Yogyakarta Curi Perhatian di TTE Expo 2016 Manila

Arief Yahya di asita

Menteri Pariwisata Arief Yahya

Filipina bukan pasar terbesar Indonesia di wilayah Asia Tenggara. Masih jauh tertinggal dari Singapura, Malaysia, Australia, Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, India, dan Uni Emirat Arab. Critical success factornya adalah penerbangan langsung (direct flight) atau aksesibilitas.

“Direct flight dari Filipina ke Indonesia hanya rute Manila-Jakarta dan Manila-Denpasar yang dilayani oleh Phillipines Airlines setiap hari. Sedangkan Manila-Manado yang jaraknya relatif dekat tidak ada. Penerbangan maskapai lain harus transit dulu Singapura atau Kuala Lumpur,” ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Padahal, kalau ditinjau dari jaraknya, cukup diterbangi dalam 3-4 jam saja. Tidak terlalu jauh. Dan hubungan Indonesia-Filipina selama ini juga baik-baik saja.

Lalu apa yang membuat ‘sinyal’ pariwisatanya seolah-olah ‘disconnect’ dan serasa jauh? “Kuncinya tetap di promosi. Selama tidak ada promosi, tidak konsisten, dan tidak tepat sasaran, hasilnya tidak akan signifikan,” jelas Arief Yahya.

Karena itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar, I Gde Pitana, Selasa (23/2/2016) melaporkan atmosfer Travel TourExpo (TTE) Filipina pada 5-7 Februari lalu di Manila sudah beda.

Adapun tema destinasi yang dijual untuk Jakarta, Yogyakarta, dan Bali berkibar dan mendapatkan respons yang luar biasa. Stan ‘Wonderful Indonesia’ banyak didatangi tamu di acara Travel Tour Expo 2016.

Sekadar gambaran, TTE Filipina 2016 adalah pameran pariwisata skala internasional terbesar di Manila yang bersifat B2C (Consumershow).

Agendanya  diselenggarakan setiap tahun oleh Philippine Travel Agencies Association (PTAA). Tahun ini untuk pertama kalinya Travel Tour Expo Filipina dilengkapi dengan pameran yang bersifat B to B yaitu Travel Trade Expo dengan tempat dan tanggal penyelenggaraan yang sama.

‘Ada potensi transaksi sejumlah 1220 pax dengan nilai Rp 1.440.000.000. Saat ini kami masih menunggu hasil transaksi dari Indonesia Galore dan Konsorsium Wow Indonesia yang masih berkoordinasi dengan agen-agen lokal di Filipina,” papar I Gde Pitana..

Menurut Pitana, pasar Manila masih sangat terbuka. Dan umumnya, pengunjung yang hadir ke Travel Tour Expo 2016 mengincar wisata ke Jakarta, Yogyakarta dan Bali.

“Di Manila, 10 booth Kementerian Pariwisata banyak mencuri perhatian pengunjung. Design-nya kami buat dengan tema modern yang dilengkapi dengan LED Monitor sebagai background pada mini stage dan berbagai image yang mewakili greater Batam, Jakarta dan Bali. Yang paling banyak dicari adalah paket-paket ke Jakarta, Yogyakarta dan Bali,” terang Pitana.

Pada Travel Tour Expo di SMX Convention Center, Manila delegasi Indonesia membawa serta lima perusahaan biro perjalanan Indonesia, yaitu PT Nautilus Diving Bali, PT Aneka Kartika Tours & Travel Services, 18 Suite Villa, Max One Hotels Bukit Jimbaran Bali dan Sari Tours.

Selain itu delegasi juga membawa serta rombongan penari, pemusik dan penyanyi dari Blitar Rose Dancers. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tourism

Kukar Semakin Diminati Wisatawan

Asdep Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar (tengah) Putu Ngurah memimpin Press Conference Erau Adat Kutai & 4th International Folk Arts Festival (EIFAF) di Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Jakarta, Jumat

Cuisine

Bupati Jayawijaya Berharap Presiden Jokowi Buka Festival Budaya Lembah Baliem ke-28

Ilustrasi Festival Lembah Baliem (Ist) Bupati Kabupaten Jayawijaya, Papua John Wempi Wetipo berharap Presiden Jokowi berkenan untuk membuka Festival Budaya Lembah Baliem ke-28. Demikian penjelasan Bupati Jayawijaya ketika menjawab patainanews.com

Tourism

Kemenpar Gandeng APKASI Dorong Percepatan Desa Wisata dan Homestay Berbasis Teknologi

Ketua Umum APKASI Abdullah Azwar Anas (kiri) (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggandeng Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) untuk bekerja sama mendorong percepatan pengembangan desa wisata dan homestay berbasis teknologi.

Tourism

Menteri Pariwisata Resmikan TIC Palembang

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin dan CeO deRegant selaku pengelola TIC Palembang Syamsudin Hadi Sutarto meresmikan Tourist

Tour Package

Hotel Horison NJ Semarang Bukber dengan Anak Yatim

  Bukber di Hoel Horison NJ Semarang (Ist) Mengisi kegiatan di bulan suci Ramadan 1438 H, Hotel Horison NJ Semarang mengadakan Silaturahmi, Buka Puasa Bersama Anak Yatim dan Media di

Hotel

Kapal Pesiar Genting Dream Bawa Wisatawan ke Indonesia

Celebrate the Arrival of Genting Dream di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Rabu, 4 April 2018 Kapal pesiar Genting Dream ternyata membawa wisatawan yang tertarik traveling ke Indonesia lantaran Genting Dream datang