Yogyakarta, Setiap Sudut tak Membosankan

My Ary

Menikmati Kalibiru (Ist)

Bagi banyak orang, termasuk wisatawan mancanegara boleh jadi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selalu akan menarik untuk dikunjungi.

Bahkan, tak hanya sekali karena tak tertutup kemungkinan mereka akan kembali datang ke DIY. Ya, Yogyakarta bukan hanya Malioboro, Pantai Parangtritis, maupun Candi Prambanan.

Masih banyak yang menarik untuk dinikmati wisatawan domestik maupun turis asing. Ketika patainanews.com berada di Yogyakarta pada akhir pekan lalu melihat DIY memang tak salah menjadi destinasi wisata favorit di negeri ini.

Transportasi ke DIY tergolong mudah karena bisa menggunakan jasa transportasi darat, kereta api, dan udara. Yogyakarta memang terlihat bersahabat bagi setiap orang, termasuk pengunjung.

Menariknya DIY juga menyediakan wisata beragam. Bahkan, potensi wisata juga didukung pesona budaya sehingga orang pun betah tinggal di Yogyakarta.

Menyaksikan Waduk Sermo yang berselimutkan kabut pada pagi hari dan pemandangan mentari yang terbenam di barat saat senja akan menjadi penutup hari yang sempurna.

Jika ingin menikmati pesona perbukitan dari puncak pohon pinus, traveler bisa ke Kalibiru, sebuah desa di Pegunungan Menoreh, Kulonprogo, Yogyakarta.

Suasana yang sejuk cenderung dingin sangat cocok untuk traveler yang ingin melepaskan penat selepas beraktivitas. Waktu paling tepat ke tempat ini adalah sore hari, saat matahari sudah tak terik lagi.

Sensasi damai dan tenang akan semakin terasa kalau traveler duduk di atas pohon, tepatnya di papan kayu yang telah terpasang di pohon pinus, tepat di pinggir jurang.

Di kejauhan mata traveler akan dimanja dengan hamparan perbukitan dan telaga yang segar di mata dan jiwa. Ya, tak perlu terbang ke luar negeri ketika traveler memutuskan ingin berlibur.

Cukup di Indonesia saja sebab negeri ini dikenal kaya akan pesona wisata dan budaya yang selama ini menarik minat wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia.

Tak salah memang karena Indonesia dikenal dengan beragam destinasi yang menarik lantaran tersebar merata mulai dari kawasan timur negeri ini hingga wilayah barat Indonesia.

Tak hanya itu, kearifan lokal yang dimiliki masyarakat setempat akan menambah daya tarik destinasi tersebut. Karenanya untuk mendapatkan momen menarik serta pengalaman berharga saat liburan bukan berarti harus ke tempat yang mahal ataupun tempat yang jauh seperti ke luar negeri.

Jadi, tak salah jika traveler memutuskan untuk berlibur di Indonesia saja. Menariknya ada sejumlah destinasi di Indonesia yang tak kalah dengan yang ada di negeri orang.

Sebut saja Yogyakarta ada Air Terjun Sri Gethuk ala Grand Canyon. Jika Arizona, Amerika Serikat punya Grand Canyon, yaitu pesona alam yang menyajikan tebing terjal terbelah oleh aliran Sungai Colorado, maka Yogyakarta punya Air Terjun Sri Gethuk yang tebing-tebingnya terlewati oleh aliran Sungai Oya.

Wisata alam air terjun ini terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Gunung Kidul, Yogyakarta. Mau menikmati tur goa sambil duduk di atas ban karet?

Tak usah jauh-jauh ke Belize Cave Tubing di Guatemala, Amerika Tengah, tempatnya bangsa Maya. Segera datang untuk menikmati cave tubing Goa Pindul di Desa Gelaran, Kelurahan Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Aliran sungainya yang tenang membuat aman dan nyaman menjelajahi Goa Pindul. Adapun waktu terbaik untuk cave tubing adalah pagi hari, yaitu sektiar pk9.00 hingga pk.10.00 WIB.

Kapan ke DIY lagi? Yogyakarta ‘pancen ngangeni’. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Nature

Mengembangkan Kawasan Coral Triangle Jadi Destinasi Pariwisata Bahari

Indonesia (Ist) Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries and Food Security (CTI-CFF) Regional Business Forum ke-4 yang diselenggarakan di Bali pada bulan lalu dan pada

Destinations

Wonderful Indonesia Berjaya di Perancis

Country branding Wonderful Indonesia (Ist) “Kemenangan itu harus direncanakan!” kata Arief Yahya, Menteri Pariwisata. Arief Yahya tidak sedang ‘haus’ award atau gila penghargaan. Apalagi harus membabi buta hanya untuk mengejar

Culture

Ucapan Selamat HUT ke-3 patainanews.com dari KA Pariwisata

Berita Foto: Manajemen, staf dan redaksi patainanews.com mengucapkan terima kasih atas perhatian PT Kereta Api Pariwisata yang mengucapkan Selamat dan Sukses HUT ke-3 patainanews.com

Heritage

Solo ‘Dijual’ di Thailand

Bus Tingkat Werkudara di Solo (Ist) Tampilnya Solo pada festival Bo Sang Umbrella Festival 2017 yang digelar di Chiang Mai, Thailand pada 20 hingga 22 Januari mendatang diharapkan mampu semakin

Tourism

Tanjung Lesung, Contoh Nyata Wisata Bahari yang Memerhatikan Konservasi Alam

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo hadir dalam acara Signing Blue WWF Indonesia (Ist) Kawasan wisata di Tanjung Lesung terus berkembang. Destinasi wisata yang terletak di Banten ini bisa disebut

Cuisine

Penghargaan Anugerah Indeks Daya Saing 10 Destinasi Prioritas Kepariwisataan Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (jas hitam) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan penghargaan Anugerah Indeks Daya Saing 10 Destinasi Prioritas Kepariwisataan Indonesia di Ballroom 3 C The Ritz Carlton Pacific