Yogyakarta Curi Perhatian di TTE Expo 2016 Manila

Arief Yahya di asita

Menteri Pariwisata Arief Yahya

Filipina bukan pasar terbesar Indonesia di wilayah Asia Tenggara. Masih jauh tertinggal dari Singapura, Malaysia, Australia, Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, India, dan Uni Emirat Arab. Critical success factornya adalah penerbangan langsung (direct flight) atau aksesibilitas.

“Direct flight dari Filipina ke Indonesia hanya rute Manila-Jakarta dan Manila-Denpasar yang dilayani oleh Phillipines Airlines setiap hari. Sedangkan Manila-Manado yang jaraknya relatif dekat tidak ada. Penerbangan maskapai lain harus transit dulu Singapura atau Kuala Lumpur,” ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Padahal, kalau ditinjau dari jaraknya, cukup diterbangi dalam 3-4 jam saja. Tidak terlalu jauh. Dan hubungan Indonesia-Filipina selama ini juga baik-baik saja.

Lalu apa yang membuat ‘sinyal’ pariwisatanya seolah-olah ‘disconnect’ dan serasa jauh? “Kuncinya tetap di promosi. Selama tidak ada promosi, tidak konsisten, dan tidak tepat sasaran, hasilnya tidak akan signifikan,” jelas Arief Yahya.

Karena itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar, I Gde Pitana, Selasa (23/2/2016) melaporkan atmosfer Travel TourExpo (TTE) Filipina pada 5-7 Februari lalu di Manila sudah beda.

Adapun tema destinasi yang dijual untuk Jakarta, Yogyakarta, dan Bali berkibar dan mendapatkan respons yang luar biasa. Stan ‘Wonderful Indonesia’ banyak didatangi tamu di acara Travel Tour Expo 2016.

Sekadar gambaran, TTE Filipina 2016 adalah pameran pariwisata skala internasional terbesar di Manila yang bersifat B2C (Consumershow).

Agendanya  diselenggarakan setiap tahun oleh Philippine Travel Agencies Association (PTAA). Tahun ini untuk pertama kalinya Travel Tour Expo Filipina dilengkapi dengan pameran yang bersifat B to B yaitu Travel Trade Expo dengan tempat dan tanggal penyelenggaraan yang sama.

‘Ada potensi transaksi sejumlah 1220 pax dengan nilai Rp 1.440.000.000. Saat ini kami masih menunggu hasil transaksi dari Indonesia Galore dan Konsorsium Wow Indonesia yang masih berkoordinasi dengan agen-agen lokal di Filipina,” papar I Gde Pitana..

Menurut Pitana, pasar Manila masih sangat terbuka. Dan umumnya, pengunjung yang hadir ke Travel Tour Expo 2016 mengincar wisata ke Jakarta, Yogyakarta dan Bali.

“Di Manila, 10 booth Kementerian Pariwisata banyak mencuri perhatian pengunjung. Design-nya kami buat dengan tema modern yang dilengkapi dengan LED Monitor sebagai background pada mini stage dan berbagai image yang mewakili greater Batam, Jakarta dan Bali. Yang paling banyak dicari adalah paket-paket ke Jakarta, Yogyakarta dan Bali,” terang Pitana.

Pada Travel Tour Expo di SMX Convention Center, Manila delegasi Indonesia membawa serta lima perusahaan biro perjalanan Indonesia, yaitu PT Nautilus Diving Bali, PT Aneka Kartika Tours & Travel Services, 18 Suite Villa, Max One Hotels Bukit Jimbaran Bali dan Sari Tours.

Selain itu delegasi juga membawa serta rombongan penari, pemusik dan penyanyi dari Blitar Rose Dancers. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

Januari 2017, Karantina Online Dimulai di TPS

Suasana sosialisasi karantina online di TPS (Ist) Kini urusan karantina lebih mudah dan cepat dengan ‘Karantina Online’. Bertempat di ruang Java PT TPS Lantai II, gedung administrasi diadakan sosialisasi karantina

Tourism

Pastikan Libur Natal 2016 ke Tanjung Lesung

Libur Natal 2016 dan Tahun Baru 2016 ke Tanjung Lesung (Ist) Menyambut libur Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, Tanjung Lesung sudah sibuk bersolek menyambut ribuan, bahkan ratusan ribu pengunjung

Cuisine

Nostalgia Kue Cubit di Hotel Santika Premiere ICE BSD City

Kue Cubit (Ist) Ingatkah Anda si Kue Cubit? Putar kembali ke masa-masa sekolah dengan menikmati jajanan mungil ini. Mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, khususnya yang menetap

SightSeeing

Eksotisme Kepulauan Seribu

Eksotisme Kepulauan Seribu (Ist) Sebagai langkah nyata dari rangkaian Gerakan 1000 dan bertepatan memperingati Hari Pendidikan Nasional & Hari Kebangkitan Nasional serta diadakannya Event Tahunan Syukuran Laut pada 21 Mei

SightSeeing

Mengenang Pesawat T50i Golden Eagle di Lombok

LA Hadi Faishal (kiri) (Ist) Wakil Ketua PHRI NTB LA Hadi Faishal mengaku bersedih dan mengucapkan turut berduka cita terhadap musibah kecelakaan pesawat tempur T50i Golden Eagle di Daerah Istimewa

Nature

KEK Tanjung Lesung Masuk 10 Destinasi Wisata Fokus Pemerintah

Pemerintah akan fokus untuk menggenjot 10 destinasi pariwisata di Indonesia. Keputusan tersebut diambil usai rapat koordinasi beberapa menteri di Kantor Koordinator Kemaritiman. “Ada 222 lokasi yang akan dikembangkan. Tapi kita