WPC Dorong Pertumbuhan Pariwisata Indonesia

irma sustika

Irma Sustika (Ist)

Womanpreneur Community (WPC) diketahui ikut mendorong pertumbuhan pariwisata di Indonesia melalui budaya khas Nusantara dan kearifan lokal yang dimiliki negeri ini.

Hal tersebut dikatakan Irma Sustika, CEO and Founder WPC ketika ditemui patainanews.com di kantornya, Senin (5/6/2017). “Kegiaran WPC selama ini dilakukan di daerah yang menjadi destinasi wisata di Indonesia, seperti Semarang, Yogyakarta dan Bali,” ucapnya.

Seperti diketahui, Menteri Pariwisata mengenalkan pentahelix dalam pariwisata negeri dalam upaya merealisasikan target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia hingga 2019 mendatang. Adapun pentahelix terdiri dari pemerintah, akademisi, komunitas, bisnis, dan media massa.

Pentahelix pun harus sinergi dalam mengupayakan target Presiden Jokowi terwujud pada 2019. Dan, bisa dibilang WPC termasuk dalam komunitas. Irma yang juga owner Indonesia Selaras ini menjelaskan, WPC berkaitan dengan perempuan yang mengelola bisnis UKM. Menurutnya, UKM selama ini bisa memberikan kontribusi terhadap perkembangan sektor pariwisata nasional.

Ia mengatakan, selama ini para member WPC yang tersebar di Indonesia bisa melihat dengan jeli dan memanfaatkan kearifan lokal yang ada di daerah masing-masing sehingga bisa menghasilkan karya yang menark dan tampil beda dalam upaya menarik minat masyarakat dan wisatawan untuk memiliki karya yang dihasilkan para member WPC.

Pelatihan dari PBB

irma pbb

SheTrades Workshop: Digital Marketing and E-Commerce (Ist)

Menariknya WPC mendapat kabar baik untuk menembus pasar dunia lantaran WPC menerima undangan khusus dari ITC UN (International Trade Center United Nation) yang bekerja sama dengan Facebook Indonesia dan #SheMeansBusiness, serta didukung Australian Aid, yakni ITC mengadakan pelatihan pemasaran digital dan e-commerce bagi usaha mikro, kecil dan menengah yang dimiliki atau dipimpin pengusaha perempuan di Indonesia.

Demikian diungkapkan Irma Sustika, CEO and Founder WPC ketika dihubungi patainanews.com, Minggu (4/6/2017). Irma menuturkan, nama kegiatan tersebut adalah SheTrades Workshop: Digital Marketing and E-Commerce yang akan digelar di Jakarta pada 5 hingga 6 Juli mendatang.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari inisiatif ITC SheTrades melalui proyek ‘Pemberdayaan Ekonomi Perempuan di Negara-Negara Asosiasi Lingkar Samudera Hindia (IORA)”,” paparnya. Irma menjelaskan mengenai ITC, yakni badan internasional yang didirikan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

“ITC membantu usaha kecil dan menengah di negara berkembang dan negara tertinggal untuk menjadi lebih kompetitif dalam pasar internasional, yang mana berkontribusi dalam pembangunan ekonomi yang berkelanjutan,” ucapnya.

“Siapa yang berkesampatan mengikuti Workshop ini ? Untuk kali ini, diutamakan peserta yang bisnisnya berbasis pariwisata dan tehnologi. Untuk bidang pariwisata bisa tour operator (penyelenggara tur), tour guides, penyewaan kendaraan, catering, restoran, event coordination (MICE), budaya, hotel/akomodasi , pariwisata berbasis dampak lingkungan dan pemberdayaan ekonomi, souvenir & handicraft, ecotourism, wisata edukasi, dan hal lain yang menjadi turunan untuk mendukung penguatan pariwisata Indonesia,” urainya. (Gabriel Bobby)

 

 

 

 

 





About author



You might also like

Slideshow

Metranet Luncurkan Perangkat Monetisasi Media Digital

patainanews.com (memakai topi) hadir dalam acara Metranet (Ist) Masyarakat kini semakin mudah mengakses internet. Dunia digital bergerak cepat dan terus tumbuh, termasuk industri media dan periklanan.   Dewan Pers pada

Festival

Sumsel Gencar Promosikan Wisata Sejarah

Irene Camelyn Sinaga (tengah) (Ist) Kaya akan warisan sejarah membuat pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) akan mempromosikan potensi wisata yang ada guna menarik minat wisatawan asing berkunjung ke Sumsel. Plt

Tourism

Olahraga Sambil Wisata di Bangka

Gubernur Babel Rustam Effendi dan Bupati Bangka Tarmizi Saat berpose bersama peserta Sungailiat Triathlon 2016 (Ist) Olahraga dan wisata kini menjadi tren dalam pariwisata Indonesia. Tak bisa dipungkiri, olahraga bisa

Tour Package

Pemerintah Serius Promosikan Pariwisata Indonesia

Imelda Budiman (Ist) Dengan adanya program Wonderful Indonesia, sebenarnya saat ini pemerintah sudah sangat concern untuk memajukan berbagai wisata Indonesia secara merata. “Jadi, itu sudah merupakan upaya yang sangat bagus

Slideshow

Cesbbi Semakin Eksis ke Malaysia

Cessbi (Ist) Traveling ternyata bisa menciptakan peluang bisnis. Ya, bermula dari suka traveling bersama keluarga keliling berbagai destinasi wisata di Indonesia menimbulkan ide bisnis bagi Ayu Hermanu. Sosok satu ini

Festival

2017, Selamat HUT ke-2 patainanews.com

Logo patainanews.com Rutinitas dan keseriusan dalam memberikan informasi mengenai perkembangan dunia pariwisata nasional, budaya khas Nusantara, dan kearifan lokal di Tanah Air, serta investasi di Indonesia seakan membuat patainanews.com melupakan