar internasional, yang mana berkontribusi dalam pembangunan ekonomi yang berkelanjutan,” ucapnya.

“Siapa yang berkesampatan mengikuti Workshop ini ? Untuk kali ini, diutamakan peserta yang bisnisnya berbasis pariwisata dan tehnologi. Untuk bidang pariwisata bisa tour operator (penyelenggara tur), tour guides, penyewaan kendaraan, catering, restoran, event coordination (MICE), budaya, hotel/akomodasi , pariwisata berbasis dampak lingkungan dan pemberdayaan ekonomi, souvenir & handicraft, ecotourism, wisata edukasi, dan hal lain yang menjadi turunan untuk mendukung penguatan pariwisata Indonesia,” urainya. (Gabriel Bobby)

 

 

 

 

 

About author



You might also like

Tour Package

Garap Turis Negeri Jiran, Biro Perjalanan Malaysia ke Tanjung Lesung

Wisatawan di Tanjung Lesung (Ist) Manajemen Tanjung Lesung menyambut gembira kunjungan agen perjalanan dari Johor Bahru dan Kuala Lumpur, Malaysia karena diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Slideshow

Musala dan Gereja di Puncak Gunung Sinai

Rombongan ziarah (Ist) Gunung Sinai  terletak di semenanjung Sinai dan Mesir, yang merupakan gunung gersang bebatuan dengan ketinggian 2.285 meter dari permukaan laut, dan berada pada bagian pegunungan disebelah selatan

SightSeeing

Anugerah Kebudayaan PWI 2017 Kembali Digelar

Batik adalah salah satu budaya Indonesia (Ist) Kebudayaan adalah roh suatu bangsa. Sedangkan media massa adalah mata dan hatinya. Di era otonomi daerah, sesungguhnya ujung tombak kebudayaan nasional ada di

World Heritage

Ayo Ikut Sayembara Desain Rumah Wisata

Sayembara Desain Rumah Wisata (Ist) Ketua Pokja Tim Percepatan 10 Top Destinasi Kementerian Pariwisata Hiramsyah Sambudhy Thaib mengajak para desainer, arsitek, dan ahli gambar bentuk rumah di manapun mereka berada.

Tourism

Kondisi Market Wisata Telah Berubah

Wisatawan Nusantara tengah berlibur di destinasi wisata Indonesia (Ist) Tripvisto membukukan lonjakan transaksi hingga lebih dari 1000 paket wisata dengan nilai rata-rata paket wisata Rp3 juta selama Hari Belanja Online

Slideshow

Bangun Morotai, Jababeka Gandeng Taiwan

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) PT Morotai Jababeka positif mengembangkan destinasi prioritas di Morotai, Maluku Utara. Mereka akan menggandeng mitra dari Taiwan untuk membangun amenitas dan atraksi di areal seluas