Yogyakarta Kaya akan Budaya untuk Menarik Minat Turis Asing

wisman di yogya

Wisatawan asing menikmati kunjungan di Yogyakarta (Ist)

Keraton selama ini dikenal sebagai destinasi utama di kota Yogyakarta. Namun, tak hanya keraton lantaran Yogyakarta kaya akan budaya yang bisa diandalkan untuk menarik minat wisatawan mancanegara berkunjung ke kota ini.

“Keraton memang sebagai destinasi utama, namun kami menginginkan beberapa budaya di Yogyakarta akan menjadi penyokong dan diversifikasi destinasi. Yogyakarta memang kaya akan budaya yang bisa diandalkan. Dan kami juga berharap ada pertunjukan budaya baik itu seni tari, seni pahat, kerajinan atau pun hasil budaya yang lain yang secara periodik dan terjadwal bisa tampil sehingga travel agent bisa menjualnya dalam bentuk paket tur,” papar Udhi Sudiyanto, Ketua Asita Daerah Istimewa Yogyakarta periode 2015-2019, Jumat (9/10/2015).

Kendati demikian, kata Udhi, Yogyakarta bukan pilihan utama bagi wisatawan mancanegara ketika datang ke Indonesia. “Kalau menjadi pilihan utama saya pikir tidak, akan tetapi merupakan destinasi penyangga dari destinasi yang sudah ada,” tuturnya.

Disamping itu, lanjutnya, memberikan keunikan sendiri untuk dilihat. “Ragam budaya yang ditampilkan merefleksikan sosial budaya dan keberagaman masyarakat Yogyakarta,” ujarnya. Ia pun memberikan contoh, yaitu ‘jemparingan’ (memanah) gaya Mataram yang merupakan aset yang sangat bagus dan langka.

“Ini bisa dijual sebagai paket wisata,” ungkapnya. Dan, sebagai warga Yogyakarta, Udhi berharap Yogyakarta akan lebih ramah terhadap pariwisata dan bisa memajukan budaya lokal khas Yogyakarta.

“Keunikan dan keberagaman ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing. Disamping itu lingkungan yang bersih dan tertata merupakan faktor pendukung maju tidaknya pariwisata,” jelasnya. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

SightSeeing

Presiden Jokowi Promosikan Pariwisata RI di Tiongkok

Presiden Jokowi di Tiongkok (Ist) Pemerintah melakukan cara yang cerdas dalam membidik turis Tiongkok untuk berkunjung ke Indonesia. Tak tanggung-tanggung Presiden Jokowi ketika berkunjung ke Tiongkok ikut mempromosikan pariwisata Indonesia.

Hotel

Menteri Pariwisata Ajak Promosikan Destinasi Wisata Nusantara Instagramable

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya mengajak wisatawan Nusantara untuk ikut mempromosikan destinasi wisata yang tersebar di Tanah Air yang Instagramable sehingga destinasi wisata tersebut semakin dikenal

Travel Operator

Budaya Berkembang Diiringi Majunya Pendidikan

Ilustrasi Turis Asing Belajar Membatik (Ist) Tanpa melupakan kemajuan zaman, Yogyakarta masih terus mempertahankan budaya, khususnya budaya Jawa sehingga tetap menjadi destinasi favorit untuk dikunjungi turis, termasuk wisatawan mancanegara (wisman)

Airlines

Buktikan Sendiri Indonesia itu Memang Indah…

Wisata bahari di Samber Gelap, Kotabaru di Kalimantan Selatan (Ist) Pemerintah menetapkan Jumat (25/3/2016) sebagai libur nasional wafat Isa Almasih. Dan, itu menjadi bagian dari perayaan Paskah 2016. Rupanya banyak

SightSeeing

Wonderful Indonesia Promosi di London

Menteri Pariwisata Arief Yahya di London, Inggris (Ist) Di sela-sela persiapan keikutsertaan Indonesia di ajang World Travel Market London ke-37, Menteri Pariwisata Arief Yahya roadshow ke berbagai tempat, memantau langsung

Airlines

Promosi Tanjung Lesung di Ancol

Berita Foto: Direktur Murni Wisata Ninik Irawan (berhijab) ikut mempromosikan Tanjung Lesung, destinasi wisata yang ada di Banten di Ancol, Jakarta Utara bertepatan dengan penyelenggaraan Tafisa World Games 2016. Ninik