WPC Dorong Pertumbuhan Pariwisata Indonesia

irma sustika

Irma Sustika (Ist)

Womanpreneur Community (WPC) diketahui ikut mendorong pertumbuhan pariwisata di Indonesia melalui budaya khas Nusantara dan kearifan lokal yang dimiliki negeri ini.

Hal tersebut dikatakan Irma Sustika, CEO and Founder WPC ketika ditemui patainanews.com di kantornya, Senin (5/6/2017). “Kegiaran WPC selama ini dilakukan di daerah yang menjadi destinasi wisata di Indonesia, seperti Semarang, Yogyakarta dan Bali,” ucapnya.

Seperti diketahui, Menteri Pariwisata mengenalkan pentahelix dalam pariwisata negeri dalam upaya merealisasikan target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia hingga 2019 mendatang. Adapun pentahelix terdiri dari pemerintah, akademisi, komunitas, bisnis, dan media massa.

Pentahelix pun harus sinergi dalam mengupayakan target Presiden Jokowi terwujud pada 2019. Dan, bisa dibilang WPC termasuk dalam komunitas. Irma yang juga owner Indonesia Selaras ini menjelaskan, WPC berkaitan dengan perempuan yang mengelola bisnis UKM. Menurutnya, UKM selama ini bisa memberikan kontribusi terhadap perkembangan sektor pariwisata nasional.

Ia mengatakan, selama ini para member WPC yang tersebar di Indonesia bisa melihat dengan jeli dan memanfaatkan kearifan lokal yang ada di daerah masing-masing sehingga bisa menghasilkan karya yang menark dan tampil beda dalam upaya menarik minat masyarakat dan wisatawan untuk memiliki karya yang dihasilkan para member WPC.

Pelatihan dari PBB

irma pbb

SheTrades Workshop: Digital Marketing and E-Commerce (Ist)

Menariknya WPC mendapat kabar baik untuk menembus pasar dunia lantaran WPC menerima undangan khusus dari ITC UN (International Trade Center United Nation) yang bekerja sama dengan Facebook Indonesia dan #SheMeansBusiness, serta didukung Australian Aid, yakni ITC mengadakan pelatihan pemasaran digital dan e-commerce bagi usaha mikro, kecil dan menengah yang dimiliki atau dipimpin pengusaha perempuan di Indonesia.

Demikian diungkapkan Irma Sustika, CEO and Founder WPC ketika dihubungi patainanews.com, Minggu (4/6/2017). Irma menuturkan, nama kegiatan tersebut adalah SheTrades Workshop: Digital Marketing and E-Commerce yang akan digelar di Jakarta pada 5 hingga 6 Juli mendatang.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari inisiatif ITC SheTrades melalui proyek ‘Pemberdayaan Ekonomi Perempuan di Negara-Negara Asosiasi Lingkar Samudera Hindia (IORA)”,” paparnya. Irma menjelaskan mengenai ITC, yakni badan internasional yang didirikan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

“ITC membantu usaha kecil dan menengah di negara berkembang dan negara tertinggal untuk menjadi lebih kompetitif dalam pasar internasional, yang mana berkontribusi dalam pembangunan ekonomi yang berkelanjutan,” ucapnya.

“Siapa yang berkesampatan mengikuti Workshop ini ? Untuk kali ini, diutamakan peserta yang bisnisnya berbasis pariwisata dan tehnologi. Untuk bidang pariwisata bisa tour operator (penyelenggara tur), tour guides, penyewaan kendaraan, catering, restoran, event coordination (MICE), budaya, hotel/akomodasi , pariwisata berbasis dampak lingkungan dan pemberdayaan ekonomi, souvenir & handicraft, ecotourism, wisata edukasi, dan hal lain yang menjadi turunan untuk mendukung penguatan pariwisata Indonesia,” urainya. (Gabriel Bobby)

 

 

 

 

 



About author



You might also like

Culture

Patung Garuda, Ikon Baru Bandara Soekarno-Hatta yang Bakal Menarik Wisman

Bandara Soekarno-Hatta (Ist) Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan segera memiliki ikon baru. Selain Patung Proklamator, juga akan ada Patung Garuda pada Agustus mendatang. Dan, patung terbaru ini direncanakan bisa menarik minat

Slideshow

Long Weekend Tanjung Lesung Penuh Wisatawan

Di Tanjung Lesung, wisatawan juga bisa menikmati wisata bahari, seperti diving (Ist) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung, Banten tidak berbeda dengan destinasi wisata lain di Tanah Air. Penuh,

Travel Operator

Wonderful Indonesia Beach Festival 2017 Bakal Hebohkan Melbourne

Wonderful Indonesia (Ist) Bulan pertama di tahun 2017, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) langsung tancap gas. Kementerian dibawah komando Arief Yahya itu rencananya akan memperkuat dan memelihara branding Wonderful Indonesia di Negeri

Tourism

Forum Bisnis Cirebon

Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon PRA Arief Natadiningrat (batik kuning) dan President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo berpose bersama didampingi Ninik Irawan, Direktur PT Murni Wisata Mandiri (paling kiri) di Aston

World Heritage

Kukar Semakin Diminati Wisatawan

Asdep Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar (tengah) Putu Ngurah memimpin Press Conference Erau Adat Kutai & 4th International Folk Arts Festival (EIFAF) di Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Jakarta, Jumat

Hotel

80 Ribu Warga Tionghoa Bakal Serbu Pulau Kemaro

Selepas Imlek dan Cap Go Meh 2016, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan menyambut Gerhana Matahari Total 2016 di Jembatan Ampera Palembang (Ist) Promosi wisata dengan tema Imlek dan Cap Go